KKM Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Semester Ganjil dan Genap - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

JavaScript

KKM Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Semester Ganjil dan Genap

Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) merupakan alat ukur yang ditentukan oleh guru mata pelajaran. Hal ini berkaitan dengan nilai batas minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. Dahulu Ketuntasan belajar minimal disebut dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kini, istilah ini diubah menjadi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM).

Apa pun istilahnya, keduanya berhubungan dengan nilai minimal yang mesti diperoleh peserta didik untuk setiap kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing mata pelajaran.

Untuk menentukan nilai batas minimal ini, tentu saja sekolah atau pun guru harus melewati analisis yang akurat. Komponen yang harus dianalisis antara lain berupa kompleksitas (tingkat kesulitan materi ajar), Daya dukung (fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran), dan  intake (daya serap peserta didik)

Sekolah maupun guru tentu sangat tahu betul tentang analisis ketuntasan belajar minimal ini. Oleh karena itu saya tidak akan menyampaikan secara detail tentang cara menentukan KBM atau KKM ini.

Pada kesempatan ini saya hanya akan membagikan hasil analisis saya sebagai guru agama Katolik pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas berkaitan dengan KBM atau KKM untuk kelas Dua Belas (XII) semester Lima (5) dan Enam (6) atau semester ganjil dan semester genap.

Hasil analisis yang saya buatkan ini sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yakni Kurikulum Tiga Belas atau yang sering disebut dengan K13. Ini juga sudah disesuaikan dengan karakteristik sekolah dan peserta didik di sekolah tempat saya mengabdi. Namun, ini bisa juga menjadi model atau contoh untuk diikuti oleh bapa ibu guru sekalian. 

Untuk KBM atau KKM yang selengkapnya bisa diakses dengan mengklik tautan berikut:

KKM Agama Katolik Kelas 12 (Ganjil-Genap)

Agar bisa membuka dan mendownloadnya, bapak ibu guru harus memiliki akun gmail. Akhirnya, semoga penjelasan singkat tentang Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) atau Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ini bisa mencerahkan dan menginspirasi bapak ibu guru agama Katolik atau pun pihak terkait lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KKM Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Semester Ganjil dan Genap"

Posting Komentar