Sifat-sifat Gereja (Silabus Agama Katolik Kelas XI Semester 3) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Sifat-sifat Gereja (Silabus Agama Katolik Kelas XI Semester 3)




Berikut ini adalah silabus Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk kelas XI (sebelas) semester  tiga. Silabus ini berkaitan dengan materi tentang sifat-sifat Gereja Katolik. Selengkpanya bisa dilihat pada tabel berikut. Semoga bermanfaat.


Satuan Pendidikan    : .....................
kelas/ Semester          : ......................
Tahun Pelajaran        : ....................


Kompetensi Inti (KI)   :
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 Mengembangkan   perilaku  (jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli, santun, ramah  lingkungan,Gotong  royong,  kerjasama, cinta  damai,  responsif  dan  pro-aktif)  dan menunjukan sikap  sebagai bagian dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  bangsa  dalam  berinteraksi secara  efektif  dengan lingkungan   sosial  dan  alam   serta  dalam  menempatkan  diri    sebagai  cerminan  bangsa   dalam pergaulan dunia

KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural  dan metagognitif dalam  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan  minatnya untuk memecahkan masalah.

paduan suara
CA Voice Sang Penebus Waingapu
(Dokumentasi Pribadi)

KI 4 Mengolah,  menalar,  dan   menyaji    dalam   ranah   konkret   dan   ranah   abstrak   terkait   dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Ruang Lingkup
Nilai Karakter
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Bersyukur atas  sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan  Allah

2.1.   Peduli pada   sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah.


3.2.  Memahami sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah

4.2.Melakukan aktivitas (menuliskan refleksi/doa/puisi/ membuat kliping berita dan gambar/ membuat rangkuman)  tentang sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan  Allah

Gereja Yang Satu







Gereja
1. Religius
2. Nasionalis
3. Integritas
4. Mandiri
5. Gotong
    Royong
·    Mengamati  pemahaman dan penghayatan pribadi  akan sifat Gereja yang satu.
·    Menyimak sebuah cerita pengalaman, misalnya kisah  seorang peserta “Pertemuan Kaum Muda di Roma Tahun 1984”
·   Apa arti Gereja yang satu?
·   Apa hubungan kisah pertemuan kaum muda sedunia di Roma dengan sifat Gereja yang satu?
·   Apa ciri-ciri Gereja yang satu?
·   Menemukan pengalaman pribadi yang berkaitan dengan kegiatan Gereja yang bersifat satu.
·   Mencari informasi di media massa (cetak dan elektronik/digital) tentang kegiatan-kegiatan umat Katolik yang menunjukan persatuan Gereja.
·   Mewawancarai tokoh-tokoh umat yang paham tentang  sifat Gereja yang satu.
·    Mencari ajaran Kitab Suci  tentang  sifat Gereja yang satu  (misalnya  1Ptr 2:5-10; 1 Kor 12:12; 2 Tim 2:22).
·   Mencari informasi ajaran Gereja dalam dokumen-dokumen Gereja  tentang  sifat Gereja yang satu.
·   Menganalisis informasi yang berkaitan dengan  kegiatan-kegiatan umat Katolik yang menunjukan persatuan Gereja.
·   Merumuskan  ajaran Kitab Suci  tentang  sifat Gereja yang  satu.
·   Merumuskan ajaran Gereja  tentang  sifat Gereja yang satu.
·   Menyimpulkan hubungan antara kesatuan Gereja dengan kesatuan iman.
·   Mensharingkan  informasi yang berkaitan dengan  kegiatan-kegiatan umat Katolik yang menunjukan persatuan Gereja.
·    Mempresentasikan refleksi tentang Gereja yang Satu.
·    Mengungkapkan doa untuk kesatuan Gereja.
·    Mengungkapkan niat untuk terlibat aktif  untuk  mewujudkan sifat Gereja yang satu, mulai dari rumah (keluarga), lingkungan, stasi, Paroki dan keuskupan.

