Kitab Suci Dan Tradisi Gereja (Silabus PAK Kelas X Semster 1) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Kitab Suci Dan Tradisi Gereja (Silabus PAK Kelas X Semster 1)

Berikut ini akan saya bagikan silabus pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas Sepuluh (X) semester satu. Silabus ini berkaitan dengan materi ajar tentang Kitab Suci (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) dan Tradisi dalam Gereja Katolik.

Untuk selengkapnya perhatikan tabel berikut:

SatuanPendidikan: ................................

Kelas/Semester    : ................................

Tahun Pelajaran   : ................................

Kompetensi Inti (KI)

KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


KI 2 Mengembangkan   perilaku  (  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli,   santun,  ramah  lingkungan,Gotong  royong,  kerjasama, cinta  damai,  responsif  dan  pro-aktif)  dan menunjukan   sikap  sebagai bagian dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  bangsa  dalam  berinteraksi secara  efektif  dengan lingkungan   sosial  dan  alam    serta  dalam  menempatkan  diri   sebagai  cerminan  bangsa   dalam pergaulan dunia.

Kitab Suci

KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural  dalam  ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk  memecahkan masalah.

 KI 4 Mengolah,  menalar,  dan   menyaji    dalam   ranah   konkret   dan   ranah   abstrak   terkait   dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar

Materi

Pembelajaran

Ruang Lingkup

Nilai Karakter

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

 

1.6. Beriman kepada Allah melalui Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani.

 

2.6. Responsif dan proaktif dalam mengembangkan pemahaman tentang ajaran   Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani

3.6. Memahami Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani

 

4.6.Melakukan aktivitas (misalnya menulis refleksi/ slogan/puisi/ kata bermakna) tentang Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani

 

 

 

Kitab  Suci Perjanjian Lama

 

Gereja

 

1. Religius

2. Nasionalis

3. Integritas

4. Mandiri

5. Gotong

    Royong

 

·     Menyimak proses terbentuknya suatu keyakinan pada suatu suku dalam sebuah cerita legenda, misalnya: legenda Tangkuban Parahu .

·      Menanya hal-hal yang berkaitan dengan cerita legenda yang dibaca

·    Mengumpulkan informasi terbentuknya keyakinan beberapa suku di Indonesia dari cerita-cerita legenda.

·    Mengumpulkan  informasi tentang ajaran/nilai/norma yang hendak diwariskan melalui cerita legenda, relevansi ajaran/nilai/norma yang terdapat dalam cerita legenda bagi manusia zaman sekarang

·    Mencari informasi tentang proses tersusunya Kitab Perjanjian Lama, menyangkut: pengertian tradisi lisan, tahun penulisan, kitab-kitab Perjanjian Lama, pengelompokkan Kitab Perjanjian Lama

·    Mengumpulkan informasi tentang proses terjadinya Kitab Suci Perjanjian Lama yang berisi ajaran iman bangsa Israel.

·     Menyimpulkan proses terjadinya Kitab Suci Perjanjian Lama dan kedudukan Perjanjian Lama dalam iman Israel

·     Menuliskan  refleksi   tentang Kitab Suci Perjanjian Lama berdasarkan teks Kitab Kejadian   3: 6 – 10

·     Membuat bagan penyusunan  Kitab – kitab  Perjanjian Lama  (Perpustakaan).

·     Merencanakan niat untuk membaca Kitab Suci Perjanjian Lama  dengan baik.

·         Mensharingkan hasil refleksi atas kutipan Perjanjian Lama

·        Memajangkan bagan Perjanjian Lama

 

1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)

 

2. Penilaian    Pengetahuan    (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)

 

3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk Kerja/  Produk/proyek/    portofolio )  

 

 

 

20 x 45 Menit

(18 x 45 menit JP + 2 x 45 menit UH)

 

1.Kej 2:7; 18;21-24; 1:1-36

 

2. Kementerian Pendidikan dan     Kebudayaan. 2017. Pendidikan   Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X. Jakarta:

   

3. Kementerian Pendidikan dan    Kebudayaan. 2017. Pendidikan    Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X. Jakarta:

 

4. Pengalaman Iman Guru dan    Siswa

 

 

 

Kitab Suci Perjanjian Baru

 

 

Gereja

 

1. Religius

2. Nasionalis

3. Integritas

4. Mandiri

5. Gotong

Royong

 

Menyimak  puisi atau cerita yang mengungkapkan bahwa pesan tertentu dapat disampaikan melalui gaya penulisan , misalnya puisi “Untuk Sang Kekasih” dan  cerita “Satu peristiwa dua sudut pandang”

Menanya hal-hal yang berkaitan dengan pesan pokok yang mau disampaikan penulis melalui puisi atau cerita

·    Mengumpulkan informasi tentang bentuk atau gaya sastra yang dipergunakan dalam Perjanjian Baru

·    Mengumpulkan informasi tentang pesan pokok yang mau disampaikan oleh penulis melalui tulisan Perjanjian baru

·    Mengumpulkan insformasi tentang arti  Perjanjian baru dalam Kitab Suci Perjanjian Baru, sejarah penulisannya,

·    Mengelompokkan isi kitab suci Perjanjian Baru dari  dari  buku-buku referensi tentang Kitab Suci Perjanjian Baru atau dari buku Kitab Suci Perjanjian Baru itu sendiri.

