Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Tengah Semester Ganjil Pendidikan Agama Katolik Kelas 10 - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Tengah Semester Ganjil Pendidikan Agama Katolik Kelas 10

Penilaian tengah semester ganjil biasanya dilakukan oleh setiap satuan pendidikan pada akhir bulan Sepetember atau awal bulan Oktober pada semester yang sedang berjalan. Penilaian tengah semester ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik sekaligus mengevaluasi kegiatan pembelajaran selama tiga bulan pertama dari semester yang sedang berjalan.

Pada kesempatan ini akan disajikan salah satu contoh butir soal penilaian tengah semester ganjil untuk mata pelajaran pendidikan agama katolik dan budi pekerti kelas 10 Sekolah Menengah Atas. Soal yang akan dibagikan ini dilengkapi dengan kunci jawaban. Opsi jawaban yang dicetak tebal merupakan kunci jawabannya. Berikut sajian lengkapnya:

Satuan Pendidikan : (nama sekolah)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik & Budi Pekerti
Kurikulum : K13
Kelas/Program/Semester: X (1)
Jumlah Soal : 30 Nomor
Bentuk Soal : Pilihan Ganda

1. Setiap orang adalah pribadi yang unik berarti ….
A. Sama semuanya
B. Khas, Tidak ada duanya
C. Diciptakan Tuhan
D. Berbeda semuanya
E. Tidak ada bedanya

2. Sumber sejati keunikan pribadi manusia adalah ….

A. Allah sendiri
B. Para kudus
C. Orang tua
D. Malaikat
E. Keluarga

3. Ada sesuatu yang unik dan sulit dilukiskan, yang keluar dari diri kita sehingga orang mengatakan bahwa “Anda baik”, “peramah” dan “pengertian”, ini berkaitan dengan kekhasan yang kita miliki, yakni ….

A. Bakat
B. Keunikan
C. Kehebatan
D. Kemampuan 
E. Karakter dan sifat

4. Salah satu keunikan yang membedakan manusia dari ciptaan yang lain adalah ....

A. Memiliki kemampuan akal budi
B. Bisa hidup bersama orang lain
C. Mampu menguasai ciptaan yang lain
D. Memiliki organ tubuh yang sempurna
E. Diciptakan Allah pada hari yang keenam

5. Kej 2 : 7 mengisahkan bahwa “Tuhan Allah membentuk manusia dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup kedalam hidungnya.” Pesan perikop ini bagi kita adalah ....

A. Manusia harus bernafas
B. Semua manusia harus mati
C. Hidup kita adalah milik Tuhan 
D. Manusia hidup dari dirinya sendiri
E. Hanya manusia yang dipelihara oleh Tuhan

6. Menurut Kitab Kejadian 1:26-30, Allah menciptakan manusia secara khas dan istimewa karena …

A. Semua manusia sama di hadapan Allah
B. Manusia memiliki bakat dan kemapuan
C. Allah menciptakan manusia dengan mudah
D. Allah melihat segala sesuatu baik adanya
E. Segala sesuatu di dunia diberikan kepada manusia

7. Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan segala kemampuan dan bakat yang berbeda. Kemampuan dan bakat ini di dalam Kitab Suci disebut ....

A. Karunia
B. Anugerah 
C. Talenta
D. Keunikan 
E. Kemampuan

8. Dasar biblis (Kitab Suci) untuk pengembangan bakat dan kemampuan sebagaimana dilukiskan dalam Mat 25:14-30 adalah hamba yang ke -…

A. Pertama dan Ketiga
B. Kedua dan Ketiga
C. Ketiga dan Keempat
D. Keempat dan Kelima
E. Pertama dan Kedua

9. Kesadaran tentang kelebihan dan kekurangan diri membuat kita mampu menjadi pribadi yang seimbang sehingga kita terhindar dari sikap …

A. Rendah hati
B. Rendah diri
C. Rendah akal
D. Rendah sikap
E. Rendah amal

10. Kita hendaknya menerima diri seperti apa adanya, sebab Tuhan sudah menciptakan kita seperti adanya dan ….

A. Seperti ini
B. Berlebihan
C. Tidak lebih
D. Baik adanya
E. Tidak berlebihan

11. Keadaan fisik, mental dan spiritual dalam diri lebih disebabkan oleh pengaruh masyarakat. Hal ini merupakan penekanan aliran pembentuk kepribadian dilihat dari faktor ...dalam Aliran Faktor Pembentuk Kepribadian …

A. Keturunan
B. Gereja
C. Lingkungan
D. Keturunan dan Lingkungan
E. Keturunan dan Gereja

12. Tuhan telah memberikan talenta kepada setiap orang dan menghendaki agar talenta itu tidak didiamkan. Hal ini merupakan bagian dari tuntutan …

A. Pewartaan
B. Persahabatan
C. Pelayanan
D. Kristiani
E. Individual

13. Hambatan-hambatan penerimaan diri menjadi penghalang dalam pertumbuhan pribadi. Hambatan-hambatan itu antar lain …

A. Menerima diri apa adanya
B. Arogan dan superior
C. Terampil menggunakan bakat
D. Rendah hati dan suka menolong
E. Menyadari kelebihan dan kekurangan

14. Dalam Perumpamaan Tentang Talenta (Mat 25:14-30) Yesus mengajarkan tentang sikap yang tepat terhadap segala bakat dan kemampuan yang diberikan oleh Tuhan yaitu ....

A. Membiarkan talenta seperti apa adanya
B. Meningkatkan dan mengembangkannya
C. Berjuang menjadi kelompok yang terkenal
D. Menguburkannya dengan bersantai saja 
E. Meremehkannya karena tidak berguna

15. Kaum muda adalah harapan gereja dan tanah air. Ungkapan ini memberi pesan tentang peranan penting kaum muda untuk masa ....