1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)
2. Penilaian    Pengetahuan    (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)
3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk Kerja/    Produk/proyek/    portofolio )


16 x 45 menit 
(12 x45 Menit JP + 4 x 45 menit UH)
1.1Ptr 2:5-10; 1Kor 12:12;
    Timoteus 2:22; Ef 4:3-6; Mat   16:16-19

2. Kementerian Pendidikan dan       Kebudayaan. 2017. Pendidikan     Agama Katolik dan Budi Pekerti     Buku Guru Kelas X1. Jakarta:

3. Kementerian Pendidikan dan      Kebudayaan. 2017. Pendidikan      Agama Katolik dan Budi Pekerti      Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:

4. Pengalaman Iman Guru dan      Siswa





Gereja Yang Kudus




Gereja


·       Mengamati pemahaman tetang sifat Gereja Kudus.
·       Mendengar cerita  kehidupan umat  yang menunjukan  sifat Gereja yang kudus
·      Apa makna Gereja yang kudus
·      Apa ciri-ciri Gereja yang kudus
·      Mengapa Gereja itu kudus?
·   Mencari informasi dari sumber-sumber media yang credible  (buku-buku, internet/website resmi Gereja Katolik, wawancara dengan narasumber) yang menjelaskan tentang sifat Gereja yang kudus.
·   Mencari informasi kegiatan-kegiatan umat Katolik yang menunjukan   perwujutan sifat Gereja yang kudus.
·   Mencari ajaran Gereja  tentang  sifat Gereja yang kudus (misalnya  dalam  LG artikel 8 dan 39)
·   Menganalisis informasi tentang sifat Gereja yang kudus yang telah diperoleh dari berbagai sumber media.
·   Menganalisis kegiatan-kegiatan umat Katolik yang menunjukan  perwujutan  sifat Gereja yang kudus.
·   Menyimpulkan  ajaran-ajaran Gereja  tentang  sifat Gereja yang kudus.
·   Mempresentasikan informasi tentang sifat Gereja yang kudus yang telah diperoleh dari berbagai sumber media.
·   Mensharingkan kegiatan-kegiatan umat Katolik yang menunjukan  perwujutan  sifat Gereja yang kudus.
·   Mempresentasikan ajaran-ajaran Gereja  tentang sifat Gereja yang kudus.
·    Mengungkapkan refleksi tentang Gereja yang Kudus
·    Mengungkapkan doa untuk kekudusan Gereja.


1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)
2. Penilaian    Pengetahuan    (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)
3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk Kerja/    Produk/proyek/    portofolio )





1. Ef 5:25-26; Mat 5:48; 1Yoh
    2:20; Kis 10:38; Rom 1:7; Yoh
    17:11

2. Kementerian Pendidikan dan      Kebudayaan. 2017. Pendidikan     Agama Katolik dan Budi Pekerti     Buku Guru Kelas X1. Jakarta:

3. Kementerian Pendidikan dan      Kebudayaan. 2017. Pendidikan      Agama Katolik dan Budi Pekerti      Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:

4. Pengalaman Iman Guru dan      Siswa



Gereja Yang Katolik








Gereja

1. Religius
2. Nasionalis
3. Integritas
4. Mandiri
5. Gotong
    Royong

·     Menyimak  tulisan yang berkaitan  dengan  sifat Gereja yang Katolik.
·    Melihat  film yang berkaitan dengan sifat Gereja yang Katolik.
·      Apa makna sifat Gereja yang Katolik?
·      Apa ciri-ciri Gereja yang Katolik?
·      Bagaimana mewujudkan Gereja yang Katolik?
·   Mencari informasi pemahaman tentang sifat Gereja yang Katolik di berbagai sumber media yang credible (buku-buku, website resmi Katolik, wawancara tokoh-tokoh umat yang paham tentang Gereja).
·   Mencari informasi kegiatan-kegiatan umat Katolik yang menunjukan  sifat Gereja yang Katolik
·   Mencari informasi  ajaran Gereja  tentang  sifat Gereja yang Katolik  (misalnya  dalam  LG art 13, 23, 26)
·   Menganalisis hasil informasi dari berbagai sumber media  tentang  sifat Gereja yang Katolik.
·   Mengaitkan hubungan antara kegiatan-kegiatan umat Katolik dengan sifat Gereja yang Katolik
·   Menyimpulkan  ajaran Gereja  tentang  sifat Gereja yang Katolik.
·    Menuliskan doa bagi  Gereja Katolik di seluruh dunia agar terus menjadi terang dan garam bagi seluruh umat manusia.
·   Mempresentasikan hasil informasi dari berbagai sumber media  tentang  sifat Gereja yang Katolik.
·   Mensharingkan apa hubungan antara kegiatan-kegiatan umat Katolik dengan sifat Gereja yang Katolik. 
·   Mempresentasikan hubungan antara kegiatan-kegiatan umat Katolik dengan sifat Gereja yang Katolik
·   Mempresentasikan ajaran Gereja  tentang  sifat Gereja yang Katolik. 
·    Mengungkapkan doa bagi  Gereja Katolik di seluruh dunia agar terus menjadi terang dan garam bagi seluruh umat manusia.


