HTML/JavaScript

Contoh Soal Ujian Kenaikan Kelas 11 Katolik

Berikut ini akan saya bagikan salah satu contoh soal ujian kenaikan kelas mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik untuk kelas Sebelas. Seluruh materi soal diambil dari buku guru agama Katolik. Pada bagian akhir soal akan disertakan kunci jawabannya.

Untuk menguji komptensi atau pemahaman tentang pelajaran agama Katolik kelas 11, silakan (perserta didik) mengerjakan soal yang ada sampai selesai kemudian mencek kesesuaian jawaban dengan kunci jawaban yang ada.

Pilihlah salah satu jawaban (A, B, C, D atau E) yang paling tepat!

1. Cara Gereja melibatkan diri dalam membangun masyarakat yang adil, damai, dan sejahtera adalah ...

A. Gereja tetap menjaga kesalehan dengan cara berdoa dan menutup mata terhadap kehidupan sekitar
B. Gereja senantiasa hanya berfokus pada masalah-masalah internal Gereja 
C. Gereja berperan serta secara aktif dalam membangun kerajaan Allah di dunia suapaya dunia lebih manusiawi dan layak dihuni
D. Gereja berperan serta secara aktif dalam mendukung tindakan merusakan alam
E. Gereja berperan serta secara aktif dalam mengembangkan tindakan kejahatan kemanusiaan

2. Pandangan Gereja tentang dunia sebagaimana yang tercantum dalam Gaudium et Spes artikel  dua, adalah ...

A. Dunia dilihat sebagai seluruh keluarga manusia dengan segala hal yang ada di sekelilingnya
B. Dunia itu penuh dosa
C. Dunia itu cenderung jahat, berbahaya dan tidak termasuk lingkup keselamatan manusia
D. Dunia merupakan halangan bagi manusia untuk mencapai keselamatan
E. Jika orang mengasihi dunia makakasih akan Bapa tidak ada dalam diri orang itu
Uiian Katolik

3. Misi atau tugas Gereja dalam dunia adalah ...

A. Menyebarkan agama Nasrani
B. Mewartakan Kerajaan Allah kepada mereka yang beragama kristen
C. Memberitakan Kabar Gembira (Kerajaan Allah) yang relevan kepada dunia yang majemuk
D. Mempromosikan pandangan bahwa di luar Gereja tidak ada keselamatan
E. Membantu aparat penegak hukum guna menangkap para pencuri

4. Perhatikan data berikut:

  1. Meyakinkan manusia bahwa semua usaha yang sesuai dengan kehendak Tuhan mempunyai nilai yang tinggi
  2. Mendorong setiap kemajuan ilmiah yang secara positif mengusahakan tercapainya tujuan akhir manusia
  3. Mencatat masalah-masalah manusia sebagai masalah yang mendesak
  4. Mensosialisasikan ajaran sosial Gereja untuk meningkatkan harga diri
  5. Aktif ke gereja setiap hari Minggu untuk mendapat pujian dan dinilai saleh
  6. Siap berperang melawan setiap bentuk kekerasan dengan kekerasan

Bentuk-bentuk usaha gereja untuk ikut serta membangun dunia ditunjukan oleh nomor ...

A. 1, 3, 5
B. 2, 4, 6
C. 3, 4, 6
D. 1, 2, 3
E. 2, 3, 4

5. Tanggapan Gereja terhadap fenomena atau persoalan-persoalan yang dihadapi oleh umat manusia dalam bentuk himbauan, kritik atau dukungan adalah pengertian dari ...

A. Katekismus Gereja Katolik
B. Dokumen konsili Vatikan II
C. Ajaran Sosial Gereja
D. Kitab Hukum Kanonik
E. Gaudium et Spes

6. Revolusi industri; kemiskinan yang hebat pada kaum pekerja/buruh; tiadanya perlindungan pekerja oleh otoritas publik dan pemilik modal; jurang kaya miskin yang luar biasa, merupakan konteks zaman yang mendorong paus Leo XII mengeluarkan ensiklik yang bernama ...

