Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Agama Katolik Fase E - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Agama Katolik Fase E

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran atau disingkat dengan KKTP merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang wajib dikerjakan guru dalam Kurikulum Merdeka. Kalau dalam Kurikulum Tiga Belas (K13) dikenal dengan istilah KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal. Namun yang pasti, KKM berbeda dengan KKTP. 

Jika dalam KKM memiliki tiga kriteria, yakni kompleksitas, daya dukung dan intake maka KKTP disusun berdasarkan tujuan pembelajaran yang cakupan penilaian berdasarkan rubrik dan juga rentangan nilai. Rubrik yang dimaksud mulai dari tingkat Mahir, cakap, berkembang dan perlu intervensi. 

Pada tahap mahir bisa dibuuat rentangan nilainya yakni mulai dari 90-100, pada tahap cakap rentangan nilaianya dari 80-89, pada tahap berkembang rentangan nilainya 70-79 dan pada tahap perlu intervensi atau bimbingan rentangan nilaianya dari 0-69.

Gambar dari Pexels.com

Setiap guru tentu bisa membuat rentangan nilai berdasarkan rubrik yang ada. Namun semuanya tergantung konteks atau keadaan satuan pendidikan.

Pada kesempatan ini akan dibagikan salah satu contoh penyusunan KKTP mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase E (kelas 10). Perumusan KKTP ini tentu saja berdasarkan rubrik dan rentangan nilai sebagaimana dikemukakan di atas.

Tentu saja KKTP yang dibagikan di sini berdasarkan pemahaman yang saya pelajari. bapak dan ibu guru bisa melihatnya sebagai pembanding yang KKTP yang telah bapak/ibu guru kerjakan.

KKTP selengkapnya bisa bapak dan ibu guru download secara gratis DI SINI

Untuk mengetahui penjelasan lebih detai tentang KKTP, bapak dan ibu guru bisa belajar secara mandiri di Platform Merdeka Mengajar di google playstore. PMM ini merupakan wadah yang difasiliasi oleh kemendikbudristek. Setiap guru bisa mengaksesnya melalui akun belajar dot id. 

Sejujurnya, sebagai guru saya juga belajar secara mandiri melalui paltform PMM ini. Selain itu saya juga mengikuti PPG dalam jabatan khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Melalui PPG ini juga saya secara khusus dibekali dengan Kurikulum Merdeka (Kumer).

Sebagai guru pembelajar saya sangat mengharapkan umpan balik dari bapak dan ibu guru terhadap KKTP yang saya  kerjakan ini. Hal ini sangat bermanfaat untuk perbaikan lebih lanjut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Agama Katolik Fase E"

Posting Komentar