JavaScript

JavaScript

Kisi-kisi Soal Ulangan Harian 1 PAKat Kelas 10 Semester 1

Kisi-kisi soal merupakan salah satu administrasi yang wajib dibuat guru. Untuk selalu ditegaskan bahwa kisi-kisi soal merupakan rambu-rambu dalam menyusun soal. Oleh karena itu, kisi-kisi soal dibuat sebelum penyusunan soal. Pada kesempatan ini saya akan membagikan salah satu contoh kisi-kisi soal ulangan harian untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas 10 semester 1.

Kisi-kisi ulangan harian 1 ini terdiri dari dua Kompetensi Dasar (KD), yakni KD 3.1 (Memahami diri dengan segala kemampuan dan keterbatasan) dan KD 3.2 (memahami sikap saling menghargai sesama manusia yang diciptakan sebagai citra Allah yang bersaudara satu sama lain). Saya menggabungkan dua KD untuk satu kali ulangan harian karena cakupan materi ajar pada dua KD ini tidak terlalu luas.

seperti biasa, dalam kisi-kisi soal yang dibagikan ini memuat beberapa komponen yakni kompetensi inti, kompetensi dasar, lingkup materi, kelas/semester, materi/konten, level kognitif, indikator soal, bentuk soal dan nomor soal. Sedangkan butir soalnya ditulis terpisah. Kisi-kisi soal selengkapnya bisa dilihat di bawah ini: 

Setelah melihat kisi-kisi soal di atas, berikut ini akan diberikan butir soalnya. Tentu saja butir soal ini sudah disesuaikan dengan indikator soal yang ada pada kisi-kisi. Bapak dan ibu guru silakan membandingkannya dengan butir soal yang saya buat berikut ini. saya sengaja tidak mencantumkan jawaban karena butir soal yang sama ini akan saya pergunakan untuk Ulangan harian bagi peserta didik di sekolah tempat saya berkarya.

Foto oleh Max Fischer dari Pexels
Satuan Pendidikan : (nama sekolah)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester : X/1
Ulangan : Harian 1
Tahun Pelajaran : 2021/2022

A. Pilihan Ganda (Pililah salah satu jawabanA, B, C ,D, dan E yang paling tepat!)

1. Perhatikan data berikut:

1. Rambut lurus
2. Hidung mancung
3. Kulit putih
4. Murah senyum
5. Hitam manis

Keunikan diri manusia dari segi karakter ditunjukan oleh nomor ...

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

2. Bacalah artikel berikut secara cermat!

Cantik, satu kata yang membuat wanita bangga, sekaligus rela menyakiti tubuhnya untuk memperoleh pujian tersebut. Di masa lalu, operasi akibat penyakit sangat dihindari karena rasa sakit yang akan ditanggung, nyatanya tidak membuat banyak wanita takut untuk melakukan operasi plastik. Jika berbicara operasi plastik, pikiran akan langsung melayang ke Korea Selatan, di mana proses operasi plastik seolah semudah membuat mie instan. Beberapa tahun lalu, tren operasi plastik adalah kelopak mata, hidung dan payudara. Sekarang, wanita dan pria Korea Selatan suka bentuk wajah yang mungil berbentuk diamond atau segitiga. Banyak dari mereka melakukan double-jaw surgery atau operasi pemotongan rahang untuk mendapatkan wajah mungil berbentuk V. 

Diperkirakan, 5000 orang sudah menjalani operasi pemotongan rahang. Shin Hyon-Ho, seorang pengacara yang khusus menangani kasus malpraktik mengatakan bahwa operasi ini mengakibatkan rasa sakit luar biasa pada rahang, mulut jadi miring, gigi tidak sejajar, juga hilangnya kemampuan mengunyah dan tersenyum. “Kasus akibat operasi plastik semakin tinggi, dengan komplikasi yang makin serius,” ujarnya. Yang menyedihkan, pada bulan Agustus tahun lalu, seorang gadis 23 tahun bunuh diri setelah menjalani operasi pemotongan rahang. Gadis itu meninggalkan catatan sebelum bunuh diri, dia mengakhiri hidupnya karena operasi plastik yang dijalani membuatnya tidak dapat mengunyah dan tidak berhenti menangis karena kerusakan saraf di saluran air mata. Semoga saja kejadian menyedihkan ini tidak terjadi kembali.

Setelah membaca artikel di atas, sikap yang tepat yang seharusnya dilakukan dalam menghadapi kekurangan diri adalah ...

A. Menerima diri dengan sikap pasrah
B. Melakukan segala cara untuk mengubah keadaan diri
C. Memaksa orang lain untuk membantu mengubah diri sesuai keinginan
D. Menerima diri sambil berusaha mengubah diri seturut konsep banyak orang
E. Menerima diri dan mesyukurinya

3. Bacalah teks Kitab Kej. 1:26-27; 2: 7berikut secara cermat!

Berfirmanlah Allah: Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Tuhan Allah membentuk manusia dari debu dan tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya. 

