Soal US Agama Katolik dan Kunci Jawaban - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Soal US Agama Katolik dan Kunci Jawaban

Menjelang akhir Tahun Pelajaran para guru sibuk menyusun soal. Khusus bagi kelas 12 yang akan menyelesaikan pendidikan jenjang SMA, para guru tentu harus mempersiapkan soal-soal yang layak untuk mengukur kompetensi peserta didik. Pada kesempatan ini saya akan membagikan contoh soal  Ujian Sekolah mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti yang akan membantu para guru dalam pembuatan soal.

Soal-soal yang dibuat ini juga disertai dengan kunci jawaban pada bagian akhir soal. Ini juga dikandung maksud agar bapak dan ibu guru tidak susah paya mencari kunci jawabannya. Untuk Peserta didik juga akan mendapatkan kemudahan untuk mendalami materi pelajaran agama Katolik melalui latihan soal yang dibagikan ini.

Semua materi dalam soal-soal yang dibuat ini bersumber dari buku pegangan guru pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti tingkat Sekolah Menengah Atas. Dengan demikian, jika bapak dan ibu guru menemukan kekeliruan dalam jawaban atas soal-soal berikut ini, bisa diatasi dengan melihat kembali buku pegangan guru.

Ujian Sekolah

Soal Pilihan Ganda (Pililah Jawaban (A, B, C, D dan E) yang Paling Benar!)
1.  Perbedaan laki-laki dan perempuan secara psikologis atau kejiwaan adalah ….
A. laki-laki bertindak agresif, perempuan pasif
B. laki-laki bertindak dengan otot, sedangkan wanita dengan kelembutan
C. laki-laki bertindak spontan, sedangkan perempuan lebih berhati-hati
D. laki-laki mengatasi masalah dengan otot, perempuan dengan perasaan
E. laki-laki lebih pada mencipta, sedangkan perempuan pada memelihara
2. Lusia ketika berusia 19 tahun terserang penyakit menyebabkan matanya buta namun ia mampu menjadi penulis yang luar biasa. Selfi berusia 15 tahun normal secara fisik namun tidak memiliki keterampilan apapun setelah dewasa. Berta memilik suara emas. Apa yang dilakukan oleh Berta dalam mengembangkan talentanya?
A. Tidak perlu menonjolkan kelebihannya dihadapan teman-teman sebayanya
B. Berlatih secara intensif agar menjadi seorang penyanyi yang sukses
C. Percaya diri sehingga tidak perlu menggubris penilain dari orang lain
D. Mengikuti setiap masukan teman baik positif maupun negatif
E. Berbangga diri dengan kemampuan yang dimiliki
3. Salah satu tren atau gaya hidup yang berkembang dewasa ini adalah materialisme. Sikap kritis terhadap tren materialisme adalah .…
A. mengikuti tren yang sedang berkembang
B. hidup sesuai dengan kesenangannya
C. memenuhi semua keinginan
D. menghindari tren yang berkembang
E. menjalani pola hidup sederhana
4. Ketika ujian matematika, banyak siswa di kelas Boy bekerja sama dan menyontek karena soal ujian sangat sulit. Boy pun tergoda untuk menyontek. Ia merenung sejenak, jika ia tidak menyontek maka ia akan mendapat nilai yang rendah, tetapi jika ia didapati menyontek, ia akan dikeluarkan dari sekolah sesuai dengan peraturan sekolah. Tindakan yang sesuai dengan hati nurani yang harus dilakukan Boy adalah…
A. melarang teman sekelasnya untuk tidak menyontek
B. melaporkan teman yang menyontek kepada guru
C. mengerjakan soal dengan tenang tanpa dibebani pikirian dan resiko apapun
D. bekerja sambil berdoa tak perlu dibebani dengan hasil
E. menyontek secara diam-diam
5. Bacalah cerita berikut ini!