A. Quadragesimo Anno (tahun keempat puluh)
B. Rerum Novarum (Kondisi kerja)
C. Mater Et Magistra (Ibu dan Pengajaran)
D. Pacem in Terris (Damai di Bumi)
E. Populorum Progressio (Kemajuan Bangsa-Bangsa)

7. Perkembangan bangsa manusia zaman ini; kesulitan-kesulitan yang dihadapi; kerjasama antarbangsa-bangsa; dukungan organisasi internasional, seperti badan-badan dunia yang mengurus bantuan keuangan dan pangan; kemajuan diperlukan bagi perdamaian, sdslsh tema-tema pokok yang termuat dalam ensiklik dari paus Paulus VI. Nama ensikilik tersebut adalah ...

A. Quadragesimo Anno (tahun keempat puluh)
B. Rerum Novarum (Kondisi kerja)
C. Mater Et Magistra (Ibu dan Pengajaran)
D. Pacem in Terris (Damai di Bumi)
E. Populorum Progressio (Kemajuan Bangsa-Bangsa)

8. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

  1. Kesucian hidup manusia dan martabat pribadi harus dijunjung tinggi melebihi benda-benda dan harus dijaga sejak dikandung ibunya
  2. Panggilan untuk membentuk Keluarga Allah di tengah masyarakat yang melibatkan semua warga
  3. Hak azasi manusia selalu berdasar pada dan demi martabat pribadi manusia
  4. Preferential option for the poor and vulnerable (selalu mendahulukan orang yangmiskin dan tanpa pembela) termasuk anak dalam kandungan, orang cacat, orangjompo, orang dalam sakrat maut, dsb
  5. Tidak menunjukkan kesediaan untuk membela para koruptor
  6. Menghakimi orang lain secara sewenang-wenang

Pokok-pokok penting ajaran sosial Gereja Katolik ditunjukkan oleh nomor ...

A. 4, 5, 6
B. 2, 4, 6
C. 3, 5, 6
D. 1, 2, 3
E. 1, 3, 5

9. Ajaran Sosial Gereja Katolik kurang bergema dalam kehidupan nyata, karena ...

A. Orang-orang Katolik sendiri belum melaksanakannya secara maksimal
B. Orang-orang Katolik cenderung bergumul dalam hal politik
C. Orang-orang Katolik telah setia melaksanakannya dalam kehidupan keluarga
D. Orang-orang Katolik sudah melaksanakaanya dalam kehidupan bermasyarakat
E. Orang-orang Katolik telah menunjukkan kesetiakawanan sosial

10. Penampilan Gereja di Indonesia lebih merupakan penampilan ibadat daripada penampilan gerakan sosial. Seandainya ada penampilan sosial, hal itu tidak merupakan penampilan utama. Penampilan sosial yang ada sampai sekarang merupakan penampilan ...

A. Sosial karitatif
B. Sosial budaya
C. Sosial ekonomi
D. Sosio politik
E. Pertahanan dan keamanan

11. "Semua orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak-hak yang sama. Mereka dikaruniai akal dan hati nurani dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan".

Pernyataan di atas merupakan bunyi salah satu pasal dalam Piagam PBB Tentang Hak Asasi Manusia (HAM) (Dideklarasikan pada tanggal 10 Desember 1948 di Paris), yaitu ...

A. Pasal 5
B. Pasal 4
C. Pasal 3
D. Pasal 2
E. Pasal 1

12. Salah satu contoh pelanggaran HAM dalam bidang politik adalah ...

A. Memberikan kebebasan bagi segenap warga negara untuk berserikat dan berkumpul
B. melakukan kegiatan makar atau perebutan kekuasaan
C. membatasi orang untuk mengemukan pendapat secara bertanggunjawab
D. memberikan kebebasan berekspresi secara bertanggungjawab bagi segenap warga
E. memberikan kesempatan kepada segenap warga

13. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka memperjuangkan HAM di lingkungan masyarakat, adalah ...

