Bersikap Kritis dan Bertanggung Jawab Terhadap Pengaruh Media Massa (Silabus PAK X Semester 1) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Bersikap Kritis dan Bertanggung Jawab Terhadap Pengaruh Media Massa (Silabus PAK X Semester 1)

Silabus pelajaran Agama Katolik berikut ini mencakup dua materi ajar, yakni Bersikap Kritis dan bertanggungjawab terhadap pengaruh media massa dan materi yang kedua yakni bersikap kritis terhadap ideologi dan gaya hidup yang berkembang dewasa ini.

Satuan pendidikan :  .................................
Kelas/semester      : .................................
Tahun pelajaran   : ...................................
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 Mengembangkan   perilaku  (  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli,   santun,  ramah  lingkungan,Gotong  royong,  kerjasama, cinta  damai,  responsif  dan  pro-aktif)  dan menunjukan   sikap  sebagai bagian dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  bangsa  dalam  berinteraksi secara  efektif  dengan lingkungan   sosial  dan  alam    serta  dalam  menempatkan  diri   sebagai  cerminan  bangsa   dalam pergaulan dunia

Bertanggung jawab

KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural  dalam  ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk  memecahkan masalah.

KI 4 Mengolah,  menalar,  dan   menyaji    dalam   ranah   konkret   dan   ranah   abstrak   terkait   dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar

Materi

Pembelajaran

Ruang Lingkup

Nilai Karakter

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.5. Bersyukur  kepada Allah atas kemampuan bersikap kritis  terhadap  perkembangan mass media, ideologi dan gaya hidup.

 

2.5. Bersikap kritis terhadap pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang

 

3.5.Memahami perlunya  sikap  kritis dan bertanggung-jawab terhadap pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang

 

 4.5. Melakukan aktivitas (misalnya menulis refleksi/puisi/doa) ) tentang sikap kritis dan bertanggungjawab terhadap pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang.

 

 

Bersikap kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh media massa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pribadi

 

1. Religius

2. Nasionalis

3. Integritas

4. Mandiri

5. Gotong

    Royong

 

·     Mengamati beberapa gambar/ foto yang memperlihatkan keasyikan remaja menggunakan berbagai sarana media massa.

·     Menyimak artikel berjudul: “Remaja korban Media, betulkah?”

·     Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan gambar/ foto yang diamati, misalnya: Situasi apa yang hendak dilukiskan oleh gambar/ foto-foto yang kamu amati? Apakah situasi tersebut sudah menjadi gejala umum di lingkunganmu?Apa itu media massa?

·     Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan gambar/ artikel yang dibaca, misalnya: gagasan penting apa yang diungkapkan dalam artikel tersebut?

·      Menyampaikan pandangan dan pengalaman sendiri dalam menggunakan media-massa

·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang jenis media massa yang ada dalam masyarakat; dampak positif dan negatif media massa, contoh kasus remaja korban media, kiat menggunakan media massa secara bijak.

·      Mengumpulkan informasi tentang ajaran Gereja berkaitan dengan sikap kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh media massa, dengan mendalami dekrit Inter Mirifica, art. 9 dan 10 dan ajakan pimpinan Gereja

·      Menuliskan gagasan-gagasan baru yang diperoleh dalam proses pembelajaran

·      Membandingkan atau menilai sikap dirinya selama ini dalam menggunakan media –massa dengan gagasan baru yang diperoleh dalam proses pembelajaran

·      Menuliskan niat yang akan dilakukan dalam bersikap terhadap media-massa

·      Menuliskan refleksi tentang  bersikap kritis dan bertanggung  jawab serta bijak  terhadap pengaruh media massa.

·      Menulis motto hidup  berkaitan dengan pengaruh media massa pada era digital saat ini, misalnya “No Signal, Life Go On”.