Pesan yang bisa dirumuskan berdasarkan kutipan teks kitab Suci di atas adalah ...

A. Manusia adalah pribadi yang unik karena diciptkan dari debu tanah
B. Manusia adalah pribadi yang unik karena ada perempuan
C. Manusia itu makhluk yang unik karena tidak diberi kuasa untuk menguasai bumi
D. Manusia itu unik karena diciptkan menurut gambar dan rupa Allah
E. Manusia itu unik karena Allah menghembuskan nafas hidup kedalam tubuh manusia

4. Setiap pribadi pasti memiliki kelebihan dalam dirinya. Sikap yang tepat dalam mengadapi kelebihan atau keunggulan diri tersebut adalah ...

A. Bangga dan berpuas diri
B. Bangga dan menunjukkan kepada orang lain
C. Bangga dan meremehkan orang lain
D. Bangga karena itu tidak perlu berusaha lagi
E. Bangga dan tekun mengembangkannya

5. Bacalah kisah berikut secara cermat!

Lena Maria adalah seorang wanita yang tangguh. Dia terlahir dengan banyak sekali keterbatasan karena cacat fisik yang dimilikinya. Ia terlahir tanpa tangan dan kaki kirinya hanya setengah dari kaki kananya. Tetapi dia tidak pernah menyerah dan selalu bersyukur atas semua yang dimilikinya. Dengan bekal mimpi, kemauan dan semangat pantang menyerah, akhirnya dia bisa mengembangkan semua talenta yang dimilikinya. Dia bisa meraih kesuksesan walaupun dengan kondisi fisik yang terbatas. Pada usia 18 tahun, ia memecahkan rekor berenang pada kejuaraan dunia. Bakatnya pada musik juga sangat luar biasa. Ia sekarang sebagai penyanyi professional. (Bila dimungkinkan, Guru dapat mengajak peserta didik menonton film Lena Maria dengan mengakses 

Berdasarkan kisah yang termuat dalam bacaan di atas, sikap yang tepat dalam upaya menghadapi keterbatasan yang dimiliki adalah ...

A. Melihat keterbatasan sebagai tragedi yang harus disyukuri
B. Melihat keterbatasan sebagai kutukan dari Tuhan
C. Melihat keterbatasan dengan penuh rasa syukur
D. Keterbatasan bukalah halangan untuk meraih kesuksesan
E. Keterbatasan merupakan halangan terbesar untuk meraih kesuksesan

6. Bacalah teks Kitab Suci Matius 25: 14-30  berikut:

Sebab hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta itu pun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta. Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta.Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata: Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam. Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan! Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam? Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya. Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu. Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap.

Pesan yang bisa dirumuskan dalam kaitan dengan bakat dan talenta yang dimiliki berdasarkan bacaan Kitab Suci di atas, adalah ...

A. Bakat atau talenta yang dimilki setiap orang merupakan anugerah yang diberikan secara Cuma-cuma
B. Bakat atau talenta yang dimiliki merupakan anugerah Tuhan yang harus disyukuri
C. Bakat atau talenta yang dimiliki merupakan anugerah Tuhan yang harus dikembangkan
D. Bakat atau talenta yang dimiliki harus dikembangkan agar untuk kepentingan keluarga
E. Bakan atau talenta yang dimiliki harus dipendamkan supaya tidak dinilai sombong

7. Manusia merupakan makhluk yang secitra dengan Allah, karena itu sikap yang tepat dalam memperlakukan orang lain sebagai sesama yang memiliki keluhuran sebagai Citra Allah adalah ...

A. Memperlakukan orang lain sebagai saudara jika seiman
B. Memperlakukan orang lain sebagai saudara jika dia berperilaku baik
C. Memperlakukan orang lain sebagai saudara seperjuangan
D. Memperlakukan orang lain sebagaimana ia memperlakukan kita
E. Memperlakukan lain sebagai saudara tanpa pilih kasih

8. Bacalah kisah berikut:

Ibu Teresa yang sering dikenal Mother Teresa (1910-1997) adalah seorang biarawati Khatolik Roma. Dia memulai pelayanannya di India sebagai guru. Namun kemiskinan yang memprihatinkan di seluruh Calcutta meninggalkan kesan mendalam padanya. Mulailah ia mendirikan ordo Utusan-Utusan Pembawa Kasih, dan mulai merawat mereka yang sakit dan kelaparan. Suatu ketika mother Teresa bertemu dengan seorang pria yang terluka, dengan ribuan lalat telah mengerumuni lukanya. Satu dari kakinya dimakan oleh belatung, larva, lalat-lalat. Pemandangan itu begitu menjijikan. Baunya membuat orang mual. Wajah Mother Teresa pucat saat dia menarik keluar larva putih yang terayun-ayun. Dia harus mengeluarkan semua belatung itu, kemudian membalut luka dan mensterilkannya. Dia mengingatkan diri sendiri bahwa menolong orang itu sama saja menolong Yesus. Saat pria itu dibersihkan dan diperban, Mother Teresa berkata pada suster-suster pemulanya, “Bila saya tidak percaya dengan segenap hati dan jiwa bahwa tubuh orang ini adalah tubuh Yesus, saya tidak akan tahan barang sejenak.

