Contoh Soal Penilaian Tengah Semester Genap Agama Katolik Kelas 11 - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Contoh Soal Penilaian Tengah Semester Genap Agama Katolik Kelas 11

Soal Pilihan Ganda (Pilihlah salah satu jawaban (A, B, C, D, dan E) yang paling benar

1. Cara Gereja melibatkan diri dalam membangun masyarakat yang adil, damai, dan sejahtera adalah ...

A. Gereja tetap menjaga kesalehan dengan cara berdoa dan menutup mata terhadap kehidupan sekitar
B. Gereja senantiasa hanya berfokus pada masalah-masalah internal Gereja 
C. Gereja berperan serta secara aktif dalam membangun kerajaan Allah di dunia supaya dunia lebih manusiawi dan layak dihuni
D. Gereja berperan serta secara aktif dalam mendukung tindakan merusakkan alam
E. Gereja berperan serta secara aktif dalam mengembangkan tindakan kejahatan kemanusiaan

2. Pandangan Gereja tentang dunia sebagaimana yang tercantum dalam Gaudium et Spes artikel  dua, adalah ...

A. Dunia dilihat sebagai seluruh keluarga manusia dengan segala hal yang ada di sekelilingnya
B. Dunia itu penuh dosa
C. Dunia itu cenderung jahat, berbahaya dan tidak termasuk lingkup keselamatan manusia
D. Dunia merupakan halangan bagi manusia untuk mencapai keselamatan
E. Jika orang mengasihi dunia maka kasih akan Bapa tidak ada dalam diri orang itu

3. Misi atau tugas Gereja dalam dunia adalah ...

A. Menyebarkan agama Nasrani
B. Mewartakan Kerajaan Allah kepada mereka yang beragama kristen
C. Memberitakan Kabar Gembira (Kerajaan Allah) yang relevan kepada dunia yang majemuk
D. Mempromosikan pandangan bahwa di luar Gereja tidak ada keselamatan
E. Membantu aparat penegak hukum guna menangkap para pencuri

UTS Katolik

4. Perhatikan data berikut:

  1. Meyakinkan manusia bahwa semua usaha yang sesuai dengan kehendak Tuhan mempunyai nilai yang tinggi
  2. Mendorong setiap kemajuan ilmiah yang secara positif mengusahakan tercapainya tujuan akhir manusia
  3. Mencatat masalah-masalah manusia sebagai masalah yang mendesak
  4. Mensosialisasikan ajaran sosial Gereja untuk meningkatkan harga diri
  5. Aktif ke gereja setiap hari Minggu untuk mendapat pujian dan dinilai saleh
  6. Siap berperang melawan setiap bentuk kekerasan dengan kekerasan

Bentuk-bentuk usaha gereja untuk ikut serta membangun dunia ditunjukkan oleh nomor ...

A. 1, 3, 5
B. 2, 4, 6
C. 3, 4, 6
D. 1, 2, 3
E. 2, 3, 4

5. Tanggapan Gereja terhadap fenomena atau persoalan-persoalan yang dihadapi oleh umat manusia dalam bentuk himbauan, kritik atau dukungan adalah pengertian dari ...

A. Katekismus Gereja Katolik
B. Dokumen Konsili Vatikan II
C. Ajaran Sosial Gereja
D. Kitab Hukum Kanonik
E. Gaudium et Spes

6. Revolusi industri; kemiskinan yang hebat pada kaum pekerja/buruh; tiadanya perlindungan pekerja oleh otoritas publik dan pemilik modal; jurang kaya miskin yang luar biasa, merupakan konteks zaman yang mendorong paus Leo XII mengeluarkan ensiklik yang bernama ...

A. Quadragesimo Anno (tahun keempat puluh)
B. Rerum Novarum (Kondisi kerja)
C. Mater Et Magistra (Ibu dan Pengajaran)
D. Pacem in Terris (Damai di Bumi)
E. Populorum Progressio (Kemajuan Bangsa-Bangsa)

7. Perkembangan bangsa manusia zaman ini; kesulitan-kesulitan yang dihadapi; kerjasama antarbangsa-bangsa; dukungan organisasi internasional, seperti badan-badan dunia yang mengurus bantuan keuangan dan pangan; kemajuan diperlukan bagi perdamaian, adalah tema-tema pokok yang termuat dalam ensiklik dari paus Paulus VI. Nama ensikilik tersebut adalah ...

