RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 10 Semester Satu - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 10 Semester Satu

Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disingkat dengan RPP merupakan suatu aktivitas yang sudah biasa bagi para guru. Setiap guru tentu mengetahui langkah-langkah penyusunan RPP. Meski demikian, kadang banyak dijumpai RPP yang telah dibuat hanya sebatas kelengkapan administrasi namun tidak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Padahal idealnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) itu bukan hanya sebatas rencana, tetapi rencana itu harus dilaksanakan pada saat kegiatan pembelajaran.

Penyusunan RPP sesungguhnya bisa berubah-ubah. Hal ini mengandaikan guru atau pendidik senantiasa mengevaluasi kegiatan pembelajarannya. Berdasarkan hasil evaluasi itu, guru bisa membuat RPP yang lebih baik lagi dalam hal ini metode pembelajaran yang efektif, efisien dan berorientasi pada peserta didik.

Sebagai guru yang masih aktif mengajar, saya mencoba membagikan salah satu model RPP untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas 10. Model RPP yang dibagikan ini agak berbeda dengan model RPP yang biasa digunakan oleh guru pendidikan agama katolik.

Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels

Hal yang membedakannya adalah berkaitan dengan sintak pembelajaran. Sintak pembelajaran ini diambil dari model pembelajaran Discovery Learning terutama pada bagian kegiatan inti. Tentu saja model pembelajaran ini dikombinasikan dengan pendekatan scientific learning dan kateketis yang menjadi ciri utama pembelajaran Agama Katolik. Untuk lebih jelasnya nanti silakan melihatnya pada RPP yang akan dibagikan di sini.

Namun sebelumnya, saya akan menginformasikan bahwa RPP yang akan dibagikan ini merupakan RPP Pendidikan Agama Katolik untuk satu semester, yakni semester satu atau semester ganjil. Ada lima (5) RPP yang akan dibagikan. Rinciannya sebagai berikut:

RPP 1 tentang memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan. Materi  utama yang akan dibahas yakni tentang manusia pribadi yang unik dan mengembangkan karunia Allah. RPP ini dijabarkan ke dalam empat kali pertemuan termasuk ulangan harian.

download juga: Contoh Program Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 10, 11, dan 12

RPP 2 berbicara tentang memahami sikap saling menghargai sesama manusia yang diciptakan sebagai citra Allah yang bersaudara satu sama lain. RPP ini mengulas materi tentang keluhuran manusia sebagai citra Allah. Cakupan materi pada RPP ini tidak banyak sehingga penjabarannya dilakukan hanya dengan dua kali pertemuan termasuk ulangan harian.

RPP 3 tentang memahami sikap dan perilaku patuh terhadap suara hati dan dapat bertindak secara benar dan tepat. Materi utama dalam RPP ini berbicara tentang suara hati atau hati nurani. Sama seperti RPP 2, cakupan materi ajar pada RPP ini juga tidal luas sehingga alokasi waktu yang digunakan hanya dua kali pertemuan termasuk ulangan harian.

RPP 4 tentang memahami sikap kritis dan bertanggungjawab terhadap pengaruh media masa, ideology dan gaya hidup yang berkembang. Materi ajarnya tentang bersikap kritis dan bertanggung jawab terhadap media masa, serta ideology dan gaya hidup yang berkembang. Alokasi waktu yang gunakan untuk mengulas materi ajar ini yakni tiga kali pertemuan termasuk  ulangan harian.

Dan, RPP yang ke 5 tentang memahami Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani. Ada tiga materi utama yang akan dibahas tuntas pada RPP ini, yakni Kitab Suci Perjanjian Lama, Kitab Suci Perjanjian Baru, dan Tradisi dalam Gereja Katolik. Cakupan materi ajar untuk RPP 5 ini sangat luas. Dengan demikian alokasi waktu atau frekuensi kegiatan pembelajarannya lebih banyak daripada RPP 1, RPP2, RPP 3, dan RPP 4. Ada tujuh kali pertemuan termasuk ulangan harian untuk membahas materi ajar pada RPP 5 ini.

Perlu diketahui bahwa alokasi waktu untuk satu kali pertemuan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan Agama Katolik adalah 3 X 45 menit. Dan setelah menyelesaikan satu RPP (1 KD) secara keseluruhan akan diakhiri dengan ulangan harian. 

RPP yang selngkapnya bisa dilihat dan didownload dengan mengklik tautan-tautan di bawah ini

1. RPP 1 Aku Pribadi yang Unik (4 Kali Pertemuan)

2. RPP 2 Manusia Citra Allah (2 Kali Pertemuan)

3. RPP 3 Suara Hati (2 Kali Pertemuan)

4. RPP 4 Bersikap Kritis (3 Kali Pertemua)

5. RPP 5 Kitab Suci dan Tradisi (7 Kali Pertemuan)

Demikian ulasan singkat serta RPP lengkap Pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas 10 semester satu. Sekali lagi RPP 1 sampai dengan RPP 5 yang dibagikan ini merupakan salah satu contoh atau model RPP. Tentu masih banyak model RPP lain yang bisa dijadikan contoh dan referensi untuk penyusunan RPP. Jika keberatan dengan RPP yang dibagikan ini silakan diabaikan saja. Tetapi bila RPP ini berguna dan cocok dengan cara bapak dan ibu guru mengajar, silakan lihat dan baca detail setiap RPP. 

Krtik dan saran ditunggu di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung ke blog ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 10 Semester Satu"

Posting Komentar