RPP 1 Agama Katolik Kelas 12 Semester Genap - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

RPP 1 Agama Katolik Kelas 12 Semester Genap

Ini merupakan postingan pertama di tahun 2022. Setelah hiruk pikuk dengan liburan Natal dan Tahun Baru 2022, pada kesempatan ini kami kembali memposting atau membagikan salah satu contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Agama Katolik kelas 12 semester genap.

RPP yang dibagikan ini merupakan RPP 1 untuk kompetensi dasar tentang memahami makna berdialog serta bekerja sama dengan umat beragama lain. RPP ini mempunyai tiga materi pokok antara lain pertama, memahami kehasan agama-agama di Indonesia; kedua, dialog antara umat beragama dan kepercayaan lain; dan yang ketiga, membangun persaudaraan sejati melalui kerja sama antarumat beragama dan kepercayaan lain. 

Ada enam kali pertemuan kegiatan belajar mengajar dalam RPP ini termasuk penilaian hariannya. untuk diketahui, RPP ini merupakan RPP berbasis TIK dalam arti pelaksanaannya secara online atau daring. Susunan RPPnya tidak berbeda dengan RPP tatap muka di dalam kelas. Namun bedanya, RPP ini menggunakan aplikasi zoom, WA untuk menjalin komunikasi dengan peserta didik.

Foto oleh Saint Ariman dari Pexels

Tentu saja ada kendala yang bakal dihadapi guru dan peserta didik pada waktu menerapkannya. Namun ketersediaan perangkat komunikasi dengan data yang cukup sangat memungkinkan hal ini bisa terlaksana. Jika hal ini tidak terpenuhi maka dapat membawa dampak buruk bagi ketercapaian kompetensi yang menjadi tujuan dari pembelajaran.

Kami sengaja membagikan RPP daring ini menngingat masih banyak sekolah atau lembaga pendidikan yang belum melaksanakan pembelajaran tatap muka di dalam kelas. Maka mau tidak mau guru harus tetap mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran secara online atau daring. Untuk maksud inilah maka RPP ini dibuat dan dibagikan kepada bapak dan ibu guru sekalian.

RPP selengkapnya bisa di LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Pada akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022 ini para guru juga sudah mendapat informasi tentang penerapan kurikulum yang baru guna menggantikan kurikulum 2013 yang saat ini masih dipakai di sekolah-sekolah. 

Sekolah kami memang belum menerapkan kurikulum baru 2022. Kami masih menggunakan kurikulum 2013. sebagai guru sudah pasti kita tidak menunggu kapan itu kurikulum diterapkan. Tetapi hemat kami guru itu harus tetap update dalam arti harus terus merefresh ilmunya dan terlebih cara mengajarnya yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Guru tidak lagi terpaku pada konsep-konsep ilmu pengetahuan sebagai mana yang tertulis dalam buku. Namun lebih dari itu guru harus sanggup menerapkan konsep dalam kehidupan sekaligus menemukan konsep-konsep baru yang dipakai untuk kemajuan. Dengan demikian pembelajaran mesti diarahkan ke arah hal yang bersifat project based learning.

Ini sekedar gambaran awal yang nantinya akan diulas dan dibagikan diblog ini. akhirnya salam sukses untuk bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di mana pun berada. Tetaplah jadi berkat di setiap kesempatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP 1 Agama Katolik Kelas 12 Semester Genap"

Posting Komentar