A. membawa orang sakit ke rumah sakit
B. menghibur para janda dan dudah
C. membela kelompok masyarakat yang tertindas
D. melakukan pengusiran terhadap para pendatang
E. membatasi orang untuk melaksanakan ibadah sesuai keyakinan

14. Sebab terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia, antara lain ...

A. Struktur kemasyarakatan yang diciptakan oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan dan uang
B. Masyarakat lebih mengutamakan adat istiadat
C. Masyarakat selalu mementingkan ajaran agama secara pragmatis
D. Struktur masyarakat diciptakan oleh segelintir orang yang merasa paling benar
E. Struktur masyarakat dikuasai oleh para koruptor

15. "Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya" (Mat 23 : 2-4)

Pesan yang dapat diambil dari teks Kitab Suci di atas adalah ...

A. Yesus selalu berpihak kepada para penguasa
B. Yesus berani mengkritik para penguasa agama yang tidak menjalankan ajaran agamanya
C. Yesus selalu memuji para penguasa walaupun mereka tidak melaksanakan ajaran agamanya secara benar
D. Yesus mencibir masyarakat kecil yang hanya ingin diperintah
E. Yesus mengajak masyarakat kecil untuk mengadakan pemberontakan

16. Dalam usaha memperjuangkan keadilan, kaum beriman dapat memperoleh pedoman dan dukungan dari ...

A. Ajaran Sosial Gereja
B. Para pemimpin agama
C. Para tokoh politik
D. Budayawan
E. sejarahwan

17. "Situasi di mana hak-hak perempuan dilecehkan. Budaya patriarkhi dihayati sebagai peluang untuk tidak atau kurang memperhitungkan peranan perempuan. Kultur pria atau budaya maskulin sangat dominan dankebangkitan wanita dianggap aneh dan mengada-ada. Perkosaan terhadap hakperempuan dilakukan secara terpola dan sistematis."

Dimensi kekerasan berdasarkan pernyataan di atas dikategorikan sebagai ...

A. kekerasan militer
B. kekerasan  kultural
C. kekerasan etnis
D. kekerasan gender
E. kekerasan politik

18. Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;  mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu. Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.(Luk 6: 27-29)

Pesan yang bisa didapatkan dari teks Kitab Suci di atas adalah ...

A. Yesus mengajak kita untuk mengembangkan budaya kasih
B. Yesus mengajak kita untuk balas dendam
C. Yesus mengajak kita untuk tidak mendoakan musuh kita
D. Yesus mengajak kita untuk menampar orang yang berbuat salah kepada kita
E. Yesus mengajak kita untuk mengutuki musuh-musuh kita

19. Contoh tindakan yang memperlihatkan kasih kepada musuh adalah ...

A. Balas dendam
B. Memperhitungkan kesalahan orang musuh
C. Mendoakan musuh
D. Membiarkan musuh untuk terus memusuhi kita
E. Memperlakukan musuh sebagaimana dia memperlakukan kita

20. Mengembangkan budaya kasih untuk melawan budaya kekerasan memang tidak mudah. Dalam kehidupan sehari-hari, kita merasa betapa sulitnya untuk berbuat baik dan mencintai orang yang membuat kita sakit hati. Contoh sikap kasih yang perlu dibiasakah untuk mengakhiri balas dendam, adalah ...

A. Menghindari musuh
B. Berani menghadapi musuh walau nyawa menjadi taruhannya
C. Mengampuni musuh
D. Mengajak musuh untuk meninggalkan kita
E. Membiarkan musuh bertindak sesuka hati

21. Tahun ini, tanah pertanian dan perumahan warga Majalengka Jawa Barat dan Kulonprogo Yogyakarta digusur secara paksa untuk proyek bandara. Petani yang melakukan  protes ketika haknya dilanggar juga mengalami  kekerasan dan terancam masuk bui. (diringkas dari Kompas.com, 4 Desember 2017)

Penyebab yang  mendasar  pelanggaran HAM dalam  kasus di atas adalah  …

A. Struktur  masyarakat  yang diciptakan  oleh  penguasa
B. Sikap egois yang terlalu mementingkan diri sendiri
C. Rendahnya  kesadaran  HAM  dan sikap  tidak  toleran 
D. Pembangunan  ekonomi  yang tidak  berpihak  kepada  rakyat kecil
E. Struktur  masyarakat  tidak  adil yang  diciptakan  oleh  kaum penguasa

