JavaScript

JavaScript

Suara Hati (RPP 4 Pendidikan Agama Katolik Kelas X Semester 1)

Pada kesempatan ini saya akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang keempat untuk Kompetensi Dasar (KD) tentang memahami peran dan fungsi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat. RPP ini memuat materi pokok tentang Suara Hati dengan sembilan indikator yang ingin dicapai.

Komponen yang termuat dalam RPP ini mencakup identitas satuan pendidikan, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi ajar, sumber belajar, metode dan model pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, penilaian dan beberapa lampiran.

Berdasarkan cakupan di atas, jelas jika RPP yang di susun ini tidak sesuai dengan surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Diketahui bahwa RPP yang disederhanakan itu hanya mencakup tiga komponen utama yakni tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran dan penilaian atau assessment.

Pendidikan Agama Katolik
Siwa SMA PGRI Waingapu
(Foto Dokpri)

Baca juga:Keluhuran Manusia sebagai Citra Allah (RPP 3 Kelas X SMA Semester 1)

Namun untuk saat ini saya masih memilih bentuk RPP lama karena sekolah tempat saya mengabdi, masih menerapkan model RPP lama. Ini bukan tanpa sebab. Penyebab utamanya adalah ada keraguan dari pihak satuan pendidikan dalam hal ini kurikulum tingkat sekolah untuk menerapkannya secara utuh.

Selain karena sudah mapan dengan keadaan yang ada, juga karena tidak berani untuk menyesuaikan dengan keadaan yang baru. Karena itu, saya tidak memaksa bapak dan ibu guru untuk memakai RPP yang saya bagikan ini. 

Jika Sekolah bapak dan ibu guru belum cukup paham untuk menerapkan  RPP yang baru atau merasa jika RPP lama lebih baik dan lengkap, maka RPP yang saya bagikan ini bisa dijadikan referensi.

RPP yang selengkapnya bisa di lihat dan didownload di sini Suara Hati (RPP 4 Kelas X Semester 1)

Demikian RPP keempat berkaitan dengan materi pokok tentang Suara Hati. Semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu guru yang tidak memiliki waktu yang cukup dalam menyelesaikan perangkat pembelajaran utamanya pendidikan Agama Katolik dan budi pekerti tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat (SMK).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suara Hati (RPP 4 Pendidikan Agama Katolik Kelas X Semester 1)"

Posting Komentar