Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 10, 11, dan 12 - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 10, 11, dan 12

Salah satu administrasi yang wajib dikerjakan guru adalah membuat atau menyusun program tahunan. Program tahunan dipahami sebagai rincian kegiatan pembelajaran selama satu tahun pelajaran (semester ganjil dan semester genap). Namun rincian di sini hanya memuat Kompetensi Dasar (KD), Indikator, materi pokok dan alokasi waktu pembelajaran.

Dengan menyusun program tahunan, guru mata pelajaran akan mudah mengatur alokasi waktu pembelajaran. Hal ini akan jelas terlihat dalam penyusunan program semester. Alokasi waktu pembelajaran tentu disesuaikan dengan jumlah pekan efektif di setiap semester. Jadi sesungguhnya sebelum menyusun program tahunan harus terlebih dahulu menganalisis pekan efektif dan pekan non efektif.

Pekan efektif (pekan KBM) artinya suatu keadaan dalam mana guru dan peserta didik dapat melakukan aktivitas pembelajaran atau kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tanpa dihalangi oleh hari libur (hari besar keagamaan, liburan akhir semester, pendaftaran peserta didik baru,dan lain-lain) dan hari-hari lain seperti penilaian tengah semester, penilaian akhir semester atau juga penilaian akhir tahun. 

Program Tahunan
Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Sedangkan pecan non efektif disebut juga dengan pekan non KBM merupakan kebalikan dari pekan KBM, di mana aktivitas pembelajaran tidak dijalankan sebagaimana mestinya yang disebabkan oleh adanya hari-hari libur nasional dan hari-hari lain sebagaimana yang dijelaskan di atas. Pekan non efektif ini tentu lebih sedikit jumlahnya dari pada pekan efektif. Karena jika tidak demikian maka peserta didiklah yang dirugikan.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan salah satu contoh program tahunan (prota) untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas 10, kelas , dan kelas 12. Program tahunan ini tentu akan memuat program kegiatan pembelajaran untuk dua semester, yakni semester ganjil dan semester genap.

Program tahunan yang dibagikan berikut ini merupakan program tahunan untuk tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah KD pada setiap kelas mengikuti jumlah KD yang terdapat dalam silabus pembelajaran pendidikan Agama Katolik untuk situasi khusus. Situasi khusus di sini dikaitkan dengan pandemic covid 19 yang telah mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia dan di belahan dunia lainnya. Ada pengurangan jumlah KD untuk pelajaran Pendidikan Agama Katolik.

Jumlah KD untuk kelas 10 yang semulanya berjumlah Sebelas KD dikurangi menjadi delapan KD. Dari delapan KD ini dibagi ke dalam dua semester. Untuk semester ganjilnya Lima KD dan Tiga KD untuk semester genap. 

Sedangkan jumlah KD untuk kelas 11 tidak ada perubahan. Awalnya ada Tujuh KD dan pada masa khusus ini tetap Tujuh KD, dengan rincian Empat KD untuk semester ganjil dan Tiga KD untuk semester genap. Dan untuk kelas 12 yang semulanya ada Lima KD dikurangi menjadi Empat KD dengan rincian Dua KD untuk Semester ganjil dan Dua lainnya untuk semester genap. 

Jumlah KD untuk semester ganjil biasanya lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah KD untuk semester ganjil. Hal ini sebabkan karena berdasarkan perhitungan alokasi pekan efektif, jumlah pekan efektif untuk semester ganjil lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah pekan efektif untuk semester genap. Pada semester ganjil ada 18 pekan efektif untuk semua kelas (10, 11, dan 12). Dan, semester genap ada 16 pekan efektif untuk kelas 10 dan kelas 11, sedangkan untuk kelas 12 ada 8 pekan efektif. 

Meski demikian, pembagian alokasi pecan efektif dan pekan non efektif ini disesuaikan dengan keadaan yang diatur satuan pendidikan masing-masing. Dan tentu saja program tahunan yang saya bagikan di sini sudah sesuai dengan kondisi satuan pendidikan tempat saya mengabdi. Itu artinya, besar kemungkinan jika prota yang saya bagikan ini berbeda dengan prota yang telah dibuat oleh bapak dan ibu guru di tempat lain.

Namun, Jika jumlah alokasi pecan efektif dan non efektif sama dengan sekolah tempat saya mengabdi, silakan mendownloadnya untuk melengkapi administrasi pembelajaran. Jika tidak sama, biarlah itu sebagai pembanding atau referensi.

Untuk melihat prota selengkapnya mulai dari kelas 10, kelas 11, dan kelas 12 silakan mengklik tautan berikut ini:

1. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 10

2. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 11

3. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 12

Demikian program tahunan (prota) ini dubuat sebagai bagian dari kelengkapan administrasi guru pendidikan Agama Katolik. Semoga bermanfaat dan semua kritik, saran yang membangun sangat diharapkan demi perubahan yang lebih baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 10, 11, dan 12"

Posting Komentar