Bunda Selalu Menolong - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Bunda Selalu Menolong

Memuji dan memuliakan Tuhan melalui nyanyian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari liturgi Gereja Katolik. Sebuah lagu yang dinyayikan pada waktu misa, tentu harus dinyanyikan dengan penuh penghayatan. Dalam liturgi Gereja Katolik, lagu pada waktu misa bukan dimonopoli oleh anggota koor atau paduan suara yang telah ditunjuk. Semua orang harus bernyanyi karena liturgi dalam Gereja Katolik merupakan pasrtisipasi umat seluruhnya. Untuk itu setiap umat dituntut untuk bernyanyi dengan baik artinya bernyanyi dengan sepenuh hati, setulus hati.

Santo Agustinus dari Hippo mengatakan: "Qui Bene Cantat Bis Orat" (orang yang bernyanyi dengan baik, berdoa dua kali). Dari pernyataan ini kita bisa melihat bahwa umat harus dituntut untuk bernyanyi dengan baik pada waktu misa atau perayaan ekaristi. 

Pasti kita bisa membedakan antara menyanyi dengan baik dan menyanyi hanya karena suara bagus. Hemat saya walaupun suara tidak seindah Agnes Monica atau artis lainnya tetapi jika kita bernyanyi dengan sepenuh hati terutama dalam suasana doa maka kita bisa merasakan keindahan lagu yang peda akhirnya kita akan mengalami kehadiran Tuhan dalam hati kita.

Bunda Maria

Berikut ini adalah contoh salah satu lagu yang dinyanyikan dengan baik pada waktu perayaan ekaristi pentahbisan imam Redemptoris di Gereja Sang Penebus Waingapu, Sumba Timur. Lagu ini berjudul: "Bunda Selalu Menolong". Saya sendiri sebagai salah anggota koor yang memperkuat suara tenor. 

Lagu ini merupakan hasil ciptaan Pater Mans Wenge, C.Ss.R. Beliau adalah seorang pastor Redemptoris yang sedang berkarya di Sumba dan hingga tulisan ini diturunkan, beliau menjadi staf pengajar di Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Andaluri, Waingapu. 

Yang mendengar lagu ini pasti ingin menyanyikannya dalam kelompok koor atau paduan suara. Karena itu saya merasa tergerak hati untuk membagikannya. Saya membagikannya dari sumber asli yang merupakan pencipta lagu ini.

Untuk melihat dan mendownload teks lagu Bunda Selalu Menolong bisa klik file di bawah ini:

Akhirnya, selamat berlatih dan bernyanyi. Pergunakan potensi dan talenta anda untuk memuji dan memuliakan Tuhan dan jadilah berkat bagi banyak orang. Bersama doa Bunda Maria Selalu Menolong kita akan diberkati Tuhan. Amin. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bunda Selalu Menolong"