Silabus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas X Semester 1 - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Silabus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas X Semester 1

Pada setiap awal tahun pelajaran, para guru disibukan dengan menyusun perangkat pembelajaran. Salah satu bagian perangkat pembelajaran yang paling menguras banyak waktu, tenaga dan pikiran adalah menyusun silabus pelajaran.

Hal ini disebabkan karena dalam silabus akan memuat banyak komponen yang harus diisi. Komponen tersebut mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, ruang lingkup, materi ajar, indikator, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu dan sumber belajar.

Karena komponen ini tergolong banyak, kebanyakan sekolah mengambil kebijakan untuk menyederhanakannya dengan menghilangkan komponen lainnya seperti indikator. Silabus yang saya bagikan berikut ini tidak mencantumkan indikator di dalamnya. Namun komponen yang lainya tetap dimasukan.

Silabus

Melihat begitu banyaknya komponen yang termuat dalam silabus yang harus dikerjakan maka menyusun silabus sesungguhnya membutuhkan konsentrasi yang lebih. Sebab, semua perangkat lainnya seperti RPP, KBM, Analisis Keterkaitan standar kompetensi lulusan, semuanya bersumber dari dari silabus.

Dengan demikian tidaklah mengherankan jika banyak guru yang meminta atau memesan perangkat dari teman atau kelompok orang yang secara khusus bekerja untuk menyelesaikan perangkat pembelajaran. Walaupun sejatinya guru harus mengerjakan sendiri perangkatnya sesuai dengan karakter sekolahnya masing-masing.

Namun karena semua guru memiliki tingkat kesibukannya masing-masing, tentu tidak ada salahnya juga bila meminta atau mencarinya di internet. Untuk maksud itulah maka saya secara sukarela membagikan silabus pelajaran pendidikan agama katolik dan budi pekerti untuk kelas sepuluh (X) semester satu (1).

Untuk melihat silabus secara lengkap silakan klik tautan berikut SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK KELAS 10

Silabus yang ada sudah disusun dan dibuat sedemikian rupa seturut kurikulum yang berlaku saat ini, yakni Kurikulum 13 (K13). Besar harapan agar silabus yang dibagikan ini bermanfaat untuk para guru agama katolik di mana pun berada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas X Semester 1"

Posting Komentar