Kesaksian hidup Mother Teresa ini memberikan pelajaran bagi kita untuk ….

A. Menghayati hidup kudus sebagai seorang biarawan/wati
B. Menyusahkan diri dengan merawati orang-orang terluka
C. Menyingkirkan orang kecil dan lemah dari masyarakat umum
D. Melayani sesama agar kitapun dilayani sesama
E. Melayani sesama tanpa batas dan tanpa pamrih

9. Kekerasan dan anarkisme merupakan akibat dari tindakan diskriminasi dan fanatisme. Penyebab munculnya tindakan diskriminasi dan sikap fanatisme dalam hidup manusia adalah ...

A. Melihat orang lain sebagai kawan sekaligus lawan
B. Melihat orang keberadaan orang lain sebagai ancaman
C. Melihat  orang lain sebagai saudara agar bebas melakukan apa saja
D. Melihat orang lain sebagai musuh yang harus diampuni
E. Melihat orang lain sebagai saudara

10. Perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi perasaan adalah ….

A. perempuan mudah tersentuh, laki-laki lebih mengendalikan diri
B. perempuan lebih mengarah ke dalam dirinya, laki-laki ke luar dirinya
C. perempuan lebih memikirkan secara partial, laki-laki secara global
D. perempuan lebih pasif menerima, laki-laki lebih bertindak
E. perempuan lebih tertarik hal batiniah, laki-laki lebih pada hal lahiriah

11. Bacalah ajaran Gereja yang termuat dalam Katekismus Gereja Katolik 357 berikut ini: 

Karena ia diciptakan menurut citra Allah, manusia memiliki martabat sebagai pribadi: ia bukan hanya sesuatu, melainkan seorang. Ia mampu mengenal diri sendiri, menjadi tuan atas dirinya, mengabdikan diri dalam kebebasan dan hidup dalam kebersamaan dengan orang lain, dan karena rahmat ia sudah dipanggil ke dalam perjanjian dengan Penciptanya, untuk memberi kepada-Nya jawaban iman dan cinta, yang tidak dapat diberikan suatu makhluk lain sebagai penggantinya.

Pesan utama dari ajaran Gereja di atas tentang keluhuran martabat manusia sebagai Citra Allah adalah ...

A. Sebagai citra Allah manusiatidak mampu mengenal diri
B. Sebagai citra Allah manusia memiliki martabat sebagai pribadi
C. Sebagai citra Allah manusia sama seperti Allah dlam segala hal
D. Sebagai citra Allah manusia hanyalah sesuatu yang identik dengan benda atau barang
E. Sebagai citra Allah manusia mengabdikan diri dalam kebebasan untuk kepentingan dirinya sendiri

12. Bacalah kutipan Kitab Suci dari Kitab Kejadian 2: 18-23 berikut ini:

Tuhan Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” Lalu Tuhan Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. DibawaNyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu. Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia. Lalu Tuhan Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur,Tuhan Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangunNyalah seorang perempuan, lalu dibawaNya kepada manusia itu.  Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.

Pesan yang bisa didapatkan dari kutipan teks Kitab Suci di atas tentang kesetaraan antara pria dan wanita adalah ...

A. Laki-laki lebih berkuasa dari pada perempuan
B. Laki-laki berhak memerintahkan perempuan untuk tujuan yang baik
C. Perempuan adalah penolong laki-laki karena itu adalah tugas perempuan
D. Perempuan adalah penolong laki-laki karena perempuan lebih hebat dari laki-laki
E. Perempuan adalah penolong yang sepadan dengan laki-laki

B. Uraian (Jawablah pertanyaan berikut  secara tepat!)

13. Buatlah doa syukur atas keistimewaan manusia sebagai Citra Allah dibandingkan dengan ciptaan Allah lainnya! (Minimal 200 kata)

14. Buatlah sebuah puisi tentang pribadi anda yang unik! (minimal empat bait)

15. Buatlah refleksi pribadi  tentang keluhurannya sebagai citra Allah (minimal 200 kata)

Demikian kisi-kisi soal serta butir soal yang sengaja dibuat untuk memudahkan para guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti dalam melengkapi administrasi pembelajarannya. Juga untuk para peserta didik yang beragama katolik guna mengakses informasi yang bermanfaat bagi peningkatan pemahamannya akan pengajaran agama katolik.

Kritik dan saran bisa disampaikan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-kisi Soal Ulangan Harian 1 PAKat Kelas 10 Semester 1"

Posting Komentar