Silabus Pelajaran Agama Katolik Kelas 10, 11, 12 Semester Ganjil dan Genap - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Silabus Pelajaran Agama Katolik Kelas 10, 11, 12 Semester Ganjil dan Genap

Silabus pelajaran merupakan salah satu administrasi yang wajib dikerjakan guru di setiap satuan pendidikan. Pada prinsipnya silabus pembelajaran disusun seturut kondisi satuan pendidikan masing-masing-masing.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan salah satu model silabus pelajaran agama Katolik untuk kelas 10, 11,12 semester ganjil dan genap. Silabus ini disusun berdasarkan silabus yang dikeluarkan kemendikbud untuk situasi khusus. Adapun situasi khusus yang dimaksudkan di sini adalah siatuasi sebagai dampak dari pandemi covid 19.

Situasi khusus ini juga yang mengharuskan para guru dan lembaga pendidikan untuk mengadakan aktivitas pembelajaran secara daring. Selain itu ada pengurangan jumlah Kompetensi Dasar (KD) pada setiap kelas.

Untuk kelas 10 dari semula jumlah KD 11 berubah menjadi 8 KD; sedangkan kelas 11 tidak ada perubahan jumlah KD yakni 7 KD; dan kelas 12 dari 5 KD menjadi 4 KD. Dijelaskan bahwa perubahan jumlah KD untuk setiap kelas ini karena situasi khusus yang disampaikan di atas. Namun tidak dijelaskan mengapa KD ini yang diganti dan KD itu tidak diubah.

Sebab Setelah menelisiknya secara detail, silabus ini telah mengabaikan KD untuk materi esensial dalam pengajaran agama Katolik. Hal ini tampak Jelas dalam silabus Kelas 10, dimana KD yang membahas materi tentang Allah Tritunggal dan Peranan Roh Kudus bagi Gereja ditiadakan.

Hemat saya, semestinya pengurangan KD untuk masing-masing kelas diberikan secara leluasa kepada guru pengasuh mata pelajaran yang lebih paham tentang KD mana yang esensial yang wajib ada dan KD mana yang bisa ditiadakan. Selain itu ada kesamaan untuk beberapa KD terutama KD untuk sikap spiritual, sikap sosial dan psikomotor.

Selain itu pada kurikulum satuan pendidikan tidak melakukan analisis lebih baik terhadap perubahan KD yang ada. Fatalnya Satuan pendidikan mengambil atau mengikutinya begitu saja tanpa ada sikap kritis. Dengan kondisi ini sesungguhnya kemerdekaan belajar yang menjadi jargon mas menteri Nadim Makarim pada awalnya sebagai menteri sama sekali tidak diterapkan

Sebagai guru tentu saya taat dan tunduk pada instruksi kurikulum dari satuan pendidikan tempat saya mengabdi. Saya pun mencoba membagikannya di sini. Besar harapan ada umpan balik dari para pembaca guru agama katolik untuk silabus yang saya buat dan saya bagikan ini.

Silabus selengkapnya untuk masing-masing kelas ada pada tautan berikut ini:

1. Silabus PAKat Masa Khusus Kelas 10 Semester 1 dan 2

2. Silabus PAKat Kelas 11 Masa Khusus Semester 3 dan 4

3. Silabus PAKat Kelas 12 Semester 5 dan 6

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Pelajaran Agama Katolik Kelas 10, 11, 12 Semester Ganjil dan Genap"

Posting Komentar