A. Quadragesimo Anno (tahun keempat puluh)
B. Rerum Novarum (Kondisi kerja)
C. Mater Et Magistra (Ibu dan Pengajaran)
D. Pacem in Terris (Damai di Bumi)
E. Populorum Progressio (Kemajuan Bangsa-Bangsa)

8.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

  1. Kesucian hidup manusia dan martabat pribadi harus dijunjung tinggi melebihi benda-benda dan harus dijaga sejak dikandung ibunya
  2. Panggilan untuk membentuk Keluarga Allah di tengah masyarakat yang melibatkan semua warga
  3. Hak azasi manusia selalu berdasar pada dan demi martabat pribadi manusia
  4. Preferential option for the poor and vulnerable (selalu mendahulukan orang yang miskin dan tanpa pembela) termasuk anak dalam kandungan, orang cacat, orang jompo, orang dalam sakrat maut, dsb
  5. Tidak menunjukkan kesediaan untuk membela para koruptor
  6. Menghakimi orang lain secara sewenang-wenang

Pokok-pokok penting ajaran sosial Gereja Katolik ditunjukkan oleh nomor ..

A. 4, 5, 6
B. 2, 4, 6
C. 3, 5, 6
D. 1, 2, 3
E. 1, 3, 5

9. Ajaran Sosial Gereja Katolik kurang bergema dalam kehidupan nyata, karena ...

A. Orang-orang Katolik sendiri belum melaksanakannya secara maksimal
B. Orang-orang Katolik cenderung bergumul dalam hal politik
C. Orang-orang Katolik telah setia melaksanakannya dalam kehidupan keluarga
D. Orang-orang Katolik sudah melaksanakannya dalam kehidupan bermasyarakat
E. Orang-orang Katolik telah menunjukkan kesetiakawanan sosial

10. Penampilan Gereja di Indonesia lebih merupakan penampilan ibadat daripada penampilan gerakan sosial. Seandainya ada penampilan sosial, hal itu tidak merupakan penampilan utama. Penampilan sosial yang ada sampai sekarang merupakan penampilan ...

A. Sosial karitatif
B. Sosial budaya
C. Sosial ekonomi
D. Sosio politik
E. Pertahanan dan keamanan

11. “Semua orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak-hak yang sama. Mereka dikaruniai akal dan hati nurani dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan”.    Pernyataan di atas merupakan bunyi salah satu pasal dalam Piagam PBB Tentang Hak Asasi Manusia (HAM) (Dideklarasikan pada tanggal 10 Desember 1948 di Paris), yaitu ...

A. Pasal 5
B. Pasal 4
C. Pasal 3
D. Pasal 2
E. Pasal 1

12. Salah satu contoh pelanggaran HAM dalam bidang politik adalah ...

A. Memberikan kebebasan bagi segenap warga negara untuk berserikat dan berkumpul
B. Melakukan kegiatan makar atau perebutan kekuasaan
C. Membatasi orang untuk mengemukakan pendapat secara bertanggungjawab
D. Memberikan kebebasan berekspresi secara bertanggungjawab bagi segenap warga
E. Memberikan kesempatan kepada segenap warga

13. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka memperjuangkan HAM di lingkungan masyarakat, adalah ...

A. Membawa orang sakit ke rumah sakit
B. Menghibur para janda dan dudah
C. Membela kelompok masyarakat yang tertindas
D. Melakukan pengusiran terhadap para pendatang
E. Membatasi orang untuk melaksanakan ibadah sesuai keyakinan

14. Sebab terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia, antara lain ...

A. Struktur kemasyarakatan yang diciptakan oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan dan uang
B. Masyarakat lebih mengutamakan adat istiadat
C. Masyarakat selalu mementingkan ajaran agama secara pragmatis
D. Struktur masyarakat diciptakan oleh segelintir orang yang merasa paling benar
E. Struktur masyarakat dikuasai oleh para koruptor

15. Bacalah injil Mat 23: 2-4 berikut ini:

Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya” (Mat 23 : 2-4) 

Pesan yang dapat diambil dari teks Kitab Suci di atas adalah ...

A. Yesus selalu berpihak kepada para penguasa
B. Yesus berani mengkritik para penguasa agama yang tidak menjalankan ajaran agamanya
C. Yesus selalu memuji para penguasa walaupun mereka tidak melaksanakan ajaran agamanya secara benar
D. Yesus mencibir masyarakat kecil yang hanya ingin diperintah
E. Yesus mengajak masyarakat kecil untuk mengadakan pemberontakan

16. Dalam usaha memperjuangkan keadilan, kaum beriman dapat memperoleh pedoman dan dukungan dari ...

A. Ajaran Sosial Gereja
B. Para pemimpin agama
C. Para tokoh politik
D. Budayawan
E. Sejarahwan

17. Bacalah pernyataan berikut ini secara cermat!

Situasi di mana hak-hak perempuan dilecehkan. Budaya patriarkhi dihayati sebagai peluang untuk tidak atau kurang memperhitungkan peranan perempuan. Kultur pria atau budaya maskulin sangat dominan dan kebangkitan wanita dianggap aneh dan mengada-ada. Perkosaan terhadap hak perempuan dilakukan secara terpola dan sistematis.”

