JavaScript

JavaScript

RPP 1 yang Disederhanakan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas X

Pada kesempatan ini saya akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Agama Katolik Kelas Sepuluh berkaitan dengan materi ajar pertama yakni "Manusia Pribadi yang Unik'. RPP yang saya bagikan ini merupakan model RPP yang disederhanakan. Saya lebih memilih kata disederhanakan ketimbang kata satu lembar sebagaimana yang ramai ditulis oleh kebanyakan orang. 

Siswa Sekolah

RPP yang desederhanakan artinya RPP ini disusun atau dibuat sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional yang menyederhanakan jumlah komponen utama dalam RPP menjadi tiga komponen, yakni tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan assessmen atau penilaian pembelajaran. Berdasarkan ketiga komponen inilah maka saya lebih memilih kata RPP yang disederhanakan.

RPP yang saya bagikan ini tentu saja memuat tiga komponen ini. Untuk lebih lengkapnya lihatlah bagan berikut ini: 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
(RPP 1)

Satuan Pendidikan    : ...........................
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik & Budi Pekerti
Kelas/Semester         : X/1
Materi Pokok            : Manusia Pribadi yang Unik
Alokasi Waktu          : 3 Jam Pelajaran (3 X 45 Menit)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu bersyukur kepada Allah atas keberadaan dirinya dengan segala kemampuan dan keterbatasannya
2. Peserta didik mampu bertanggungjawab dalam menerima diri dengan segala kemampuan dan keterbatasannya
3. Peserta didik mampu memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan
4. Peserta didik mampu melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi atau menulis doa/puisi) tentang kemampuan dan keterbatasannya

B. Langkah-langkah Pembelajaran

NO

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Kegiatan Awal

·         Guru mengucapkan salam kepada peserta didik lewat WhatsApp Group

·         Guru mengajak peserta didik lewat WhatsApp Group untuk memulai kegiatan pembelajaran dengan Doa

·         Guru mengajak peserta didik masuk dalam GCR lewat WhatsApp Group

·         Guru mengajak peserta didik mengisi absen dalam GCR lewat WhatsApp Group

 

 

 

20 menit

2

Kegiatan Inti

·  Guru mengajak masuk peserta didik lewat WhatsApp Group untuk melihat dan memepelajari ringkasan materi/modul tentang Manusia Pribadi yang Unik yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran melalui GCR.

·  Guru mengajak masuk peserta didik lewat WhatsApp Group untuk melihat dan memepelajari ringkasan LKPD tentang Manusia Pribadi yang Unik yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran melalui GCR.

·  Peserta didik secara mandiri mengerjakan latihan soal tentang materi Manusia Pribadi yang Unik lewat LKPD/modul yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran melalui GCR.

·     Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya tentang materi Manusia Pribadi yang Unik apabila mengalami kendala atau kesulitan dalam mempelajari materi dan pengerjaan tugas.

·    Guru memberikan tanggapan tentang kendala atau kesulitan yang dialami oleh peserta didik.

·    Guru menyampaikan secara keseluruhan peneguhan dari materi Manusia Pribadi yang Unik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

100 menit

3

Kegiatan Akhir

·    Guru memotivasi peserta didik untuk mendalami materi Manusia Pribadi yang Unik dan menyelesaikan tugas yang ada di LKPD tepat waktu.

·  Guru mengajak peserta didik untuk tetap menjaga protocol kesehatan dan kebersihan serta kesehatan diri.

·  Guru mengajak peserta didik untuk menutup kegiatan pembelajaran dengan Doa

 

 

15 menit

C. Penilaian/Assessment
1. Penilaian Sikap
    a. Sikap Spiritual

No

Teknik

Bentuk Instrumen

Waktu

Pelaksanaan

Keterangan

1.

Observasi

Jurnal

Saat pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

      b. Sikap Sosial

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

WaktuPelaksanaan

Keterangan

1.

Observasi

Jurnal

Saat pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2. Sikap Pengetahuan

No.

Tek

nik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

2.

Tertu

lis

Pertanyaan dan atau tugas tertulis berbentuk pilihan ganda

Terlampir

Setelahpembelajaran pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) selesai

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

3.

Penu

gasan

Pertanyaan dan atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan atau lainnya

Terlampir

Setelah pembelajaran pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) selesai

Penilaian untuk

pembelajaran

(assessment for

learning) dan

sebagai

pembelajaran

(assessment as

learning)

3. Sikap Keterampilan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

2.

 

 

Produk

 

Tugas (keterampilan)

 

 

Terlampir

Saat pembelajaran pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) berlangsung atau setelah usai

Penilaian                  untuk, sebagai,atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)


                                                                                                                    Waingapu, ...............
Mengetahui 
Kepala Sekolah.                            Pengawas PAKat                                    Guru Mata Pelajaran


.........................                            ...............................                                    .............................

Demikian sekilas tentang model Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) yang disederhanakan dengan megikuti kondisi pembelajaran secara daring. Tentu saja bapak dan ibu guru memiliki pemahaman sendiri tentang model pembelajaran secara daring. Bentuk RPP yang saya bagikan ini merupakan model RPP hasil MGMP pendidikan Agama Katolik tingkat SMA/SMK sekabupaten Sumba Timur.

Usul dan saran untuk perbaikan bisa disampaikan di kolom komentar. Terima kasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP 1 yang Disederhanakan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas X"

Posting Komentar