Umat Katolik Membangun Bangsa Dan Negara Indonesia (rpp 5 Agama Katolik Kelas 12 Semester 6) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Umat Katolik Membangun Bangsa Dan Negara Indonesia (rpp 5 Agama Katolik Kelas 12 Semester 6)

Memahami keterlibatan aktif umat Katolik dalam membangun bangsa dan negara Indonesia merupakan kompetensi Dasar yang kelima pelajaran Pendidikan Agama katolik dan Budi Pekerti untuk kelas dua belas semester enam. Kompetensi dasar ini merupakan kompetensi dasar yang terakhir untuk semester enam ini. Dengan demikian ada lima kompetensi dasar secara keseluruhan dari semester lima dan semester enam untuk kelas dua belas.

Kompetensi dasar yang ke lima ini memuat tiga materi pokok yakni materi tentang membangun bangsa dan negara yang dikehendaki Tuhan, Tantangan dan peluang umat katolik dalam membangun bangsa dan negara yang dikehendaki Tuhan, dan materi tentang dasar keterpanggilan gereja untuk membangun bangsa dan negara.

Membangun Bangsa

Ketiga materi pokok ini dijabarkan ke dalam tiga kali pertemuan tatap muka atau kegiatan belajar mengajar. Di sini saya ingin menegaskan lagi bahwa jumlah pertemuan kegiatan belajar mengajar untuk menyelesaikan tiga materi pokok ini sangat bergantung pada guru mata pelajaran di setiap satuan pendidikan. sebab bisa saja terjadi bahwa dari tiga materi pokok ini dapat dibuat menjadi empat atau lima kali pertemuan. Jadi semuanya tergantung konteks satuan pendidikan masing-masing tempat atau wilayah.

Saya pribadi sengaja membaginya menjadi tiga kali pertemuan tatap muka setelah saya menganalisis konteks satuan pendidikan tempat saya mengabdi. Ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, kompetensi yang dimiliki guru serta daya serap atau kemampuan siswa yang dihadapi.

Jika bapak dan ibu guru memiliki kesamaan dari segi konteks satuan pendidikan yang saya alami maka rpp yang saya bagikan ini sangatlah tepat. Namun perlu saya informasikan juga bahwa rpp yang saya bagikan ini masih rpp model lama. Saya sengaja membagikannya lagi di blog ini sebagai suatu bentuk dokumentasi. Sebab, pada suatu saat nanti bisa saja rpp model lama ini masih diperlukan dan dijadikan referensi. 

Meski demikian, saya akan tetap mengerjakan dan membagikan rpp penyederhanaan sebagaimana yang yang diharapkan saat ini. Untuk melihat rpp yang selengkapnya bisa bapak dan ibu guru lihat dan download di sini

Demikian rpp ini dibuat untuk kepantinagan bapak dan ibu guru sekalian. Semoga rpp ini berguna atau bermanfaat untuk kita seklaian pengasuh mata pelajaran pendidikan agama katolik dan budi pekerti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Umat Katolik Membangun Bangsa Dan Negara Indonesia (rpp 5 Agama Katolik Kelas 12 Semester 6)"

Posting Komentar