22. Salah satu tema kunci dalam pembahasan  Ajaran Sosial  Gereja adalah  keberpihakan  terhadap  orang miskin dan lemah (option for the poor). Tindakan yang bisa dilakukan oleh anggota Gereja berhubungan dengan keberpihakan terhadap kaum miskin dan lemah adalah …

A. Menghimbau orang lain untuk memberi bantuan
B. Melaporkan kepada Dinas Sosial tentang orang miskin
C. Memberikan bantuan material untuk anak panti asuhan
D. Mendata keluarga prasejahtera atau berkekurangan
E. Menasihati orang yang miskin dan lemah

23. Perhatikan hak-hak asasi manusia di bawah ini!

  1. Hak atas jaminan waktu sakit dan di hari tua
  2. Hak kebebasan hati nurani dan agama
  3. Hak membentuk keluarga dan hak atas kerja
  4. Hak kebebasan menyatakan pendapat
  5. Hak atas kesamaan di depan hukum

Yang termasuk hak-hak sipil dan politik seorang manusia dari pernyataan di atas ditunjukan oleh nomor ...

A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4  
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5

24. Salah satu contoh usaha memperjuangkan Hak Asasi Manusia  (HAM) dalam  kehidupan  masyarakat adalah ...

A. Mengadakan berbagi pelatihan keterampilan
B. Mengadakan aneka kegiatan mimbar seperti kotbah
C. Katekese tentang makna Hak Asasi Manusia
D. Membiarkan korban ketidakadilan HAM
E. Bertindak adil terhadap sesama manusia.

25. Salah satu usaha Gereja dalam menegakan hak asasi manusia adalah…..

A. Mengadakan berbagai pelatihan keterampilan bagi orang muda
B. Memperbanyak katekese tentang makna kerja bagi manusia
C. Mengadakan aneka kegiatan mimbar seperti kotbah dan seminar
D. Mendesak dihapusnya diskriminasi hak dalam segala bentuknya
E. Bertindak adil terhadap korban ketidakadilan HAM

26. Pada tahun 1891, Paus Leo XIII mengeluarkan Ensiklik Rerum Novarum, sebagai Ajaran Sosial Gereja yang pertama dengan isi pokoknya adalah…. 

A. mengecam ajaran kapitalisme 
B. menegakan keadilan dan perdamaian 
C. menanggapi masalah ketidakadilan sosial 
D. menentang ketidakadilan terhadap kaum buruh 
E. memberi kebijakan dalam menghadapi kesenjangan negara kaya dan miskin

27. Banjir bandang memporak-porandakan hidup dan kehidupan manusia. Sebagai seorang Katolik kita dipanggil untuk mengatasi masalah ini. Contoh usaha yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah…. 

A. menebang hutan secara liar 
B. bertani berpindah-pindah 
C. membuang sampah di got atau selokan 
D. reboisasi dan penanaman hutan yang gundul 
E. menggunakan bahan pestisida

28. Bacalah pernyataan-pernyataan di bawah ini! 

  1. Melegalkan aborsi 
  2. Menolak hukuman mati 
  3. Mengijinkan euthanasia
  4. Melayani kaum marjinal 
  5. Bergaul dengan orang yang disenangi  

Contoh usaha Gereja Katolik dalam menegakkan Hak Asasi Manusia ditunjukkan pada pernyataan nomor…. 

A. 1 dan 2 
B. 2 dan 3 
C. 2 dan 4 
D. 3 dan 4 
E. 3 dan 5

29. Kristian adalah pelajar yang beragama Katolik. Pada hari Minggu dia tak pernah ke gereja karena baginya hari Minggu adalah hari libur total.Tetapi karena kewajiban dari sekolah bahwa setiap Minggu harus ke gereja dan membuat jurnal, Kristian pun ikut dengan terpaksa. Entah kenapa, pada saat liburan umum Kristian tetap rajin sekalipun guru tidak meminta jurnal mingguan, rupanya Roh Kudus memberinya pengertian bahwa ke Gereja itu penting,merayakan ibadat bersama umat katolik lainnya. Berdasarkan cerita ini, pernyataan dibawah ini yang bukan peran Roh Kudus dalam hidup adalah.. 

