RPP yang Disederhanakan Pendidikan Agama Katolik Kelas 10 tentang Manusia Pribadi yang Unik - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

RPP yang Disederhanakan Pendidikan Agama Katolik Kelas 10 tentang Manusia Pribadi yang Unik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 01
(RPP 01)
Satuan Pendidikan   : .......................
Mata Pelajaran         : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/Program         : X/umum
Semester                  : 1 (satu)
Materi Pokok           : Manusia Pribadi yang Unik
Alokasi Waktu         : 3 JP (3 X 45 Menit)

A. Tujuan  Pembelajaran 
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat :
  1. Membiasakan diri  untuk bersyukur kepada Allah atas keberadaan dirinya dengan segala kemampuan dan  keterbatasannya
  2. Memilih sikap tanggung jawab dalam menerima  diri dengan segala kemampuan dan keterbatasannya 
  3. Menganalisis tiga ciri yang menjadikan seseorang yang   unik
  4. Membedakan kekuatan dan keterbatasan yang ada dalam   diri sendiri.
  5. Menjelaskan pengertian manusia sebagai pribadi yang  unik 
  6. Merumuskan ajaran  Kitab Suci tentang keunikan  manusia menurut Kej 1:26-31
  7. Membuat gambar simbol diri dan mensharingkan di depan kelas

B. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media: Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan: Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar: 
  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru  Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa  Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Situs web yang sesuai
Gambar dari pixabay.com

C. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi  Manusia Pribadi yang Unik 
  • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
  • Kegiatan Literasi: Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Manusia Pribadi yang Unik.
  • Critical Thinking: Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Manusia Pribadi yang Unik.
  • Collaboration: Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Manusia Pribadi yang Unik
  • Communication: Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
  • Creativity: Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Manusia Pribadi yang Unik. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
  • Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 
  • Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
  1. Penilian sikap Spiritual : Jurnal dan observasi
  2. Penilaian sikap sosial : Jurnal dan observasi
  3. Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian
  4. Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek
                                                                         
                                                                                                                        ………, ………………
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                                             Guru Mata Pelajaran


............................                                                                 ...................................
NIP.                                         NIP.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP yang Disederhanakan Pendidikan Agama Katolik Kelas 10 tentang Manusia Pribadi yang Unik"

Posting Komentar