RPP 2 Dalam Jaringan Agama Katolik Kelas 10 Semester Genap - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

JavaScript

JavaScript

RPP 2 Dalam Jaringan Agama Katolik Kelas 10 Semester Genap

Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pekerjaan yang lazim dilakukan oleh guru pada jengang pendidikan dasar dan menengah. Sejatinya guru harus mengerjakan sendiri rencana Pelaksanaan Pembelajarannya. Meski demikian, bukan rahasia lagi jika guru menyuruh orang lain untuk mengerjakan perangkat pembelajarannya. Alasan utamanya adalah kesibukan atau beban kerja guru yang tinggi.

Seringkali guru melihat RPP hanyalah sebatas administrasi belaka. Padahal RPP inilah yang paling menentukan tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Setelah melakaukan aktivitas pembelajaran dalam kelas, guru perlu mengevaluasinya kembali sehingga RPP untuk pertemuan berikutnya bisa lebih baik lagi.

Ini tentu merupakan sebuah idealisme yang sudah seharusnya dilakukan oleh guru atau pendidik. Namun kenyataannya hal ini masih sebatas cita-cita dan harapan. Kadang dijumpai guru membuat RPP tetapi tidak untuk diterapkan di dalam kelas. Padahal RPP merupakan sebuah rencan untuk dilaksanakan dan bukan hanya berfungsi sebagai administrasi yang tersusun rapi di ruangan kurikulum dan kepala sekolah.

Foto oleh Zen Chung dari Pexels

Pada umumnya guru sudah mengetahui tentang bagaimana menyusun atau membuat RPP. Namun seperti yang dikemuakan di atas bahwa guru terjebak dalam kepadatan administrasi yang harus diselesaikan. Hal ini membuat guru mecari jasa pembuatan RPP. 

Bertolak dari kenyataan ini maka pada kesempatan ini kami akan membagikan salah satu model RPP yang dilengkapi dengan sintak pembelajaran. RPP yang dibagikan ini merupakan RPP untuk KD 2 mata pelajaran Pendidikan agama Katolik kelas 10 semester genap.

RPP yang dibagikan ini merupakan RPP versi daring (dalam jaringan) dengan komponen yang lengkap. RPP 2 ini berkaitan dengan komptensi dasar tentang memahami pribdi Yesus Kristus yang rela menderita sengsara, wafat, dan bangkit demi kebahagiaan manusia. 

Berbeda dengan RPP terdahulu yang tidak merinci materi ajar, RPP 2 ini merinci materi ajar ke dalam materi faktual, materi konseptual, materi prosedural dan materi metakognitif. Ada enam kali pertemuan kegiatan pembelajran untuk menyelesaikan materi pelajaran yang ada, dan diharapkan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pada kegiatan inti dirincikan sintak pembelajarannya, yakni orientasi peserta didik, membimbing penyelididkan, menyajikan hasil karya dan mengevaluasi. Setiap langkah pembelajaran juga dicantumkan nilai karakter yang ingin dicapai.

Untuk melihat RPP selengkapnya silakan DOWNLOAD DI SINI

RPP yang dibagikan ini merupakan salah satu model atau contoh dan bukan merupakan  satu-satunya standar yang wajib dipakai guru agama Katolik pada jenjang pendidikan SMA dan SMK. Setiap guru tentu memiliki cara dan strateginya masing-masing dalam menyelesaikan langkah-langkah pembelajaran yang akan ditulisnya dalam RPP.

Jika RPP yang dibagikan ini sesuai dengan keinginan bapak dan ibu guru silakan mendownloadnya secara gratis. Kami terus berupaya memberikan yang terbaik bagi bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran agama katolik tingkat SMA/K. Dukung kami terus agar kami semakin semangat berkarya dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP 2 Dalam Jaringan Agama Katolik Kelas 10 Semester Genap"

Posting Komentar