Dimensi kekerasan berdasarkan pernyataan di atas dikategorikan sebagai ...

A. Kekerasan militer
B. Kekerasan  kultural
C. Kekerasan etnis
D. Kekerasan gender
E. Kekerasan politik

18. Bacalah Injil Luk 6: 27-29 berikut ini:

Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;  mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu. Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu (Luk 6: 27-29).

Pesan yang bisa didapatkan dari teks Kitab Suci di atas adalah ...

A. Yesus mengajak kita untuk mengembangkan budaya kasih
B. Yesus mengajak kita untuk balas dendam
C. Yesus mengajak kita untuk tidak mendoakan musuh kita
D. Yesus mengajak kita untuk menampar orang yang berbuat salah kepada kita
E. Yesus mengajak kita untuk mengutuki musuh-musuh kita

19. Contoh tindakan yang memperlihatkan kasih kepada musuh adalah ...

A. Balas dendam
B. Memperhitungkan kesalahan orang musuh
C. Mendoakan musuh
D. Membiarkan musuh untuk terus memusuhi kita
E. Memperlakukan musuh sebagaimana dia memperlakukan kita

20. Mengembangkan budaya kasih untuk melawan budaya kekerasan memang tidak mudah. Dalam kehidupan sehari-hari, kita merasa betapa sulitnya untuk berbuat baik dan mencintai orang yang membuat kita sakit hati. Contoh sikap kasih yang perlu dibiasakan untuk mengakhiri balas dendam, adalah ...

A. Menghindari musuh
B. Berani menghadapi musuh walau nyawa menjadi taruhannya
C. Mengampuni musuh
D. Mengajak musuh untuk meninggalkan kita
E. Membiarkan musuh bertindak sesuka hati

21.Tahun ini, tanah pertanian dan perumahan warga Majalengka Jawa Barat dan Kulonprogo Yogyakarta digusur secara paksa untuk proyek bandara.  Petani yang  melakukan  protes ketika haknya dilanggar juga mengalami  kekerasan dan terancam masuk  bui. (diringkas dari Kompas.com, 4 Desember 2017).

Penyebab yang  mendasar  pelanggaran HAM dalam  kasus di atas adalah  …

A. Struktur  masyarakat  yang diciptakan  oleh  penguasa
B. Sikap egois yang terlalu mementingkan diri sendiri
C. Rendahnya  kesadaran  HAM  dan sikap  tidak  toleran 
D. Pembangunan  ekonomi  yang tidak  berpihak  kepada  rakyat kecil
E. Struktur  masyarakat  tidak  adil yang  diciptakan  oleh  kaum penguasa

22. Salah satu tema kunci dalam pembahasan  Ajaran Sosial  Gereja adalah  keberpihakan  terhadap  orang miskin dan lemah  (option for the poor). Tindakan  yang  bisa  dilakukan oleh anggota Gereja  berhubungan  dengan keberpihakan  terhadap kaum miskin dan lemah adalah …

A. Menghimbau orang lain untuk memberi bantuan
B. Melaporkan kepada Dinas Sosial tentang orang miskin
C. Memberikan bantuan material untuk anak panti asuhan
D. Mendata keluarga prasejahtera atau berkekurangan
E. Menasihati orang yang miskin dan lemah

23. Perhatikan hak-hak asasi manusia di bawah ini!

  1. Hak atas jaminan waktu sakit dan di hari tua
  2. Hak kebebasan hati nurani dan agama
  3. Hak membentuk keluarga dan hak atas kerja
  4. Hak kebebasan menyatakan pendapat
  5. Hak atas kesamaan di depan hukum

Yang termasuk hak-hak sipil dan politik seorang manusia dari pernyataan di atas ditunjukkan oleh nomor ...

A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4  
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5

24.Salah satu contoh usaha memperjuangkan Hak Asasi Manusia  (HAM) dalam  kehidupan  masyarakat adalah ...

A. Mengadakan berbagi pelatihan keterampilan
B. Mengadakan aneka kegiatan mimbar seperti kotbah
C. Katekese tentang makna Hak Asasi Manusia
D. Membiarkan korban ketidakadilan HAM
E. Bertindak adil terhadap sesama manusia.