·     Mensharingkan hasil refleksi dan niat yang akan dilakukan kepada temannya

·     Memajang motto yang telah dibuat

 

1. Penilaian  Sikap   (Observasi dan  enilaian diri)

2. Penilaian    Pengetahuan   (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)

3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk Kerja/      Produk/proyek/     portofolio )   

 

 

11 x 45 Menit (9 x 45 menit JP + 2 x 45 menit UH

 

1.Mrk 2:23-28; GS art. 16

 

2. Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan. 2017. Pendidikan   Agama Katolik dan Budi Pekerti   Buku Guru Kelas X. Jakarta:

   

3. Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan. 2017. Pendidikan   Agama Katolik dan Budi Pekerti   Buku Siswa Kelas X. Jakarta:

 

4. Pengalaman Iman Guru dan      Siswa

 

 

 

Bersikap kritis terhadap ideologi dan gaya hidup yang berkembang dewasa ini

 

 

Pribadi

 

1. Religius

2. Nasionalis

3. Integritas

4. Mandiri

5. Gotong

    Royong

 

·     Mengamati foto-foto yang menggambarkan trend gaya hidup orang muda zaman sekarang

·     Menyimak artikel berjudul “Fenomena K-POP”.

·       Menanya hal-hal yang berkaitan dengan foto yang menggambarkan gaya hiduo orang muda sekarang dan artikel berjudul “Fenomena K-POP”, misalnya:

-        Gaya hidup apa saja yang ditampilkan dalam foto maupun artikel tersebut ?

-        Sejauhmana hal tersebut terjadi dalam lingkungan sekitar?

-        Apa dampak positf dan negatif yang ditimbulkan dari gaya hidup semacam itu ?

·      Menyampaikan pengalaman sendiri berkaitan dengan sikap dirinya terhadap gaya hidup, trend, ideologi yang berkembang dalam kehidupan remaja zaman sekarang

·      Mengumpulkan informasi dari buku, koran, majalah atau internet tentang berbagai fenomena/ wujud gaya hidup, trend dan ideologi  yang berkembang dalam kehidupan remaja zaman sekarang, ( gaya hidup, misalnya:  konsumeristik,hedonistik dan materilistik; trend: pakaian, mode rambut, barang-barang yang dimiliki; ideologi/ filosofi remaja,  misalnya: prinsip “yang penting happy”,

·      Mencari informasi tentang sikap-sikap remaja terhadap  gaya hidup, trend, dan ideologi yang berkembang saat ini

·     Mencari pandangan Kitab Suci  tentang sikap kritis Yesus terhadap ideologi,  dan gaya hidup yang berkembang pada zaman-Nya (misalnya  dalam Injil  Matius 23: 1-36 dan 22: 23-33).

·     Membandingkan sikap, pandangan dirinya dan remaja pada umumnya terhadap gaya hidup, trend dan ideologi dengan ajaran Kitab Suci berkaitan dengan hal tersebut.

·     Merumuskan sikap baru yang perlu diperkembangkan dalam hidup menghadapi gaya hidup, trend dan ideologi 

·     Merumuskan kedua hal di atas dalam bentuk refleksi tertulis

·     Merumuskan kesimpulan  dalam bentuk Iklan yang berisi ajakan atau pernyataan berkaitan dengan sikap kritis menghadapi gaya hidup, trend dan ideologi 

·     Mensharingkan hasil refleksi kepada teman-temannya

·     Memajang Iklan pada tempat yang disediakan

 

1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)

2. Penilaian   Pengetahuan    (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)

3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk Kerja/     Produk/proyek/     portofolio )  

 

 

 

 

 

1.Luk 4:1-13; Mat 13:1-36

 

2. Kementerian Pendidikan dan     Kebudayaan. 2017. Pendidikan   Agama Katolik dan Budi Pekerti   Buku Guru elas X. Jakarta:

   

3. Kementerian Pendidikan dan      Kebudayaan. 2017. Pendidikan      Agama Katolik dan Budi Pekerti    Buku Siswa Kelas X. Jakarta:

 

4. Pengalaman Iman Guru dan      Siswa

 


Mengetahui                                                                                                                                                                                                  
Kepala Sekolah,                                 Pengawas PAKat,                                 Guru Mata Pelajaran,


   ..............................                          ...........................................                     ..............................
   NIP. ......................                         NIP. ....................................                    NIP. ......................

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bersikap Kritis dan Bertanggung Jawab Terhadap Pengaruh Media Massa (Silabus PAK X Semester 1)"

Posting Komentar