Program Semester Genap Agama Katolik Kelas 10 - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

JavaScript

JavaScript

Program Semester Genap Agama Katolik Kelas 10

Salah satu administrasi yang wajib dikerjakan guru di setiap satuan pendidikan adalah menyusun program semester atau disingkat dengan promes. Promes ini  kadang disebut juga dengan  penyebaran kompetensi dasar.

Penyebaran kompetensi dasar dimaksud adalah berkaitan dengan rincaian jumlah jam kegiatan belajar mengajar pada setiap pekan dalam setiap bulan. Karena inimerupakan program semester genap maka perhitungan bulannya dimulai dari bulan Januari hingga bulan Juni.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan salah satu contoh penyebaran kompetensi dasar atau program semester  genap mata pelajaran Agama Katolik kelas 10. Setiap kompetensi dasar disebarkan pada setiap pekan untuk setiap bulannya.  Dengan demikian, setiap bulan ditulis juga jumlah pekannya.

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Karena ini merupakan program semester genap maka perhitungan bulannya dimulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni. Ada sekurang-kurangnya empat kolom utama, yakni kompetensi dasar dan materi ajar, alokasi waktu, nama bulan dan banyaknya pekan.

Penyusunan program semester ini tentu bukanlah menjadi sebuah pekerjaan yang sulit. Hanya dibutuhkan ketelitian untuk menyebarkan setiap komptensi dasar di setiap pekan pada bulannya masing-masing.

Dalam perhitungan kami ada tiga kompetensi dasar yang akan disebarkan sepanjang semester genap ini. Ini tentu saja khusus untuk mata pelajaran agama Katolik kelas 10. Penyebaran kompetensi dasar ini akan sangat menentukan jumlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Berdasarkan konteks ini, sesungguhnya sebelumnya menyusun RPP, guru harus terlebih dahulu menyusun program semesternya. Sebab dalam program semester ini juga akan diketahui banyaknya pekan efektif dan pekan tidak efektif pada setiap bulannya.

Pada umumnya bapak dan ibu guru hanya mencari RPP tanpa meminta program semester atau pun program tahunannya. Mungkin karena berpikir bahwa RPP lebih penting dari program semester. Padahal sesungguhnya keduanya sama penting karena memiliki keterkaitan satu sama lain.

Dari program semester, guru bisa merencanakan berapa RPP yang akan dibuat oleh guru dan berapa kali pertemuan belajar mengajar, dan berapa kali ulangan harian. Pengawas tingkat satuan pendidikan pun akan mensupervisi perangkat pembelajaran termasuk program semester ini.

Nah, bapak dan ibu guru dapat melihat salah satu contoh program semester genap mata pelajaran pendidikan Agama Katolik kelas 10 (Sepuluh) LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Demikian program semester ini dibuat untuk menambah referensi bapak dan ibu guru agama katolik pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas dan sederajat. Kiranya bermanfaat dan memberikan kemudahan bagi bapak dan ibu guru sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Semester Genap Agama Katolik Kelas 10"

Posting Komentar