Layaknya R. A. Kartini yang berusaha mendobrak dominasi pria dan keinginannya mengangkat hak-hak wanita agar setara dengan kaum pria, pribadi ini kian menginspirasi para wanita masa kini yang berjuang dalam caranya masing-masing. Salah satu sosok Ibu Kartini di masa sekarang itu adalah seorang wanita bernama Fariana Dewi Djakaria. Fariana tercatat sebagai pilot helikopter wanita pertama TNI AU, tak hanya di Indonesia namun juga Asia Tenggara. Kini, ibu satu anak tersebut disibukkan dengan kegiatannya menjadi pilot instruktur di Sekolah Penerbangan (Sekbang) TNI AU. (https://wolipop.detik.com/work-and-money/d-3480836/kisah-fariana- dewi-djakaria-pilot-heli-wanita-pertama-di-asean)

Berdasarkan kisah tersebut, salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Fariana Dewi Djakaria dalam mencapai sukses ….
A. berani terlibat dalam pekerjaan yang didominasi laki-laki
B. terdorong untuk mendapatkan penghasilan yang sama dengan laki-laki
C. berani meninggalkan keluarga demi karier
D. belajar untuk dapat lebih unggul daripada laki-laki
E. menggunakan pencitraan diri untuk mencapai kesuksesan
6. Kisah cerita “Lena Maria”

Lena Maria adalah seorang wanita yang tangguh. Dia terlahir dengan banyak sekali keterbatasan karena cacat fisik yang dimilikinya. Ia terlahir tanpa tangan dan kaki kirinya hanya setengah dari kaki kananya. Tetapi dia tidak pernah menyerah dan selalu bersyukur atas semua yang dimilikinya. Dengan bekal mimpi, kemauan dan semangat pantang menyerah, akhirnya dia bisa mengembangkan semua talenta yang dimilikinya. Dia bisa meraih kesuksesan walaupun dengan kondisi fisik yang terbatas. Pada usia 18 tahun, ia memecahkan rekor berenang pada kejuaraan dunia. Bakatnya pada musik juga sangat luar biasa. Ia sekarang sebagai penyanyi professional (Paket Buku Guru hal. 24)

Menyimak kisah cerita Lena Maria, sikap atau tindakan yang hendaknya ditiru adalah....
A. menerima kenyataan yang ada
B. tiada daya karena cacat total
C. bergabung dengan para tuna karya
D. kemauan mengembangkan talenta
E. menjadi tukang minta di jalan-jalan
7. Aloysius adalah salah satu peserta didik kelas XII yang kecanduan game online. Ia pergi ke tempat game online setiap hari. Tidak jarang, ia lupa waktu dan bermain game hingga larut malam. Satu-satunya kebahagiaan dirinya adalah bermain game, walaupun harus melupakan tugas utamanya sebagai pelajar. Akibatnya, ia sering tidak mengerjakan tugas sekolah dan mendapat teguran dari guru karena tertidur di kelas.
Berdasarkan cerita tersebut, pengaruh negatif dari media massa adalah ….
A. budaya Instan
B. budaya Hedonistik
C. budaya Materialistik
D. budaya Konsumtif
E. budaya Individualistik
8. Berikut ini yang termasuk dalam Kitab Taurat/Pentateukh adalah ….
A. Yosua, Hakim-Hakim, Rut, 1 Samuel dan 2 Samuel
B. Nehemia, 1 Makabe, 2 Makabe, Tobit dan Yudit
C. Ayub, Mazmur, Amsal, Pengkotbah, dan Kidung Agung
D. Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan
E. Yesaya, Yeremia, Yehezkiel, Daniel dan Hosea
9. Perhatikan daftar Kitab Suci berikut ini!
1. Matius
2. Kejadian
3. Roma
4. Mazmur
5. Wahyu
6. Hakim-Hakim
Kitab-kitab yang termasuk dalam kelompok Perjanjian Baru terdapat pada nomor ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 3, 4 dan 5
E. 4, 5 dan 6
10. Penghakiman dilaksanakan oleh Allah melalui utusan-Nya yaitu Mesias. Ini merupakan paham Kerajaan Allah bersifat ....
A. Apokaliptik
B. Religius Keagamaan
C. Sosial Budaya
D. Nasionalistis
E. Legalistik
11. “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka” (Injil Matius 1: 21)
Gelar Yesus berdasarkan kutipan teks tersebut adalah ….
A. Anak Allah
B. Anak Manusia
C. Juru Selamat
D. Guru
E. Tabib
12. Membaca Kitab Suci berbeda dengan membaca buku-buku pelajaran karena dengan membaca Kitab Suci maka….
A. Iman kita dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik
B. kita dapat mengenal Firman Allah dan sejarah dunia dengan akurat
C. kita akan semakin fanatik beriman dan beramal
D. hidup kita akan suci dan tak bernoda
E. kita semakin ahli dalam Kitab Suci
13. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Memberi bantuan kepada fakir miskin
2. Megunjungi orang sakit
3. Membantu orang lain supaya dipuji
4. Memberi donor darah
5. Menonton rumah tetangga yang terbakar
Yang termasuk contoh konkret perwujudan Kerajaan Allah di dunia adalah….
A. 1, 2, 4
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 2, 3
E. 2, 4, 5
14. Bacalah pernyataan berikut ini!
1. Memelihara ciptaan Tuhan
2. Mengutamakan kawan daripada lawan
3. Membawa kabar sukacita bagi orang lain
4. Bermurah hati supaya dipuji dan dihormati
5. Menjadi penyemangat bagi yang berputus asa
Contoh keterlibatan dalam karya Tri Tunggal Maha Kudus terdapat dalam nomor ….
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 2, 5
D. 1, 3, 4
E. 1, 3, 5
15. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Tergerak untuk membangun sesamanya sekalipun harus berkorban
2.  Membantu sesama dengan harapan mendapatkan imbalan atau pujian
3. Terpanggil untuk terlibat aktif dalam kehidupan menggereja
4.  Menerima tawaran-tawaran duniawi karena itu lebih menyenangkan
5. Mempertahankan imannya sekalipun banyak tawaran yang menggiurkan,
Contoh penerapan makna Pentakosta dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat terdapat pada nomor….
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 5
C. 1, 4, 5
D. 2, 3, 5
E. 2, 4, 5
16. Perhatikan teks Kitab Suci berikut!