A. Roh Kudus membentuk sifat manusia
B. Roh Kudus memberi kehidupan yang baru 
C. Roh Kudus menciptakan yang tiada menjadi ada 
D. Roh Kudus mendampingi gereja 
E. Roh Kudus menpersatukan umat dalam Kristus

30. “…Sebelum aku membentuk engkau dalam rahim ibumu,Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau.Aku telah menetapkan engkau menjadi Nabi bagi bangsa-bangsa”(Yer 1:4-5).orang yang dimaksud dalam ayat suci diatas adalah…

A. Yesaya
B. Habakuk
C. Yeremia
D. Yehezkiel
E. Daniel

31. Salah satu sikap yang perlu dibangun untuk menghilangkan dendam adalah....

A. Membangun fanatisme
B. Kerelaan mengampuni
C. Kerelaan berkurban
D. Mengembangkan toleransi
E. Bersikap Kritis

32. Penyebab utama dari tindak kekerasan di tanah air dalam dekade terakhir adalah ...

A. Diktator mayoritas
B. Tirani minoritas
C. Disintegrasi bangsa
D. Desentralisasi pemerintahan
E. Pemusatan kekuasaan

33. Ajaran Gereja mengenai hak dan kewajiban berbagai anggota masyarakat demi kebaikan bersama terangkum dalam .... 

A. Perhatian Gereja
B. Kepedulian Gereja
C. Dogma sosial Gereja
D. Ajaran Sosial Gereja
E. Doktrin kepausan

34. Situasi kemiskinan bagi buruh yang melanda Eropa akibat terjadinya revolusi industri dengan ditemukannya mesin uap. Hal ini menjadi perhatian dan kepedulian Gereja dengan ditandai munculnya Ajaran Sosial Gereja (ASG) yang pertama kali yaitu ...

A. Mater et Magistra
B. Centesimus Annus
C. Rerum Novarum
D. Pacem in Terris
E. Quadragesimo anno

35. Pada tahun 1931 Paus Pius XI mengecam kapitalisme dan persaingan bebas serta komunisme.  Paus menegaskan perlunya tanggungjawab sosial dari milik pribadi dan hak-hak kaum buruh. Penegasan Paus XI tersebut terdapat dalam ajaran sosial gereja ....

A. Rerum Novarum
B. Quadragesimo Anno
C. Pacem in Terris
D. Mater et Magistra 
E. Populorum Progressio

36. Pada tahun 1971 Gereja melalui Sinode Para Uskup seluruh dunia menghasilkan dokumen yang menyerukan agar keadilan diusahakan di berbagai lapisan masyarakat, serta bangsa-bangsa yang miskin dan lemah. Dokumen ajaran sosial Gereja yang dimaksud adalah ....

A. Laborem Exerceme
B. Justicia In Mundo
C. Pacem in Terris
D. Mater et Magistra
E. Octogessimo Adveniens

37. Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1987 mengangkat kembali masalah pembangunan yang mengeksploitasi orang-orang kecil dan struktur dosa yang membelenggu masyarakat. Masalah tersebut dituangkan dalam ensiklik ....

A. Sollicitudo Rei Socialis
B. Centenssimus Annus
C. Populorum Progressio
D. Justicia et Pax
E. Pacem in Terris

38. Pokok-pokok penting Ajaran Sosial Gereja adalah...

A. Buruh, kapital, majikan
B. Modal, mesin, majikan
C. Modal, buruh, negara
D. Negara, majikan, buruh
E. Negara, modal, industri

39. Salah satu hambatan yang dihadapi oleh Gereja dalam membangun masyarakat yang damai dan sejahtera adalah ..

A. Sikap acuh tak acuh
B. Sikap rela berkurban
C. Sikap hormat terhadap sesama
D. Sikap penuh pengharapan kepada Allah
E. Sikap pamrih

40. Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) dan hampir keseluruhan Keuskupan di Indonmesia, dalam rangka upaya penegakan HAM membentuk  komisi ...

A. Keadilan dan Perdamaian
B. Kitab Suci
C. Kepemudaan
D. Hubungan Antar Umat Beragama
E. Pendidikan

41. Cara-cara untuk menegakkan HAM di Indonesia antara lain ....

A. Menyediakan bantuan hukum
B. Memperbanyak polisi
C. Menjalankan hukum dngn ketat
D. Menghormati martabat manusia
E. Menjalankan fungsi hukum

42. Dan Tuhan berfirman: “Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku ditanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mererka,ya, Aku mengetahui penderitaan mereka…” (Keluaran 3: 7). 

