Tugas-tugas Gereja (RPP KD 4 Agama Katolik Kelas XI Semester 3) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Tugas-tugas Gereja (RPP KD 4 Agama Katolik Kelas XI Semester 3)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk kelas sebelas semester tiga yang dibagikan berikut ini berkaitan dengan kompetensi dasar yang keempat (kd 4) tentang memahami tugas pokok gereja sesuai dengan kedudukan dan peranannya sebagai murid Yesus Kristus. 

Kompetensi dasar (kd) ini memuat materi pokok tentang tugas-tugas gereja, yakni menguduskan, mewartakan, bersaksi, membangun persekutuan dan melayani. Kalau melihat banyaknya pokok materi pada kd ini maka sudah bisa dipastikan bahwa cakupan materinya sangat kompleks. Hal ini juga menentukan bagaimana strategi guru dalam menjabarkannya dalam bentuk langkah-langkah pembelajaran.

Sejauh pengalaman yang saya lakukan, dalam RPP ini saya membaginya ke dalam enam kali pertemuan untuk lima pokok materi di atas. Rinciannya adalah lima kali pertemuan untuk membahas masing-masing pokok materi dan satu kali pertemuan untuk evaluasi atau penilaian. 

gereja katolik

Ada pun durasi waktu untuk masing-masing pertemuan adalah tiga kali empat puluh lima menit. Dengan demikian, jika dikalkulasikan dengan jumlah pertemuan maka jumlah waktu secara keseluruhan menjadi delapan belas dikalikan dengan empat puluh lima menit.

Tentu saja bapak dan ibu guru bisa menghitung sendiri alokasi waktu kegiatan pembelajarannya seturut kondisi satuan pendidikan di tempat masing-masing. Kalaupun bapak dan ibu guru mengikuti seperti alokasi waktu yang saya buat dalam RPP yang saya bagikan ini, hemat saya tidak ada salahnya juga.

Namun saya tetap ingin menekankan agar kita sebagai guru bisa mengkondisikannya seturut kesanggupan kita masing-masing. RPP selengkapnya silakan bapak dan ibu guru melihat dan mendownloadnya di sini

Demikian RPP ini dibuat untuk bisa dijadikan sebagai bahan perbandingan atau referensi bapak dan ibu guru Agama Katolik dalam menyusun RPP. Terima kasih, selamat berkarya, Tuhan memberkati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas-tugas Gereja (RPP KD 4 Agama Katolik Kelas XI Semester 3)"

Posting Komentar