Salah Satu Contoh KKTP Pendidikan Agama Katolik Fase E (Kelas 10) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Salah Satu Contoh KKTP Pendidikan Agama Katolik Fase E (Kelas 10)

Asesmen pembelajaran dimengerti sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah proses pembelajaran, fasilitas pembelajaran, setta penyediaan informasi yang holistik dan menyeluruh. Hal ini penting  sebagai feed back  bagi guru atau pendidik, bagi peserta didik, dan bagi orang tua atau wali untuk menemukan sekaligus menentukan strategi pembelajaran berikutnya. 

Tentu saja asesmen didesain secara adil, proporsional, valid, serta dapat dipercaya guna menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan menyangkut tahapan sekaligus sebagai fondasi untuk membuat program pembelajaran pada tahapan berikutnya. 

Dalam Kurikulum merdeka, asesmen pembelajaran  terdiri dari dua bentuk atau model yakni asesmen formatif yang digunakan sebagai umpan balik pembelajaran dan asesmen sumatif yang dipakai sebagai pelaporan hasil belajar.

Ilustrasi Foto oleh George Pak : https://www.pexels.com

Agar guru bisa mengetahui apakah siswa telah sukses mencapai tujuan pembelajaran, maka perlu ditetapkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). KKTP ini bertujuan guna merefleksikan proses pembelajaran sekaligus mendiagnosis tingkat penguasaan kompetensi siswa. Sehingga dengan demikian guru bisa memperbaiki proses pembelajaran serta memberikan penegasan akan pembelajaran yang sesuai kepada siswa

Ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan KKTP antara lain: 

Pertama, Tidak disarankan untuk menggunakan angka mutlak (misalnya 75, 80, dan sebagainya) sebagai kriteria. Yang paling disarankan adalah menggunakan deskripsi, namun jika dibutuhkan, pendidik diperkenankan untuk menggunakan interval nilai (misalnya 0-50, 51-70, 71-85, 86-100, dan dikondisikan dengan kebijakan sekolah); 

Kedua,  Kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran dapat dikembangkan menggunakan beberapa pendekatan; deskripsi kriteria, rubrik, dan interval nilai. 

Dalam menyususun KKTP, ada tiga pendekatan yang bisa dilakukan guru yang sesuai kebutuhan masing-masing, antara lain menggunakan deskripsi kriteria, menggunakan rubrik, dan menggunakan interval nilai.

Pada kesempatan ini akan dibagikan salah satu contoh KKTP mata pelajaran pendidikan agama katolik untuk Fase E (kelas 10). KKTP yang dijabarkan di sini merupakan salah satu tugas yang dikerjakan sebagai mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan yang sedang berlangsung pada tahu 2023 ini. 

Dengan demikian KKTP yang dibagikan ini akan sangat membantu bapak dan ibu guru dalam menyelesaikan tugas lokakarya tentang perangkat pembelajaran agama katolik. Penulis sungguh menyadari jika  instrumen yang dibagikan ini mungki masih jauhdari sempurna. Namun meski demikian akan sangat membantu bapak dan ibu guru yang masih bergumul dengan Kurikulum Merdeka.

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) selengkapnya bisa bapak dan ibu guru LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Pesan untuk bapak dan ibu guru yang sedang bergumul dengan pendidikan Profesi Guru (PPG) dalamJabatan: tetap semangat demi martabat panggilan sebagai guru pendidikan agama katolik dan teruslah jadi berkat lewat profesi ini. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Salah Satu Contoh KKTP Pendidikan Agama Katolik Fase E (Kelas 10)"

Posting Komentar