1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)
2. Penilaian    Pengetahuan    (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)
3. Penilaian    Keterampilan   (Unjuk Kerja/
Produk/proyek/    portofolio )





1. Yoh 11:52; Ibr 1:2; Kis 1:42;       Yoh 18:36; Lg art.13

2. Kementerian Pendidikan dan      Kebudayaan. 2017. Pendidikan     Agama Katolik dan Budi Pekerti     Buku Guru Kelas X1. Jakarta:

3. Kementerian Pendidikan dan      Kebudayaan. 2017. Pendidikan      Agama Katolik dan Budi Pekerti      Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:

4. Pengalaman Iman Guru dan      Siswa



Gereja Yang Apostolik





Gereja

1. Religius
2. Nasionalis
3. Integritas
4. Mandiri
5. Gotong
    Royong

·    Menyimak  pemahaman  tentang  sifat Gereja yang apostolik.
·      Apa makna Gereja yang apostolik?
·      Mengapa disebut apostolik?
·      Apa ciri-ciri Gereja yang apostolik?
·      Apa wujud kegiatan keapostolikan Gereja?
·   Mencari informasi tentang sifat Gereja yang apostolik dari internet (website resmi Gereja Katolik), dari buku-buku tentang Gereja, atau mewawancarai tokoh-tokoh umat  yang paham tentang Gereja.
·   Mencari informasi tentang kegiatan-kegiatan  yang menunjukan  sifat Gereja yang apostolik
·    Mencari ajaran Kitab Suci  tentang  sifat Gereja yang apostolik   (misalnya; Kisah Para Rasul 2:41- 47).
·    Mencari ajaran Gereja tentang  sifat Gereja yang apostolik.
·   Menganalisis hasil  informasi tentang sifat Gereja yang apostolik  dari di internet (website resmi Gereja Katolik), di buku-buku tentang Gereja, atau hasil wawancara  dengan tokoh-tokoh umat.
·   Menganalisis  informasi kegiatan-kegiatan Gereja yang menunjukan  sifat Gereja yang apostolik
·    Merumuskan  ajaran Kitab Suci  tentang  sifat Gereja yang apostolik.
·    Menyimpulkan ajaran Gereja tentang  sifat Gereja yang apostolik.
·    Membuat  refleksi tentang Gereja yang Apostolik
·   Mempresentasikan hasil informasi tentang sifat Gereja yang apostolik.
·   Mensharingkan tentang kegiatan-kegiatan Gereja yang menunjukan  sifat Gereja yang apostolik
·    Mempresentasikan rumusan ajaran Kitab Suci  tentang  sifat Gereja yang apostolik.
·    Mempresentasikan kesimpulan dari ajaran Gereja tentang  sifat Gereja yang apostolik.
·    Mensharingkan   refleksi tentang Gereja yang Apostolik


1. Penilaian  Sikap     (Observasi dan    Penilaian diri)
2. Penilaian    Pengetahuan    (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)
3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk Kerja/    Produk/proyek/    portofolio ) 




1. Kis 2:41-47; Mat 28:19-20

2. Kementerian Pendidikan dan      Kebudayaan. 2017. Pendidikan     Agama Katolik dan Budi Pekerti     Buku Guru Kelas X.1 Jakarta:

3. Kementerian Pendidikan dan      Kebudayaan. 2017. Pendidikan      Agama Katolik dan Budi Pekerti      Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:

4. Pengalaman Iman Guru dan      Siswa
Mengetahui                                                                                              ......,.....................
Kepala Sekolah,                                Pengawas PAK,                            Guru Mata Pelajaran,

..........................                                ..........................                             ............................
NIP. ..................                                NIP. ..................                             NIP. .....................

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sifat-sifat Gereja (Silabus Agama Katolik Kelas XI Semester 3)"

Posting Komentar