Demikian pula hal Kerajaan Surga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itu pun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang. Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat- malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. (Mat.13:47-50)

Paham Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus sesuai teks di atas adalah…..
A. Kerajaan Allah akan terwujud setelah akhir zaman
B. Kerajaan Allah hadir dalam diri Yesus Kristus sebagai Mesias Utusan Allah
C. memperjuangkan Kerajaan Allah harus dimulai dari dalam diri kita sendiri
D. pada akhir zaman, manusia akan diadili dan dipisahkan
E. semua orang yang sudah meninggal pada akhir zaman akan dibangkitkan
17. ”Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya. Ketika kepala pasukan melihat apa yang terjadi, ia memuliakan Allah, katanya: “Sungguh, orang ini adalah orang benar!” (Bdk.Luk. 23:26-56).
Salah satu contoh tindakan yang harus kita lakukan sebagai seorang pelajar dalam menghayati teks Kitab Suci di atas adalah…..
A. rela mati di kayu salib seperti Kristus
B. rela mati untuk membela teman yang dianiaya
C. solider membantu teman yang berkekurangan
D. berdoa bagi teman yang dirundung kemalangan
E. percaya kepada Yesus sebagai Juru Selamat
18. Pengertian Gereja bersifat “satu” adalah ….
A. Gereja dipimpin satu orang tanpa mempertimbangkan lainnya
B. Gereja hanya memiliki satu semangat
C. Gereja bersumber dari Para Rasul
D. Gereja terbuka bagi semua orang
E. Gereja mempunyai sumber iman yang satu
19. Bacalah pernyataan-pernyataan berikut!
1) Pemeliharaan iman umat
2) Memberikan pelayanan sakramen-sakramen
3) Memimpin doa Rosario
4) Memimpin umat
5) Memberi kesaksian
Tugas utama hirarki ditunjukkan pada pernyataan nomor....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 1, 3 dan 5
E. 3, 4 dan 5
20. Liturgia adalah tugas Gereja untuk ….
A. membangun persekutuan umat
B. mewartakan kabar sukacita
C. menjadi saksi Kristus
D. menguduskan umat Allah
E. melayani kaum awam
21. Pada tahun 1891, Paus Leo XIII mengeluarkan Ensiklik Rerum Novarum, sebagai Ajaran Sosial Gereja yang pertama dengan isi pokoknya adalah….
A. mengecam ajaran kapitalisme
B. menegakan keadilan dan perdamaian
C. menanggapi masalah ketidakadilan sosial
D. menentang ketidakadilan terhadap kaum buruh
E. memberi kebijakan dalam menghadapi kesenjangan negara kaya dan miskin
22. Contoh tindakan menghindari diri dari sikap diskriminatif dalam kehidupan bersama adalah ....
A. kerjasama dan dialog antar umat beragama
B. selalu memperahtikan teman yang seagama
C. belajar bersama dengan teman seasal
D. memberi sumbangan kepada teman dekat
E. membantu anggota keluarga yang dilanda banjir
23. Banjir bandang memporak-porandakan hidup dan kehidupan manusia. Sebagai seorang Katolik kita dipanggil untuk mengatasi masalah ini. Contoh usaha yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah….
A. menebang hutan secara liar
B. bertani berpindah-pindah
C. membuang sampah di got atau selokan
D. reboisasi dan penanaman hutan yang gundul
E. menggunakan bahan pestisida
24. Setiap warga Gereja wajib mengambil bagian dalam tri tugas Kristus, salah satunya adalah tugas kenabian. Contoh penerapan tugas ini adalah….
A. menjadi pengurus OMK
B. aktif dalam mengikuti latihan koor
C. menjadi lektor pada saat Misa
D. memimpin doa Rosario
E. menjadi misdinar atau putra altar