A. Yang akan datang 
B. Masa lalu
C. Masa sekarang 
D. Masa sekarang dan yang akan datang 
E. Masa silam

16. Kebahagiaan terjadi ketika manusia mengenal dirinya dengan segala kelebihan dan kekurangannya dan bersikap ....

A. Menolak diri sendiri dan menjadi orang lain 
B. Merasa minder karena segala kekurangan 
C. Merasa diri mampu melakukan segalanya
D. Menerima kekurangan dan mengembangkan kelebihan 
E. Menyombongkan diri untuk menutupi kelemahan

17. Tuhan menciptakan kita dengan segala kelebihan dan kekurangan kita sekaligus dengan tujuan....

A. Menonjolkan kelebihan masing-masing
B. Menutup diri karena memiliki kekurangan
C. Saling melengkapi dan menolong
D. Berjuang sendiri tanpa membutuhkan sesama
E. Menolak kekurangan dan menerima kelebihan

18. Sikap yang kurang tepat terhadap kekurangan diri yang membawa kerugian bagi perkembangan pribadi....

A. Mencari cara untuk mengatasi kelemahan
B. Tidak dapat menerima diri karena terdapat banyak kekurangan yang dimiliki
C. Menerima diri kita apa adanya
D. Mengatasi kekurangan untuk perkembangan pribadi
E. Menempatkan diri secara baik dalam kebersamaan

19. Santu Paulus memberi petunjuk untuk  mengatasi hambatan-hambatan manusiawi kita karena sesungguhnya manusia diciptakan menurut kehendak baik Allah. Tanggapan kita atas kehendak baik Allah ini, yakni …

A. Rendah diri
B. Menerima diri
C. Superior
D. Arogan
E. Apatis

20. Kepada manusia Allah memberikan kemampuan untuk menata, melestarikan, mengembangkan serta menggunakan alam secara ….

A. Bertanggung jawab
B. Semena-mena
C. Berbela rasa
D. Sesuka hati
E. Bebas

21. Kemampuan manusia yang dapat merefleksikan kembali apa yang sedang ia lakukan, berarti dengan akal budi manusia dapat …..

A. Mengembangkan diri
B. Mengerti dan menyadari orang lain
C. Mengerti dan menyadari diri sendiri
D. Mengerti dan menyadari sesama ciptaan
E. Mengerti dan menyadari apa yang di luar dirinya

22. Manusia dapat membangun hubungan yang khas dengan sesamanya karena manusia dapat bertemu dan mengalami kebersamaan serta persahabatan dengan ….

A. Tuhan
B. Malaikat
C. Orang lain
D. Ciptaan lain
E. Orang kudus

23. Kemampuan untuk bertindak dengan tidak ada paksaan berarti …..

A. Kehendak bebas
B. Kesenangan
C. Keinginan
D. Kemauan
E. Kesukaan

24. Tindakan moral hanya dapat dibuat oleh manusia, sebab hanya manusia dapat bertindak dengan …..

A. Semaunya
B. Sesukanya
C. Seperlunya
D. Tahu dan mau
E. Sekehendaknya

25. Tuhan menghendaki supaya alam ini, selain digunakan oleh manusia juga ditata dan ….

A. Dibakar
B. Digunduli
C. Dilestarikan
D. Dihancurkan
E. Dibumihanguskan

26. Tak seorang manusia pun yang  dapat hidup dan berkembang tanpa kebersamaan dengan orang lain sehingga ia disebut ....

A. Makhluk pribadi
B. Makhluk asing
C. Makhluk tertutup
D. Makhluk sosial
E. Makhluk istimewa

27. Dibawah ini adalah wujud kita melaksanakan kuasa yang diberikan Tuhan secara benar atas segala ciptaan....

A. Membiarkan alam ciptaan seperti aslinya
B. Menebang hutan demi pembangunan
C. Mengeksploitasi alam sehabis-habisnya
D. Menguasai sambil melestarikannya
E. Membakar hutan untuk tujuan yang baik, berkebun

28. Tiga kemampuan dasar yang dimiliki manusia, yakni kemampuan…

A. Berkomunikasi, Melindungi dan Melestarikan
B. Berbahasa, Melindungi dan Melestarikan
C. Akal budi, Kehendak Bebas dan Menguasai alam
D. Akal budi, Melindungi dan Melestarikan
E. Akal budi, Melestarikan dan Kehendak Bebas

29. Manusia Diciptakan Allah Menurut Citra-Nya. Manusia merupakan Citra Allah artinya ....

A. Rupa dan Gambar Allah tidak sama dengan rupa manusia
B. Allah mempunyai rupa dan gambar yang berbeda dengan manusia
C. Manusia mempunyai derajad yang sama dengan Allah
D. Rupa dan gambar manusia tidak berbeda dengan rupa dan gambar Allah sendiri
E. Manusia adalah wakil Allah yang kelihatan di dunia

30. Tuhan berfirman : “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa kita...” sebagaimana yang terdapat dalam Kitab ...

A. Kej 1: 29
B. Kej 1: 28
C. Kej 1: 26
D. Kej 1: 25
E. Kej 1: 30

Demikian soal-soal ini dibuat guna menambah perbendaharaan soal bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran agama katolik kelas 10. Usul dan saran untuk perbaikan lebih lanjut bisa disampaikan di kolom komentar. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Tengah Semester Ganjil Pendidikan Agama Katolik Kelas 10"

Posting Komentar