Semarak Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar SMA PGRI Waingapu - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Semarak Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar SMA PGRI Waingapu

Natal merupakan perayaan kegembiraan bagi umat kristiani di seluruh dunia. Umat kristiani bergembira karena Allah berkenan menjelma menjadi manusia dalam bayi mungil Yesus Kristus. Dia adalah Sang Juru Selamat dunia. Ini menjadi fakta iman yang tidak terbantahkan. Moment kegembiraan ini sekali dalam setahun yakni setiap tanggal Dua Puluh Lima bulan Desember. 

SMA PGRI Waingapu sebagai sebuah lembaga pendidikan tentu ingin menanamkan nilai-nilai luhur keagamaan kepada pserta didiknya yang beragama Kristen (Katolik dan Protestan). Salah satu cara menanamkan nilai luhur itu antara lain adalah melaksanakan acara Natalan bersama.

Perayaan natal bersama ini mengusung tema Kasih Kristus Menggerakan Persaudaraan dengan sub tema melalui Natal Bersama Keluarga Besar SMA PGRI Waingapu, Kita Wujudkan Cinta Kasih Persaudaraan Di Dalam Kristus Yesus Untuk Melayani Sesama. Ada ajakan dan dorongan untuk selalu hidup dalam kasih persaudaraan antara seluruh keluarga besar lembaga pendidikan SMA PGRI Waingapu. Ini menjadi semangat natal yang harus diterapkan dalam kehidupan dan bukan hanya terjadi pada saat perayaan natal.

Foto oleh Saint Ariman dari Pexels

Karakter persaudaraan yang merupakan pesan Natal ini mesti menjadi spirit peserta didik dalam meniti masa depan atau dalam mengejar cita-cita. Demikian dengan para guru dan tenaga kependidikan teladan hidup yang penuh kasih haruslah senantiasa dikedepankan.

Ajang Kreativitas Peserta Didik

Moment perayaan natal bersama ini sesungguhnya menjadi unjuk kreativitas para peserta didik dari masing-masing tingkatan kelas. Mereka dengan penuh antusias menampilkan diri seturut bakat dan talenta yang mereka miliki. Ada fragmen natal, vocal group, trio, duet serta solo. Walau minimnya waktu persiapan, mereka tetap sanggup menampilkan yang terbaik.

Khusus untuk penyanyi solo dengan lagu  Holy Night  punya kredit point tersendiri. Lagu ini dibawakan oleh Yublian Tamu Ina Kelas XII MIPA 3. Yublian, demikian ia di sapa menyanyikan lagu ini dengan suara yang sangat indah. Video saat dia bernyanyi bisa ditonton pada bagian akhir tulisan ini. Selain itu Fragmen Natal "Tanpa Kata" yang dibawakan oleh para siswa kelas XII MIPA 1 memperkuat lamunan  akan keindahan natal. 

Ini tentu tidak terlepas dari usaha dan kreativitas para siswa dengan bimbingan yang profesional dari bapak dan ibu guru wali masing-masing kelas. Selain itu ada dekorasi natal yang indah yang turut membangkitkan imajinasi akan suasana natal pada saat Yesus lahir di kandang Betlehem.

Kegiatan natal bersama ini sesungguhnya secara tidak langsung membina karakter peserta didik dalam banyak aspek antara lain kerja sama, solidaritas, saling menghargai, pandai dalam mengolah vocal atau bernyanyi serta banyak hal positif lainnya yang didapatkan.

Tukar Kado

Salah satu kekhasan perayaan natal bersama adalah tukar kado. Pada perayaan natal bersama kali ini tukar kado hanya terjadi di antara sesama guru dan pegawai dan tidak melibatkan para peserta didik. Idealnya memang harus melibatkan semua. Namun karena pertimbangan khusus sebagai akibat covid 19 maka tukar kado dilaksanakan secara terbatas.

Tukar kado ini juga memberi warna tersendiri. Bukan nilai ekonominya yang ingin dipertontonkan tetapi suasana keakraban dalam canda tawa menggembirakan. Pemandu acara tukar kado ini adalah ibu Herneta Maria Maghu, S. Pd. 

Kecerdasannya dalam mengolah kata menjadi kalimat guyonan sanggup membuat rekan-rekan guru dan pegawai terpingkal-pingkal. Ibu Neta, demikian ia disapa memang memiliki selera humor yang tinggi. Karakter inilah yang membuat semua guru dan pegawai senang dan selalu ingin mendengarkan guyonannya. 

Acara natal bersama ini ditutup dengan resepsi bersama dan berjoget ria. Segenap Keluarga Besar SMA PGRI Waingapu mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru untuk pembaca sekalian. Sampai jumpa dalam perayaan natal di masa mendatang. Tuhan berkati.

"O Holy Night" Oleh Siswi SMA PGRI Waingapu


Menggelitik dan Menghibur: Tukar Kado Natal Ala SMA PGRI Waingapu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semarak Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar SMA PGRI Waingapu"

Posting Komentar