25. Agustinus seorang pelajar yang selalu mengawali dan mengakhiri harinya dengan doa. Setiap bangun tidur ia bersyukur atas hari baru dan mohon berkat bagi orang tua serta adiknya yang masih kecil. Selain itu, ia aktif dalam kegiatan pramuka, menjadi ketua OSIS, menjadi ketua kelas, dan dikenal juga sebagai pencinta alam lingkungan (rajin menanam pohon). Pengamalan/perwujudan sifat gereja yang “Kudus” dari Agustinus ini dapat dinyatakan dalam tindakan….
A. mengurus teman-teman di kelas sebagai ketua kelas
B. aktif dalam kegiatan OSIS
C. mengikuti kegiatan Pramuka
D. menanam pohon
E. berdoa
26. Bacalah pernyataan-pernyataan di bawah ini!
1) Melegalkan aborsi
2) Menolak hukuman mati
3) Mengijinkan euthanasia
4) Melayani kaum marjinal
5) Bergaul dengan orang yang disenangi
Contoh usaha Gereja Katolik dalam menegakkan Hak Azasi Manusia ditunjukkan pada pernyataan nomor….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
27. Pernyataan yang menunjukkan makna Perkawinan Katolik adalah ….
A. suatu perjanjian yang dibuat antara suami dan istri untuk kurun waktu tertentu
B. ikatan keluarga besar laki-laki dan perempuan
C. kebersamaan hidup pria dan wanita dengan syarat tertentu
D. kebersamaan seluruh hidup antara pria dan wanita dilandasi kasih
E. kebersamaan seluruh hidup pria dan wanita sesuai dengan perjanjian bersama
28. Tugas dan tanggungjawab seorang istri/ibu dalam keluarga adalah….
A. pendidik, pencari nafkah dan kepala keluarga
B. kepala keluarga dan partner suami
C. partner anak dan pendidik
D. pendidik dan pelayan dalam keluarga
E. pendidik, partner suami, dan sebagai hati dalam keluarga
29. Persatuan yang erat dan penyerahan diri secara total serta menyeluruh dari orang yang hidup membiara dilakukan dengan mengucapkan dan menghayati kaul keperawanan, kemiskinan, dan ketaatan. Makna kaul ketaatan adalah...
A. memiliki harta benda
B. rela menjadi orang yang berkekurangan
C. setia pada pemimpinnya dan kehendak Allah
D. penyerahan diri secara menyeluruh kepada Kristus
E. melepaskan hak untuk hidup berkeluarga
30. Salah satu kelompok kategorial dalam Gereja adalah Orang Muda Katolik (OMK). Kewajiban OMK dalam membangun bangsa dan Negara dapat dilakukan dengan cara ....
A. giat belajar dan menggunakan waktu untuk hal yang produktif
B. memilih pemimpin yang sebangsa dan seagama
C. wajib membayar pajak demi kepentingan pemimpin dan aparat
D. menghormati pemerintah yang sah dengan ikut dalam gerakan makar
E. mendahulukan kepentingan pribadi di atas kepentingan negara
31. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1. Menghalalkan segala cara untuk mencapai kekuasaan
2. Membiasakan budaya antri sesuai dengan nomor urut
3. Mengembalikan barang hasil temuan kepada pemiliknya
4. Membiasakan diri dengan sikap asal bapak senang
5. Mengembalikan sisa uang belanja kepada ibu
Pernyataan yang menunjukkan contoh tindakan jujur terdapat pada nomor….
A. 1, 2, 4
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 5
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5
32. Masyarakat Indonesia beranekaragam dalam suku, ras, agama, bahasa dan adat istiadat. Keanekaragaman ini merupakan kekayaan bangsa, akan tetapi bila tidak dijaga dengan baik dapat mengancam persatuan dan kesatuan, oleh karena perlu dijaga, salah satunya dengan membangun dialog antar umat beragama. Contoh bentuk dialog karya amal dan kerjasama dalam hidup sehari-hari yang dilakukan anggota Gereja dengan umat beragama lain adalah....
A. saling bertegur sapa
B. saling meneguhkan dalam iman
C. membantu negara yang berperang
D. bergaul dengan umat beragama lain
E. membantu para korban bencana alam