Ayat kitab suci diatas menunjukan bahwa Allah sungguh berpihak pada orang miskin dan tak berdaya. Karena itu hak-hak asasi pertama-tama harus diperjuangkan untuk…

A. Penegak hukum
B. Lembaga bantuan hukum
C. Orang miskin,lemah dan tak berdaya
D. Pembuat hukum
E. Pemerintah

43. Gereja St. Bernadet Didemo, Pintu Digembok

Gereja Paroki St. Bernadet di Ciledug, Tangerang Selatan, didemo oleh ratusan warga sekitar pada Ahad 22 September 2013.“Mereka datang minta gereja ditutup,” kata Pastor Paroki St. Bernadet, Romo Paulus Dalu Lubur CICM, ketika dihubungi Tempo, usai kejadian. Para pengunjuk rasa lalu menggembok pintu masuk gereja dari luar, sebagai tanda bahwa gereja itu tidak boleh lagi digunakan. Romo Paulus mengatakan para pendemo datang dengan mengenakan pakaian berwarna putih dan ikat kepala berwarna merah.“Mereka mengatasnamakan warga sekitar,” tambahnya. Demo itu, kata Romo Paulus, terjadi pada pagi hari dan berlangsung sekitar tiga jam. “Demo dari jam 8 sampai 11 siang lewat,” ucap Romo Paulus.Romo Paulus mengatakan, dia belum tahu apakah Paroki St. Bernadette akan kembali mencari lokasi baru untuk tempat ibadah selanjutnya. Untuk saat ini, ujarnya, pihak paroki akan berdialog dengan warga sekitar terkait tuntutan mereka. Sementara itu Romo Antonius Benny Susetyo, sekretaris eksekutif Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia, mengatakan kepada Jakarta Globe bahwa paroki itu telah memperoleh izin mendirikan bangunan (IMB) pada 11 September 2013. “Warga telah menyetujui pembangunan tersebut,” kata Romo Benny. Paroki telah menghadapi intoleransi sebelumnya. Tahun 2004, para pengunjuk rasa memaksa gereja untuk pindah dari sekolah Sang Timur di Ciledug. Pemrotes membangun tembok di pintu gerbang menuju sekolah itu, dan memblokir akses ke sekolah. Sumber: http://indonesia.ucanews.com

Pernyataan yang tepat untuk menggambarkan keadaan berdasarkan teks di atas adalah … (jawaban lebih dari satu)

A. Kelompok minoritas harus mengikuti kelompok mayoritas
B. Kelompok kecil tidak boleh ditindas namun mereka harus mengikuti kemauan kelompok yang lebih kuat supaya tentram
C. Kebebasan beragama sudah sepenuhnya dijamin oleh negara
D. Sebab terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia antara lain disebabkan oleh struktur kemasyarakatan yang diciptakan oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan dan uang.
E. Pengakan HAM diperuntukan bagi mereka yang kuat

44. Romo Mangunwijaya, Pr

Romo Mangun terlahir dengan nama lengkap Yusuf Bilyarta Mangunwijaya pada 6 Mei 1929 di Semarang. Ia pernah mengalami masa revolusi fisik melawan Belanda untuk membebaskan negeri ini dari belenggu penjajahan yang menyengsarakan rakyat. Beliau pernah bergabung ke dalam prajurit Tentara Keamanan Rakyat (TKR) batalyon X divisi III yang bertugas di Benteng Vrederburg, Yogyakarta. Ia sempat ikut dalam pertempuran di Ambarawa, Magelang, dan Mranggen. Rangkaian peristiwahidup tersebut membuat Romo Mangun mengenal arti humanisme. Ia menyaksikan sendiri rakyat Indonesia menderita, kelaparan, terancam jiwanya, dan bahkan mati sia-sia akibat aksi militer Belanda yang mencaplok wilayah Republik. Berangkat dari pengalaman hidup inilah, Romo Mangun bertekad untuk sepenuhnya mengabdikan diri pada rakyat. Putu Wijaya, seorang dramawan dan novelis pernah bertutur, “Romo Mangun adalah seorang yang sangat dekat dengan rakyat. Dia selalu berpihak kepada mereka yang tertindas. Contohnya, kepeduliannya pada warga Kali Code dan Kedung Ombo. Perhatiannya selalu kepada rakyat sederhana, miskin, disingkirkan, dan tertindas.” (Sumber: Buku “Kotak Hitam Sang Burung Manyar, Kebijaksanaan dan Kisah Hidup Romo Mangunwijaya”, oleh YSuyatno Hadiatmojo, Pr, Galang Press, Yogyakarta, 2012)

