Contoh Program Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 10, 11, dan 12 - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Contoh Program Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 10, 11, dan 12

Setiap guru atau pendidik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru pasti terlebih dahulu menetapkan program. Program yang dibuat guru ringkasnya dibagi menjadi dua, yakni program tahunan dan program semester. 

Program tahun berisi cakupan Kompetensi Dasar (KD), pokok materi serta alokasi waktu yang butuhkan selama satu tahun pelajaran. Sedangkan Program semester berisi cakupan KD, materi pokok dan alokasi waktu untuk masing-masing semester (ganjil dan genap). 

Berbeda dengan program tahunan, program semester merinci alokasi waktu kegiatan pembelajaran setiap pekan pada setiap bulannya. Itu berarti dalam program semester dicantumkan bulan dengan jumlah pekan untuk masing-masing bulan.

Program

Selain itu dalam program semester juga dicantumkan  kegiatan yang dilakukan pada pecan yang tidak efektif. Misalnya, liburan sekolah, pendaftaran siswa baru, penilaian tengah semester, ulangan akhir semester, anlisis nilai, hingga pembagian rapor.

Program semester sangat membantu guru untuk dalam menyusun berapa banyak jumlah pertemuan untuk masing-masing KD. Dengan demikian ada target yang ingin dicapai oleh guru. Aktifitas guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran akan mudah dikontrol. Artinya guru tahu dan sadar materi apa yang akan diajarkannya dan atau aktivitas apa yang dilakukan pada pada setiap pekan yang telah ditentukan.

Sesungguhnya program semester merupakan suatu rancangan program untuk dijalankan atau dilaksanakan, dan bukan hanya sekedar pemenuhan administrasi untuk memperoleh kredit tertentu (guru teladan) oleh pengawas atau pun kepala Sekolah. Pembuatan atau penyusunan program semester merupakan bagian dari tanggungjawab tugas keprofesian sebagai pengajar dan pendidik.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan salah satu contoh program semester ganjil kelas 10, kelas 11, dan kelas 12 untuk mata pelajaran pendidikan Agama Katolik. Program semester  yang dibagikan ini disesuaikan dengan kalender pendidikan pada satuan pendidikan tempat saya berkarya. Jika bapak dan ibu guru berkenan silakan mendownloadnya kemudian menyesuaikannya dengan kalender pendidikan pada sekolah masing-masing.

Khusus mengenai Kompetensi Dasar (KD) dan materi pembelajaran yang tercantum dalam program semester yang dibagikan ini telah disesuaikan dengan silabus pelajaran agama Katolik untuk situasi khusus (terkait covid 19). Adapun silabus agama katolik untuk situasi khusus ini bagi kelas 10, kelas 11 dan kelas 12 semester ganjil dan genap sudah dibagikan di blog ini. Jika ada yang belum membukanya,silakan membaca dan mendownloadnya DI SINI

Program semester ganjil pelajaran pendidikan agama Katolik kelas 10, kelas 11 dan kelas 12 yang selengkapnya bisa didownload dengan mengklik tautan di bawah ini:

1. Program Semester Ganjil PAKat Kelas 10

2. Program Semester Ganjil PAKat Kelas 11

3. Program Semester Ganjil PAKat Kelas 12

Tentu saja program semester yang dibagikan ini masih banyak kekurangannya. Namun pada prinsipnya ini hanya sebatas salah satu contoh dan bukan menjadi takaran kebenaran satu-satunya. Saran dan kritik konstruktif sangat diharpakan untuk perbaikan kea rah yang lebih baik. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Program Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 10, 11, dan 12"

Posting Komentar