RPP KD 1 dan KD 2 Agama Katolik Kelas 12 Semester Ganjil - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

RPP KD 1 dan KD 2 Agama Katolik Kelas 12 Semester Ganjil

Setiap guru pasti memiliki caranya masing-masing untuk membuat perangkat pembelajarannya. Perangkat pembelajaran yang disusun tentu saja sesuai dengan kurikulum satuan pendidikan di lokasi masing-masing. Semua kurikulum di tingkat satuan pendidikan memang mengacu pada kurikulum nasional yang sedang berlaku. Hal ini dikandung masksud agar sekolah atau satuan pendidikan tidak sesuka hati menyusun kurikulum.

Pada banyak kasus, ada begitu banyak sekolah atau satuan pendidikan mengikuti atau mempraktekan secara menta model kurikulum nasional. Masih banyak sekolah yang mengabaikan konteks masyarakat di mana satuan pendidikan atau sekolah itu berada. Padahal idealnya kurikulum nasional hanyalah sebagai acuan untuk membuka cakrawala berpikir kepala sekolah dan para pembantunya untuk menyusun sebuah kurikulum yang sesuai dengan situasi sosial umumnya yang terjadi dalam linkungan sekolahnya.

Terlepas dari itu semua, peran guru memang menjadi sentral utama dalam aktivitas pembelajaran. Sebab, hanya gurulah yang berhadapan langsung dengan para peserta didik. Untuk itu kesiapan guru untuk memulai kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Kesiapan yang dimaksud di sini adalah tentang penyusunan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP).

Pembelajaran

Penyusunan atau pembuatan RPP ini penting agar guru secara sadar dan siap apa yang harus dilakukannya dalam kegiatan pembelajaran guna mencerdaskan peserta didiknya baik secara spiritual, sosial, kognitif dan keterampilan.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan salah satu model RPP untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas 12. RPP yang saya bagikan ini merupakan RPP untuk Kompetensi Dasar (KD) 1 dan Kompetensi dasar (KD) 2.

Pada RPP KD 1 tentang memahami panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menetukan langkah yang tepat untuk menjawab panggilan hidup tersebut. RPP KD ini dibagi ke dalam 9 kali pertemuan termasuk dengan ulangan harian. RPP KD ini hanya dilengkapi dengan lampiran materi ajar. Ada 5 materi pokok dalam KD ini, antara lain: 

  1. Panggilan Hidup Berkeluarga
  2. Perkawinan dalam Tradisi Gereja Katolik
  3. Tantangan dan Peluang Untuk Membangun Keluarga yang Dicita-citakan
  4. Panggilan Hidup Membiara
  5. Panggilan Karya/profesi

Dan, RPP KD 2 tentang memahami kemajemukan bangsa Indonesia sebagai anugerah Allah. RPP KD kedua ini juga dibagi ke dalam 9 kali pertemuan termasuk ulangan harian setelah seluruh materi selesai dibahas. RPP KD 2 ini mencakup 2 materi pokok, yakni: 1) Keberagaman sebagai Realitas Asali Kehidupan Manusia; 2) Mengupayakan Perdamaian dan Persatuan Bangsa.

Untuk ditegaskan bahwa RPP yang saya bagikan ini murni sesuai dengan instruksi kurikulum satuan pendidikan tempat saya mengabdi. Semua indikator pencapaian kompetensi yang ada di dalamnya sudah disesuaikan dengan indikator yang ada dalam buku guru agama katolik.

Jika bapak dan ibu guru menginginkan RPP yang saya bagikan ini silakan mendownloadnya secara gratis di sini. Tetapi jika tidak berkenan, ya abaikan saja. Bijaknya, jadikan RPP yang saya bagikan ini sebagai pembanding atau referensi untuk penyusunan RPP dengan model yang lain.

RPP yang selengkapnya silakan download dengan mengklik tautan berikut ini:

1. RPP KD 1 Agama Katolik Kelas 12 Semester Ganjil

2. RPP KD 2 Agama Katolik Kelas 12 Semester Ganjil

Demikian RPP ini disusun untuk memenuhi kebutuhan bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran agama Katolik pada satuan pendidikan SMA atau SMK. Kiranya berkenan dan bermanfaat untuk melengkapi administrasi pembelajaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP KD 1 dan KD 2 Agama Katolik Kelas 12 Semester Ganjil"

Posting Komentar