JavaScript

JavaScript

Pemetaan Standar Kompetensi Lulusan, Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Katolik Kelas XII Semester 5 K13

Pemetaan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mungkin saja banyak diabaikan oleh para guru umumnya. Kecenderungan para guru hanya mencari atau menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal ini jelas terbaca dari begitu banyaknya animo para guru untuk mencarinya di internet. 

Sejujurnya, ketika saya aktif ngeblog tentang perangkat pelajaran khususnya pelajaran Agama Katolik, email dan chat messenger saya penuh dengan permintaan RPP satu lembar. Pada hal pemahamannya, RPP itu bukan satu lembar tetapi disederhanakan. 

Pada bagian ini saya tidak menjelaskan tentang RPP yang disederhanakan itu. Saya sendiri sedang menyelesaikannya, dan yang pasti akan saya bagikan di blog ini. Pada kesempatan ini saya hanya berfokus pada salah satu administrasi yang harus dikerjakan oleh guru, yakni Pemetaan SKL, KI dan KD.

para siswa

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) itu sendiri adalah sebuah kriteria mengenai kualifikasi kempampuan lulusan yang mencakup sikap (spiritual dan sosial),pengetahuan dan keterampilan. SKL ini dipakai sebagai acuan utama bagi lembaga pendidikan dalam pengembangan delapan standar pendidikan.

Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang mesti dimiliki oleh siswa atau peserta didik pada setiap jenjang kelas. Kompetensi inti ini menjadi landasan atau dasar untuk pengembangan kompetensi dasar (KD).

Download juga: Pemetaan SKL, KI, KD, Pendidikan Agama Katolik Kelas XI Semester 3 Kurikulum 13

Dan Kompetensi Dasar (KD) merupakan sebuah rumusan yang mengandung kemampuan berpikir dan bertindak serta materi pengajaran. Selanjutnya KD diuraikan dalam bentuk indikator pencapaian kompetensi, butir-butir materi, kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Ini sedikit pemahaman tentang SKL, KI dan KD. Saya yakin bapak dan ibu guru pasti lebih pandai menjabarkan atau menjelaskannya kembali. Pemetaan SKL yang saya bagikan ini memuat beberapa kolom yakni kolom Kompetensi Dasar, tahapan berpikir (berdasarkan Taksonomi Bloom), indikator, materi pokok, ruang lingkup dan alokasi waktu.

Saya yakin setiap sekolah memiliki pemahamannya sendiri. Oleh karena itu bisa berbeda dengan pemetaan yang saya bagikan berikut ini. Namun, itu bukan masalah. Silakan bapak dan ibu guru membandingkannya dengan administrasi yang bapak dan ibu guru sudah buat. Jika belum membuatnya, silakan mendownloanya di sini

Semoga bermanfaat. Jangan lupa berlangganan dengan klik tombol subscribe di bawah artikel ini agar mendapatkan info terbaru dari saya. Terima kasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemetaan Standar Kompetensi Lulusan, Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Katolik Kelas XII Semester 5 K13"

Posting Komentar