RPP 2 Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Semester Genap - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

RPP 2 Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Semester Genap

Salam jumpa kembali di blog perangkat pembelajaran pendidikan agama Katolik tingkat SMA dan SMK. Pada kesempatan ini kami akan membagikan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

RPP yang dibagikan ini merupakan RPP 2 agama katolik kelas 12 semester genap. Pada awal semester Genap ini bapak dan ibu guru tentu mempersiapkan diri untuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran memang merupakan aktivitas atau rutinitas yang biasa. Namun perlu diingat bahwa guru harus tetap me-refresh aktivitas pembelajarannya.

Me-refresh aktivitas pembelajaran bertujuan agar pembelajaran menjadi kesempatan yang sangat menyenangkan bagi guru dan terutama bagi peserta didik yang dilayani. Dengan demikian guru haruslah menjadi pribadi pembelajar. Artinya, guru harus tetap belajar memperkuat karakter dan komptensi keilmuannya.

Foto oleh olia danilevich dari Pexels

Perkembangan zaman yang kian pesat menuntut guru yang lebih profesional dan kompeten dalam bidangnya, termasuk guru agama katolik. Aktivitas pembelajaran agama katolik haruslah selaras zaman. Penyajian pembelajaran agama katolik haruslah fleksibel sesuai dengan kondisi apa pun. Hal ini bertujuan agar pengajaran agama katolik benar-benar menyapa peserta didik.

Berhadapan dengan situasi saat ini, di mana aktivitas pembelajaran mengharuskan semua satuan pendidikan untuk profesional mengatur agar peserta didik tidak mengalami learning loss. Guru dituntut melakukan pembelajaran secara online atau daring. 

Jika bapak dan ibu guru tidak familiar dengan yang namanya komputer dan jaringan internet maka hal ini akan menciptakan masalah. Namun jika bapak dan ibu guru mahir dalam mengoperasi komputer dan biasa berselancar di dunia internet maka pembelajaran dari rumah bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan.

RPP yang kami bagikan berikut ini dirancang untuk aktivitas pembelajaran dari rumah atau dari mana saja sejauh masih terjangkau atau terkoneksi jaringan internet. Dengan demikian jangan heran jika media dan alat yang ditulis dalam RPP 2 ini antara lain HP android, laptop, zoom, google classroom, WA, telegram dan aplikasi lain yang sesuai.

RPP 2 ini mengulas kompetensi dasar tentang memahami  makna keterlibatan aktif  umat Katolik dalam membangun bangsa dan Negara Indonesia. Ada tiga materi pokok dalam kompetensi dasar ini yakni pertama, Membangun Bangsa dan Negara yang dikehendaki Tuhan ; kedua, Tantangan dan peluang umat Katolik dalam membangun Bangsa dan Negara seperti yang dikehendaki Tuhan; dan ketiga, Dasar Keterpanggilan Gereja dalam membangun Bangsa dan Negara.

RPP selngkapnya bisa LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Kami berharap RPP yang dibagikan ini menginspirasi bapak dan ibu guru dalam menyusun dan merencanakan pembelajaran. Kami sadar RPP yang dibagikan ini bukanlah RPP yang siap untuk dipakai. Karena bagaimana pun setiap guru dan satuan pendidikan mempunyai karakterstiknya masing-masing.

Kami tidak menawarkan sebuah perangkat yang siap pakai dengan harga-harga tertentu. Jika bapak dan ibu guru berkenan dengan RPP yang kami bagikan ini silakan dowonload secara mandiri dan gratis. Meskipun gratis, kami tetap berupaya untuk memberikan yang terbaik. Imbalan yang kami peroleh murni dari google adsense. Jangan heran jika ada iklan yang muncul di situs ini. Kami sadar setiap perjuangan pasti butuh waktu, tenaga dan sumber daya yang dimiliki.

Untuk itu, kunjungan dari bapak dan ibu guru beserta  kritik sarannya akan sangat kami hargai. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP 2 Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Semester Genap"

Posting Komentar