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks di atas adalah …

A. Romo Mangun Wijaya, merupakan salah satu pejuang HAM di Indonesia. Sebagai pengikut Yesus, ia berkomitmen untuk membela orang-orang kecil, orang miskin, serta orang-orang yang tertindas sampai akhir hayat hidupnya
B. Gereja Katolik Indonesia, baik secara lembaga ataupun secara komunitas, atau perorangan ikut berjuang menegakkan HAM di Indonesia
C. Pandangan Gereja tentang hak asasi, yakni hak yang melekat pada diri manusia sebagai insan ciptaan Allah
D. Gereja mendesak diatasinya dan dihapuskannya “setiap bentuk diskriminasi, entah yang bersifat sosial atau kebudayaan, entah yang didasarkan pada jenis kelamin,  warna kulit, suku, keadaan sosial, bahasa ataupun agama, karena berlawanan dengan maksud dan kehendak Allah
E. Memperjuangkan HAM merupakan tugas Gereja Katolik sebagai institusi

45. Yesus Ditangkap (Mat 26: 47-56) 

Waktu Yesus masih berbicara datanglah Yudas, salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan besar orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi. 48 Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: “Orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia”. 49 Dan segera ia maju mendapatkan Yesus dan berkata: “Salam Rabi”, lalu mencium Dia. 50 Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Hai sahabat, untuk itulah engkau datang?” Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya. 51 Tetapi seorang dari mereka yang menyertai Yesus mengulurkan tangannya, menghunus pedangnya dan menetakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putuslah telinganya. 52 Maka kata Yesus kepadanya: “Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang. 53 Atau kau sangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku? 54 Jika begitu, bagaimanakah akan digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci, yang mengatakan, bahwa harus terjadi demikian?” 55 Pada saat itu Yesus berkata kepada orang banyak: “Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku? Padahal tiap-tiap hari Aku duduk mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. 56 Akan tetapi semua ini terjadi supaya genap yang ada tertulis dalam kitab nabi-nabi”. Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan pesan teks Kitab Suci di atas adalah …

A. Yesus bukan saja mengajak kita untuk tidak menggunakan kekerasan menghadapi musuh-musuh, tetapi juga untuk mencintai musuh-musuh dengan tulus. Yesus mengajak kita untuk mengembangkan budaya kasih dengan mencintai sesama, bahkan mencintai musuh
B. Pesan Yesus untuk kita memang sangat radikal dan bertolak belakang dengan kebiasaan, kebudayaan, dan keyakinan gigi ganti gigi yang kini sedang berlaku.
C. Kasih Kristiani tidak terbatas pada lingkungan keluarga karena hubungan darah; tidak terbatas pada lingkungan kekerabatan atau suku; tidak terbatas pada lingkungan daerah atau idiologi atau agama
D. Kasih Kristiani menjangkau semua orang, sampai kepada musuh-musuh kita
E. Dasar kasih kristiani adalah mengasihi orang yang berbuat baik kepada kita

Kunci Jawaban

1. C         11. E 21. D 31. B 41. D
2. A         12. C 22. C 32. A 42. C
3. C         13. C 23. D 33. D 43. C, D
4. D         14. A 24. E 34. C 44. E
5. C         15. B 25. D 35. B 45. E
6. B         16. A 26. D 36. B
7. E         17. D 27. D 37. A
8. D         18. A 28. C 38. E
9. A         19. C 29. D 39. A
10. A 20. C 30. C 40. A 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Ujian Kenaikan Kelas 11 Katolik"

Posting Komentar