33. Perhatikan contoh kegiatan kategorial berikut ini!
1) Aktif dalam kegiatan pramuka
2) Aktif dalam kelompok Ikatan Pelajar Katolik
3) Aktif dalam organisasi kepartaian
4) Aktif dalam organisasi kepemudaan masyarakat
5) Aktif dalam kegiatan Orang Muda Katolik
6) Aktif dalam kelompok Wanita katolik Republik Indonesia
Contoh kegiatan Kategorial yang berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara bagi kaum muda adalah ….
A. 1 dan 6
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 5
E. 2 dan 6
33. Di bawah ini adalah cara menciptakan suasana keluarga yang harmonis adalah ... .
A. melakukan kerja bakti bersama
B. membangun komunikasi yang jujur dan terbuka
C. saling menerima seperti apa adanya
D. setia satu sama yang lainnya
E. mengadakan kegiatan santai bersama keluarga
35. Bacalah artikel berikut ini!
R.D. Yusuf Bilyarta Mangunwijaya, (Lahir di Ambarawa, Kabupaten Semarang, 6 Mei 1929 – meninggal di Jakarta, 10 Februari 1999 pada umur 69 tahun), dikenal sebagai rohaniwan, budayawan, arsitek, penulis, aktivis dan pembela wong cilik (bahasa Jawa untuk “rakyat kecil”). Ia juga dikenal dengan panggilan populernya, Rama Mangun (atau dibaca “Romo Mangun” dalam bahasa Jawa). Romo Mangun adalah anak sulung dari 12 bersaudara pasangan suami istri Yulianus Sumadi dan Serafin Kamdaniyah. Kekecewaan Romo terhadap sistem pendidikan di Indonesia menimbulkan gagasan- gagasan di benaknya. Dia lalu membangun Yayasan Dinamika Edukasi Dasar. Sebelumnya, Romo membangun gagasan SD yang eksploratif pada penduduk korban proyek pembangunan waduk Kedung Ombo, Jawa Tengah, serta penduduk miskin di pinggiran Kali Code, Yogyakarta. Perjuangannya dalam membela kaum miskin, tertindas dan terpinggirkan oleh politik dan kepentingan para pejabat dengan “jeritan suara hati nurani” menjadikan dirinya beroposisi selama masa pemerintahan Presiden Soeharto.
Salah satu konsekuensi menjadi saksi Kristus sebagaimana tersirat dari artikel di atas adalah….
A. popularitas diri
B. mencari kedudukan
C. dihargai dan dihormati
D. dibenci dan dikucilkan
E. dihormati dan disenangi
36. Kej. 1:28b, berbunyi : "Penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”
Pesan yang dapat diambil dari kutipan perikop kitab suci di atas adalah …
A. Allah memberikan kuasa kepada manusia agar bisa menggunakan isi alam semesta sesuka hati
B. manusia harus memakai segala cara untuk mengusai bumi dengan segala isinya
C. segala isi bumi di bawah kekuasaan manusia, karena manusia memiliki martabat yang beda dengan ciptaan lain
D. tanpa manusia alam semesta akan berantakan dan tak tertata secara baik
E. ikan di laut, dan burung-burung di udara akan menjadi punah jika manusia
tidak mengurusinya.
37. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1. Memiliki Kitab Suci di rumah
2. Membaca Kitab Suci setiap hari
3. Membeli Kitab Suci di tokoh buku
4. Mengikuti Katekese APP di KUB
5. Melakukan Sharing secara bersama
Contoh usaha yang dapat dilakukan untuk mendalami Kitab Suci terdapat pada nomor...
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 2, 4, 5
38. Yoh. 11 : 43 – 45 berbunyi : “Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah keluar!” Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.” Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.” Dalam kaitannya dengan pewartaan kerajaan Allah, makna dari mujizat Yesus ini adalah agar orang percaya bahwa Yesus adalah….
A. Anak Daud
B. Mesias Utusan Bapa
C. Penebus Dosa
D. saudaranya Lazarus
E. Pemimpin Baru
39. Bacalah artikel berikut dengan cermat!

Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang,terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga...” (Gaudium et Spes, Art.1.) "…..Maka Konsili suci mengakui, bahwa amat luhurlah panggilan manusia, dan menyatakan bahwa suatu benih ilahi telah ditanam dalam dirinya. Konsili menawarkan kepada umat manusia kerja sama Gereja yang tulus, untuk membangun persaudaraan semua orang, yang menanggapi panggilan itu. Gereja tidak sedikit pun tergerak oleh ambisi duniawi; melainkan hanya satulah maksudnya: yakni, dengan bimbingan Roh Penghibur melangsungkan karya Kristus sendiri, yang datang ke dunia untuk memberi kesaksian akan kebenaran; untuk menyelamatkan, bukan untuk mengadili; untuk melayani, bukan untuk dilayani." (Gaudium et Spes, Art.3.)

Keterlibatan sebagai warga Gereja dan warga negara Indonesia berdasarkan dokumen di atas adalah….
A. menjadi pemimpin dalam berbagai level yang kita geluti
B. menjadi terang, garam dan ragi bagi saudara-saudara seiman
C. menjadi terang, garam, dan ragi bagi dunia
D. membangun persaudaraan ketika ada masalah
E. mengutamakan sahabat dan keluarga terdekat
40 “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. “ (Mat. 5 : 37 ). Tindakan konkrit yang dapat dilakukan berdasarkan teks tersebut adalah....
A. selalu berkata dan bersikap jujur
B. rela berkorban demi orang lain
C. bersikap jujur bila dibutuhkan
D. berani mengutarakan isi hati
E. selalu waspada dan mawas diri

Soal Uraian (Jawablah Pertanyaan-pertanyaan berikut secara Tepat!)

41. Manusia mempunyai kehendak bebas. Tulislah 4 hal yang dimaksud dengan kehendak bebas sebagai keistimewaan manusia!
42. Buah-buah roh menurut Galatia 5:22-23 yakni kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. Berikan masing-masing 2 (dua) contoh perwujudan dari buah roh berikut!
a. Roh kasih
b. Roh damai sejahtera
c. Roh penguasaan diri

43. Bacalah artikel di bawah ini!

Para Uskup membimbing Gereja-Gereja khusus yang dipercayakan kepada mereka sebagai wakil dan utusan Kristus, dengan petunjuk-petunjuk, nasehat-nasehat dan teladan mereka, tetapi juga dengan kewibawaan dan kuasa suci. Kuasa itu hanyalah mereka gunakan untuk membangun kawanan mereka dalam kebenaran dan kesucian, dengan mengingat bahwa yang terbesar hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan (lih. Luk 22:26-27). Kuasa, yang mereka jalankan sendiri atas nama Kristus itu, bersifat pribadi, biasa dan langsung, walaupun penggunaannya akhirnya diatur oleh kewibawaan tertinggi Gereja, dan dapat diketahui batasan- batasan tertentu, demi faedahnya bagi Gereja atau Umat beriman. Berkat kuasa itu para Uskup mempunyai hak suci dan kewajiban dihadapan Tuhan untuk menyusun undang-undang bagi bawahan mereka, untuk bertindak sebagai hakim, dan untuk mengatur segala-sesuatu, yang termasuk ibadat dan kerasulan. Secara penuh mereka diserahi tugas kegembalaan, atau pemeliharaan biasa dan sehari-hari terhadap kawanan mereka. Seperti Rasul Paulus ia berhutang kepada semua. Maka hendaklah ia bersedia mewartakan Injil kepada semua orang (lih. Rom 1:14-15), dan mendorong Umatnya yang beriman untuk ikut serta dalam kegiatan kerasulan dan misi. Adapun kaum beriman wajib patuh terhadap uskup, seperti Gereja terhadap Yesus Kristus, dan seperti Yesus Kristus terhadap Bapa. (LG. Art.27)

Uraikan tugas dan tanggung jawab hierarki yang termuat dalam dokumen tersebut!

