Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik SMA Kelas XI K13 - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik SMA Kelas XI K13

Di beberapa kesempatan, saya sering membaca inbox teman-teman guru Agama Katolik yang meminta program tahunan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Bagi saya, itu sah-sah saja. Karena saya berpikir positif saja bahwa mungkin bapak dan ibu guru sibuk dengan aktivitasnya lain yang lebih penting.

Sesungguhnya, menyusun program tahunan untuk semua mata pelajaran bukanlah sesuatu yang rumit. Hanya dibutuhkan sedikit ketekunan untuk mengetik kembali atau meng-copy-paste dari file yang sudah ada guna mengisi kolom kompetensi inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan Materi pokok untuk satu tahun pelajaran, (dua semester). 

Pelajar Sekolah

Baca juga: Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik SMA Kelas X

Sebab, sesuai dengan namanya Porogram tahunan itu berarti hitungan keseluruhan KI dan KD, materi pokok serta alokasi waktu pembelajaran untuk satu tahun pelajaran. Ini mungkin pekerjaan yang tergolong remeh karena tidak menguras pikiran dan waktu secara ekstra. Sekali hanya dibutuhkan sedikit ketekunan dan kerendahan hati untuk mengerjakannya secara cermat.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan file program tahunan (prota) mata pelajaran Agama Katolik untuk kelas Sebelas (XI). Program tahunan ini sudah disesuaikan dengan kurikulum tiga belas, K13 (kurtilas).

Jumlah KD satu tahun pelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas XI adalah tujuh KD. Dengan rincian yakni empat KD di semster tiga (3) dan tiga KD di semester empat  (4). Sedangkan jumlah materi pokoknya adalah dua puluh dua (22).Rinciannya, tiga belas (13) materi pokok pada semester tiga (3) dan sembilan materi pokok pada semester empat (4).

Ada pun alokasi waktu pembelajaran untuk masing-masing materi pokok adalah tiga kali empat puluh lima menit (3 X 45 Menit). Saya sadar bahwa setiap materi poko memiliki cakupan materi yang berbeda komplesitasnya. Namun saya memilih untuk menyamaratakannya. Tentu semuanya ini sudah saya kondisikan dengan keadaan satuan pendidikan (sekolah) tempat saya mengabdi.

Bapak dan ibu guru tentu bisa menyesuaikannya dengan keadaan yang bapak dan ibu guru alami di sekolah masing-masing. Untuk selengkapnya bisa dilihat dan didownload di sini 

Demikian program tahunan ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya oleh bapak dan ibu guru Agama Katolik tingkat SMA dan SMK. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik SMA Kelas XI K13"

  1. trims, sangat membantu sbg inspirasi. 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2. Terima kasih juga atas suportnya. Salam

      Hapus
  2. saya membutuhkan prota dan prosem, KKM mohon saya dibantu. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti pantau terus situs ini. Semuanya telah dibagikan dan siap didownload secara mandiri. terima kasih

      Hapus