Soal Penilaian Akhir Semester Agama Katolik Kelas 11 Semester 3 - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Soal Penilaian Akhir Semester Agama Katolik Kelas 11 Semester 3

Menjelang akhir semester para guru sibuk dengan penyusunan soal penilaian akhir semester. Soal yang disusun atau dibuat tentu saja harus disesuaikan dengan konteks satuan pendidikan masing-masing. Meski demikian, hemat saya pembuatan soal harus juga memperhatikan kaidah atau aturan penyusunan soal. Penyusunan soal ini harus mengacu pada kisi-kisi soal terlebih dahulu. 

Dalam kisi-kisi soal secara lengkap dicantumkan kompetensi dasar, materi, indikator pencapaian kompetensi, stimulus, indikator butir soal, level kognitif dan nomor soal. Para guru harus mengacu pada kisi-kisi ini pada saat menyusun atau membuat soal. Dengan demikian guru tidak serta merta membuat soal begitu saja tanpa ada acuan atau mendownload saja soal-soal siap pakai yang ada di internet.

Komponen kisi-kisi soal yang disampaikan di atas bisa saja berbeda dengan untuk masing-masing sekolah. Namun yang dikemukakan di atas merupakan hal-hal baku yang wajib ada dalam komponen kisi-kisi soal.

Akhir semester

Pada kesempatan ini, saya tidak membagikan lagi kisi-kisi yang dilengkapi soal. Saya hanya membagikan soalnya saja dan tanpa kunci jawaban. Saya sengaja tidak mencantumkan kunci jawaban agar bapak dan ibu guru atau pun peserta didik yang beragam katolik bisa aktif mencari jawabannya. Dengan itu, proses belajar akan terjadi dengan baik. 

Proses belajar ini bisa dipahami sebagai keadaan dimana setiap orang berjuang untuk menemukan kebenaran jawaban dari setiap soal yang ada. Dan, atau upaya untuk memberikan catatan kritis terhadap pernyataan atau teori-teori yang ada.

Perlu diketahui bahwa ada 50 butir soal yang akan saya bagikan pada kesempatan ini. Rinciannya adalah 45 nomor soal pilihan ganda dan 5 nomor soal uraian. Semua soal mengacu pada komponen kisi-kisi yang sudah disampaikan di atas.

Untuk melihat dan mendownload soal penilaian akhir semester agama Katolik kelas 11 semester 3 ada DI SINI

Demikian bentuk atau contoh soal penilaian akhir semester pendidikan agama katolik kelas 11 semester 3. Kiranya memberikan manfaat atau daya guna bagi bapak dan ibu guru juga peserta didik dalam mendalami pelajaran agama katolik di sekolahnya.

Sadar sebagai manusia yang juga memiliki keterbatasan, maka soal-soal yang yang saya susun dan bagikan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu segala kritik, saran yang membangun sangat diharapkan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Penilaian Akhir Semester Agama Katolik Kelas 11 Semester 3"

Posting Komentar