44. Menyongsong HARDIKNAS, diadakan perlombaan bola voli antar sekolah tingkat SMA/SMK se-kota Kenari. Pada hari pertama, pertandingan berlangsung antara tim voli SMA Melati vs SMK Pahlawan. Pertandingan berlangsung sangat ramai, karena didukung oleh pendukungnya masing-masing. Memasuki set terakhir tim voli SMA Melati mengungguli tim voli SMK Pahlawan, dengan keunggulan ini para pendukung dari SMA Melati berteriak menyerukan yel-yel sambil mengolok-olok tim voli SMK Pahlawan. Para pendukung tim SMK Pahlawan merasa tersinggung, maka terjadilah adu mulut yang berakhir dengan perkelahian dan tawuran antara siswa kedua sekolah tersebut. Pertandingan dihentikan dan polisi pun mengamankan para pelaku dari kedua sekolah.
Berdasarkan cerita di atas tulislah 4 upaya yang dapat dilakukan dalam mewujudkan Budaya Kasih di lingkungan sekolah!

45. Efesus. 6:1-4 berbunyi: 
Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak- anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.“

Berdasarkan kutipan teks tersebut, berikan 3 contoh sikap yang dapat digunakan dalam membangun keluarga sebagai persekutuan yang suci !

Kunci Jawaban: 
Pilihan Ganda

1. A 11. C 21. D 31. C
2. B 12. A 22. A 32. E
3. E 13. A 23. D 33. D
4. C 14. E 24. C 34. E
5. A 15. B 25. E 35. D
6. D 16. D 26. C 36. C
7. B 17. C 27. D 37. E
8. D 18. E 28. E S8. B
9. B 19. B 29. C 39. C
10. A 20. D 30. A 40. A

Soal Uraian
41. Empat hal yang merupakan kehendak bebas manusia:

  1. Kemampuan untuk bertindak dengan tidak ada paksaan
  2. Manusia bertindak segala seuatu dengan sadar/sengaja
  3. Manusia dapat melakukan suatu tindakan/perbuatan moral
  4. Bertindak secara bertanggung jawab

42. Contoh perwujudan dari buah-buah Roh (Jawaban bersifat terbuka):
  1. Roh Kasih: mengunjungi orang sakit, membantu teman yang berkekurangan, dan lain-lain (jawaban yang relevan).
  2. Roh Damai Sejahtera: melerai teman yang berkelahi, menjaga suasana harmonis dalam pergaulan, dan lain-lain (jawaban yang relevan).
  3. Roh Penguasaan diri: menggunakan gawai (handphone) secara bertanggung jawab, mengendalikan amarah dan hawa nafsu, dll (atau jawaban lain yang relevan)

43. Tugas dan tanggungjawab Hierarki (Jawaban bersifat terbuka):

  1. Membimbing Gereja dengan petunjuk, nasihat, teladan dan kewibawaan mereka.
  2. Membangun kawanan dalam kebenaran dan kesucian
  3. Menyusun undang-undang bagi bawahan, bertindak sebagai hakim dan mengatur segala sesuatu termasuk ibadat dan kerasulan
  4. Memperhatikan umat yang dipercayakan kepada mereka dalam doa dan pewartaan
  5. Mewartakan injil kepada semua orang dan mendorong umat beriman untuk ikut serta dalam kegiatan misi dan kerasulan Gereja

44. Upaya yang dilakukan dalam mewujudkan budaya kasih di sekolah (Jawaban bersifat terbuka):

  1. mengahargai satu sama lain
  2. berani mengakui kelemahan diri dan kelebihan orang lain
  3. berbesar hati untuk memberi maaf atau pengampuanan
  4. melakukan rekonsiliasi dalam penyelesaian konflik

45. Contoh sikap dalam membangun keluarga sejati
  1. membangun komunikasi dalam keluarga
  2. setia satu sama lain
  3. kejujuran, tanggungjawab, saling menghormati

Demikian contoh soal  Ujian Sekolah untuk kelas 12. Ujian sekolah ini merupakan ujian yang merupakan kewenangan sekolah atau satuan pendidikan. Penyusunannya merupakan kewenangan masing-masing guru mata pelajaran. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Soal US Agama Katolik dan Kunci Jawaban "