Ekspresi Nona Sumba dalam Balutan Kain Tenunan Tradisional - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Ekspresi Nona Sumba dalam Balutan Kain Tenunan Tradisional



Selain dikenal memiliki keindahan alam dan perempuan cantik yang mempesona mata, Sumba Timur juga terkenal dengan kain tenunan.

Kain tenunan Sumba sudah terkenal luas secara nasional maupun tingkat internasional. Motif tenunan yang bervariasi serta aneka warna yang mencolok menambah pesonanya.

Namun proses pembuatan kain tenunan ini bukanlah mudah. Para penenun melalui beberapa tahap yang harus dilewati hingga menghasilkan sebuah tenunan.

Proses itu dimulai dari pengambilan akar pohon mengkudu untuk pewarnaannya. Selanjutnya akar tersebut diolah hingga menghasilkan warna tertentu. Selanjutnya benang yang sudah dipintal direndam ke dalam wadah yang berisi air hasil olahan akar mengkudu tadi. Kemudian, dikeringkan dan siap untuk ditenun sesuai dengan motif yang sudah direncanakan.

Karena prosesnya yang lama maka tidaklah mengherankan jika harga kain tenunan ini sangatlah mahal. Namun harga bukanlah ukuran utama tetapi keindahan serta kualitas kain yang didapatkan, itulah yang menjadi tolok ukurnya.

Bukan cuma itu, nilai ketekunan, kesabaran serta kerja keras untuk menghasilkan kain tenunan yang sempurna layak diteladani oleh generasi mana pun. Untuk maksud itulah, nominal harga tentu tidak sebanding dengan nilai karakter yang hendak ditanamkan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ekspresi Nona Sumba dalam Balutan Kain Tenunan Tradisional"