·    Merumuskan gagasan-gagasan pokok tentang  Kitab Suci Perjanjian Baru .

·    Berlatih memahami pesan Kitab Suci Perjanjian Baru

·    Membuat pengelompokkan Kitab Suci Perjanjian Baru.

·    Merumuskan refleksi tentang peranan Kitab Suci Perjanjian Baru bagi kehidupan imannya

·     Membuat niat pribadi untuk membaca kitab  suci setiap hari mengikuti bacaan-bacaan yang tertera di kalender liturgi.

·    Membuat iklan yang berisi ajakan untuk membaca Kitab Suci Perjanjian Baru

·     Mensharingkan hasil refleksinya tentang pernanan Kitab Suci Perjanjian Baru bagi kehidupan imannya

·     Mempresentasikan bagan pustaka Kitab Suci Perjanjian Baru dan memajang hasilnya pada tempat yang disediakan

·     Memajang iklan tentang ajakan untuk membaca dan mendalami kitab suci.

 

1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)

 

2. Penilaian    Pengetahuan    (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)

 

3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk Kerja/    Produk/proyek/    portofolio )  

 

 

 

 

 

1.Mat 14:13-21; Luk 1:1-4; 2Yoh 5:1-5; 1Kor 4:6-21; Kis 7:54-60;    Yoh 7:37-44; Luk 17:11-19

 

2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X. Jakarta:

   

3. Kementerian Pendidikan dan    Kebudayaan. 2017. Pendidikan  Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X. Jakarta:

 

4. Pengalaman Iman Guru dan    Siswa

 

 

 

 

Tradisi

 

Gereja

 

1. Religius

2. Nasionalis

3. Integritas

4. Mandiri

5. Gotong

    Royong

 

·      Mengamati salah satu tradisi yang masih hidup dalam masyarakat, misalnya: “Upacara Syukuran Suku Dayak Meratus”  dan tradisi dalam gereja Katolik “Jalan salib”

·       Menanya hal-hal yang berkaitan dengan tradisi Upacara Syukuran Suku Dayak Meratus  dan Jalan salib, misalnya: tujuan tradisi itu diadakan, siapa saja yang terlibat, jalannya upacara, mengapa masih dilakukan?

·   Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang tradisi-tradisi yang masih hidup di daerah mereka, baik berupa upacara atau kebiasaan

·   Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang tradisi-tradisi yang sudah tidak dijalankan; dan mencari alasan mengapa tradisi tersebut diringgalkan

·   Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang tanggapan kaum muda terhadap tradisi yang ada dalam masyarakat

·   Mengumpulkan  informasi dari berbagai sumber aneka tradisi  dalam Gereja Katolik

·   Mengumpulkan informasi tentang pengertian dan  fungsi tradisi dalam Gereja Katolik dan pandangan Gereja tentang tradisi

·     Membandingkan pengetahuan dan penghayatan selama ini tentang tradisi dalam masyarakat dan tradisi dalam Gereja  dengan gagasan-gagasan baru yang diperoleh dalam pembelajaran

·     Membuat rangkuman tertulis tentang hal-hal baru yang diperoleh dalam pembelajaran tentang Tradisi

·     Membuat refleksi tengtang keluhuran tradisi dalam Gereja Katolik yang perlu dihormati

·   Mensharingkan hasil refleksi dalam kelompok

 

1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)

 

2. Penilaian    Pengetahuan    (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)

 

3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk Kerja/    Produk/proyek/    portofolio )  

 

 

 

 

 

1. Yoh 21:24-25; 2Kor 1:30; 3:16-    4:6; 1Yoh 3:2; 2Tes2:15

 

2. Kementerian Pendidikan dan    Kebudayaan. 2017. Pendidikan  Agama Katolik dan Budi Pekerti    Buku Guru Kelas X. Jakarta:

   

3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan  Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X. Jakarta:

 

4. Pengalaman Iman Guru dan    Siswa

 


Mengetahui                                                                                                               .............................
Kepala Sekolah,                                    Pengawas PAK,                                          Guru Mata Pelajaran,


...........................                                    ........................                                            ................................
NIP. ...................                                    NIP. ................                                            NIP. ........................        

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kitab Suci Dan Tradisi Gereja (Silabus PAK Kelas X Semster 1)"

Posting Komentar