RPP KD 2, KD 3, dan KD 4 PAKat Kelas 11 Semester Ganjil - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

RPP KD 2, KD 3, dan KD 4 PAKat Kelas 11 Semester Ganjil

Pada kesempatan ini saya akan membagikan perangkat pembelajaran agama Katolik kelas 11 berupa RPP untuk KD 2, KD 3 dan KD 4. Adapun RPP KD 1 sudah dibagikan juga di blog ini. Jumlah keseluruhan KD untuk agama Katolik kelas 11 sebanyak 7 (tujuh) KD. Dan, saya membaginya menjadi 4 (empat)  KD untuk semester ganjil dan 3 (tiga) KD untuk Semester genap. Pertanyaannya, mengapa harus empat KD untuk semester ganjil? Jawabannya, karena jumlah pekan efektifnya lebih banyak dari pada jumlah pekan efektif untuk semester genap.

KD 2 berbicara tentang memahami sifat-sifat  Gereja sebagai dasar  panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah. KD ini mengulas materi pokok tentang sifat-sifat Gereja, yakni Gereja yang Satu, Gereja yang Kudus, Gereja Katolik, dan Gereja yang Apostolik. Ada 15 jam pelajaran dialokasikan untuk RPP KD 2 ini. Rinciannya, 13 jam pelajaran untuk membahas materi dan 2 jam pelajaran untuk ulangan harian.

KD 3  berisi tentang memahami fungsi dan peranan Hierarki dalam Gereja Katolik. KD ini membahas tentang fungsi dan peranan hierarki dalam Gereja Katolik. Alokasi waktu kegiatan pembelajarannya ada 9 jam,dengan  rincian 7 jam pelajaran untuk mengulas materi dan 2 jam pelajaran untuk ulangan harian.

Rencana

Dan, KD 4 tentang memahami tugas pokok Gereja sesuai dengan kedudukan peranannya sebagai Murid Yesus Kristus. KD menyajikan materi ajar tentang tugas-tugas Gereja, yakni: Gereja yang Menguduskan (Liturgia); Gereja yang Mewartakan (Kerygma); Gereja yang Bersaksi (Martyria); Gereja yang membangun Persekutuan (Koinonia); dan Gereja yang Melayani (Diakonia). Cakupan materi ajar pada KD ini cukup luas dan dalam maka alokasi waktunya pun banyak, yaitu 21 jam pelajaran. Rinciannya 19 jam pelajaran untuk membahas materi dan 2 jam pelajaran untuk evaluasi atau ulangan harian.

Untuk alokasi waktu pembelajaran masing-masing KD bisa saja berbeda untuk setiap guru. Tentu masing-masing guru memiliki pertimbanganatau perhitungannya sendiri. Alokasi waktu pembelajaran yang dibuat di sini disesuaikan dengan jumlah pekan efektif. Bisa saja atau hampir pasti, setiap satuan pendidikan memiliki perhitungannya masing-masing dengan berpedoman pada kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi setempat.

Perlu diketahui pula bahwa RPP yang saya bagikan ini merupakan RPP untuk masa atau situasi khusus. Situasi khusus yang dimaksud adalah terkait pandemic covid 19 yang juga berpengaruh signifikan terhadap dunia pendidikan pada umumnya. Dengan demikian, RPP ini akan sedikit berbeda dengan model RPP yangpernah dibagikan sebelumnya.

RPP selengkapnya bisa klik tautan berikut ini:

1. RPP KD 2 PAKat Kelas 11 Semester Ganjil

2. RPP KD 3 PAKat Kelas 11 Semester Ganjil

3. RPP KD 4 PAKat Kelas 11 Semester Ganjil

Download juga RPP KD 1 Ada DI SINI

Besar harapan agar RPP yang dibagikan ini bermanfaat dan bisa menginspirasi bapak dan ibu guru dalam menyusun model RPP yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP KD 2, KD 3, dan KD 4 PAKat Kelas 11 Semester Ganjil"

Posting Komentar