JavaScript

JavaScript

RPP yang Disederhanakan Model Daring Pendidikan Agama Katolik Kelas X Semester 1


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan saya bagikan berikut ini merupakan RPP yang disederhanakan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14 Tahun 2019. Komponen RPP berdasarkan Surat Edaran ini mencakup tiga komponen yakni tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Untuk menghemat waktu, ada dua RPP yang akan saya bagikan pada kesempatan ini. RPP tersebut merupakan sambungan dari perangkat RPP terdahulu mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas Sepuluh semester satu. Jika diurutkan maka RPP berikut merupakan RPP 9 dan RPP 10. Karena ada dua RPP maka ada dua materi pokok yakni Kitab Suci Perjanjian Baru dan Tradisi dalam Gereja Katolik. RPP 9 memuat materi pokok Kitab Suci perjanjian Baru dan RPP 10 memuat materi pokok Tradisi dalam Gereja Katolik.

RPP yang saya bagikan ini memang bukan merupakan satu-satunya RPP pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Ada begitu banyak tawaran dari blog atau penerbit lain yang benar-benar fokus pada penyusunan perangkat pembelajaran. Semuanya bagus dan tentu saja memanjakan para guru untuk menyelesaikan administrasinya. 

Rpp Katolik

Namun perlu diingat bahwa RPP yang berseliweran di media jaringan internet bukanlah RPP yang lengkap dan sempurna. Sebab RPP yang sempurna sesungguhnya RPP yang disusun oleh guru sendiri seturut kondisi satuan pendidikan tempatnya mengabdi. Itu berarti guru harus menyusun sendiri RPP yang benar-benar kontekstual sebagaimana yang diisyaratkan bahwa RPP haruslah efisien, efektif dan berorientasi pada murid atau peserta didik.

Ada pun Seluruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang saya bagikan dalam blog ini merupakan RPP hasil MGMP Agama Katolik tingkat Kabupaten Sumba Timur. Dengan demikian RPP ini sudah disesuaikan dengan konteks peserta didik yang ada di kabupaten Sumba Timur. Dengan demikian, jika bapak dan ibu guru meliaht dan mendownload RPP ini harap dibaca dan dipahami dulu sebelum diterapkan di dalam kelas. Syukurlah jika RPP yang dibagikan ini sesuai dengan kondisi satuan pendidikan di mana bapak dan ibu guru mengabdi. Jika tidak sesuai, jadikan RPP ini sebatas pembanding atau juga referensi.

RPP yang selengkapnya (RPP 9 dan RPP 10) bisa dilihat pada tautan berikut ini:

Akhirnya terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Semoga RPP yang telah dibagikan ini bermanfaat bagi bapak dan ibui guru sekalian dalam melengkapi administrasinya. Jangan lupa melihat dan membaca artikel-artikel sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP yang Disederhanakan Model Daring Pendidikan Agama Katolik Kelas X Semester 1 "

Posting Komentar