Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Agama Katolik Kelas X Semester 1 - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Agama Katolik Kelas X Semester 1

Menerapkan konsep standar kompetensi lulusan ke dalam bentuk administrasi boleh dibilang gampang-gampang susah. Gampang bagi guru yang sering membuatnya dalam bentuk file dokumen tetapi akan terasa susah bagi guru yang sama sekali enggan menulisnya. Tentu semua punya macam-macam alasan dengan aneka pertimbangan yang rasional. Dalam konteks ini tidak ada yang salah. Semuanya benar adanya.

Pada kesempatan ini saya ingin membagikan file pemetaan standar kompetensi lulusan yang sudah dijabarkan ke dalam kompetensi dasar, indikator, tahapan berpikir (ingat Taksonomi Bloom), materi pokok, ruang lingkup materi, dan alokasi waktu pembelajaran.

Bagi saya, pembuatan administrasi ini membutuhkan sedikit ketekunan dan kerendahan hati untuk menjabarkan atau memetakan semua komponen yang ada sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Dibutuhkan kerendahan hati karena ada godaan kuat bahwa pekerjaan ini tergolong remeh dan gampangan.

Kompetensi Lulusan

Download juga: Pemetaan Standar Kompetensi Lulusan, Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Katolik Kelas XII Semester 5 K13

Sebab, sesungguhnya orang akan lebih memilih pekerjaan yang yang cepat dan langsung mendatangkan uang dari pada pekerjaan yang hanya dinilai secara administratif. Itulah sebabnya saya mengatakan bahwa untuk menyelesaikan pekerjaan pemetaan SKL, KI, KD dan Indikator membutuhkan kerendahan hati.

Maaf bukan bermaksud untuk menggurui tetapi sekedar ingin mengingatkan satu sama lain. Saya juga menyadari jika apa yang saya kerjakan ini masih jauh dari kata sempurna. Meski demikian saya masih merasa terpanggil untuk membagikannya agar bisa menjadi pelajaran atau sebagai bahan referensi bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan.

Pemetaan SKL, KI, KD dan Indikator selengkapnya bisa dilihat dan di dowonload di sini

Jika bapak dan ibu guru ingin mendapatkan update terbaru berkaitan dengan seluruh perangkat pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, silakan masukan email yang aktif dan klik tombol subscribe di bawah ini. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Agama Katolik Kelas X Semester 1"

Posting Komentar