25. Salah satu usaha Gereja dalam menegakkan hak asasi manusia adalah…..

A. Mengadakan berbagai pelatihan keterampilan bagi orang muda
B. Memperbanyak katekese tentang makna kerja bagi manusia
C. Mengadakan aneka kegiatan mimbar seperti kotbah dan seminar
D. Mendesak dihapusnya diskriminasi hak dalam segala bentuknya
E. Bertindak adil terhadap korban ketidakadilan HAM

Soal Uraian (Jawablah Pertanyaan berikut Secara Tepat!)

1. Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan Hak Asasi Manusia!

2. Tulislah 3 tokoh pejuang HAM dari kalangan Gereja Katolik

3. Bacalah artikel berikut secara cermat!

Pada awal tahun pelajaran, SMA Negeri 7 melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari. Pada awalnya, kegiatan berjalan lancar, namun berakhir mengecewakan pihak sekolah karena terjadi kasus perkelahian antara panitia PLS dengan peserta didik baru. Hal ini disebabkan karena peserta didik baru tidak menerima tindakan panitia PLS yang mem-bully salah satu teman kelompoknya. Selain itu, peserta didik baru tidak menerima tindakan panitia yang memaksa beberapa peserta didik baru mengkonsumsi makanan encer dalam sebuah ember. Pihak sekolah terpaksa mengambil alih seluruh kegiatan PLS sehingga situasi menjadi aman kembali.

Berdasarkan contoh kasus di atas, tulislah 5 upaya yang bisa diwujudkan sehingga kejadian tersebut tidak terulang kembali!

4. Tulislah 10 bentuk kekerasan yang sering terjadi di Indonesia!

5. Tulislah 4 langkah yang diambil dalam  usaha membangun budaya kasih sesudah terjadi konflik dan kekerasan!

Kunci Jawaban

Pilihan Ganda

1. C        6.  B     11.  E        16. A         21. D
2. A        7.  E     12.  C        17. D         22. C
3. C        8.  D     13. C        18. A          23. D
4. D        9.  A     14.  A        19. C         24. E
5. C        10  A     15. B        20. C         25. D

Soal Uraian

26. Hak Asasi Manusia (HAM) adalah hak-hak yang melekat dalam diri manusia, bukan karena diberikan kepadanya oleh masyarakat atau negara, melainkan berdasarkan martabatnya sebagai manusia Hak-hak itu dimiliki manusia karena ia manusia. Sejak seseorang mulai berada dalam rahim ibunya, ia memiliki hak-hak asasi itu

27. Tokoh pejuang HAM dalam kalangan Gereja Katolik

  1. Ibu Theresa dari Calkuta
  2. Uskup Agung Helder Camara
  3. Romo Mangunwijaya, Pr

28. Lima upaya yang diwujudkan

  1. Saling menghargai antar siswa
  2. Saling menghormati
  3. Menindak tegas kepada pelaku
  4. Meningkatkan kerjasama antara siswa baru dengan panitia
  5. Bersikap rendah hati

29. Sepuluh bentuk kekerasan yang terjadi di Indonesia

  1. Kekerasan social
  2. Kekerasan cultural
  3. Kekerasan etnis
  4. Kekerasan keagamaan
  5. Kekerasan gender
  6. Kekerasan politik
  7. Kekerasan militer
  8. Kekerasan terhadap anak
  9. Kekerasan ekonomi
  10. Kekerasan lingkungan hidup

30. Empat langkah yang diambil dalam  usaha membangun budaya kasih sesudah terjadi konflik dan kekerasan:

  1. Langkah Pertama; konflik atau kekerasan perlu diceritakan kembali oleh yang menderita. Kekerasan bukanlah sesuatu yang abstrak atau interpersonal melainkan personal, pribadi, maka perlu dikisahkan kembali. 
  2. Langkah Kedua; Mengakui kesalahan dan minta maaf serta penyesalan dari pihak atau kelompok yang melakukan kekerasan atau menjadi penyebab konflik dan kekerasan. Pengakuan ini harus dilakukan secara publik dan terbuka, sebuah pengakuan jujur tanpa mekanisme bela diri. 
  3. Langkah Ketiga; Pengampunan dari korban kepada yang melakukan kekerasan.
  4. Langkah Keempat; Rekonsiliasi

Demikian contoh soal penilaian Tengah Semester genap pelajaran Agama Katolik untuk kelas sebelas. Bentuk soal yang diberikan di sini tentu masih jauh dari kata sempurna. Namun saya yakin soal-soal yang diberikan di sini bisa menambah wawasan kita dalam mengasah kemampuan, pengetahuan serta pemahaman kita akan materi ajar agama Katolik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Penilaian Tengah Semester Genap Agama Katolik Kelas 11"

Posting Komentar