Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan (RPP 2 Agama Katolik Kelas X Semester 1) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan (RPP 2 Agama Katolik Kelas X Semester 1)


Sama seperti penjelasan pada artikel sebelumnya tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu bagian terpenting administrasi yang dibuat dan disusun guru mata pelajaran. Hemat saya RPP menjadi penting karena dia menentukan sukses tidaknya guru dalam mengajar di dalam kelas bersama dengan peserta didik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini bukan sembarang susun. semuanya harus melewati kajian yang selaras dengan kontekstualisasi satuan pendidikan di masing-masing wilayah atau tempat.

Pengalaman menunjukkan bahwa banyak guru yang menjiplak RPP yang diposting secara bebas di internet tanpa menganalisisnya sesuai dengan konteks satuan pendidikan tempatnya mengabdi. Bagi saya ini keliru. Namun, saya memahami apa yang dilakukan oleh para guru, semuanya karena tuntutan administrasi yang ketat dari sekolah dan pengawas sekolah.

Peserta Didik
Peserta Didik Kelas XII IPS 1
SMA PGRI Waingapu
(Foto: Dokpri)

Tuntutan itu sangat membebankan guru sehingga guru mencari jalan pintas yang mudah dan murah, yakni internet. Sebagai guru pendidikan Agama Katolik yang mengajar di satuan pendidikan sekolah menengah atas, saya merasa memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan dan membagikan yang terbaik untuk bapak dan ibu guru khususnya pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.

Untuk maksud itulah, saya secara sukarela membagikan RPP yang sudah saya susun dan rancang sedemikian rupa agar sesuai dengan keinginan bapak dan ibu guru sekalian. RPP yang saya bagikan berikut ini merupakan RPP hasil Musyawara Guru mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti tingkat kabupaten Sumba Timur.

Saya yakin RPP ini tidak menyalahi aturan tetapi masih tetap relevan dengan keadaan yang sekarang. RPP ini berkaitan dengan kompetensi dasar tentang Memahami jati diri laki-laki dan perempuan yang saling melengkapi dan sederajat. 

RPP selengkapnya bisa dilihat pada tautan berikut. Agar bisa mengaksesnya, bapak ibu guru harus memiliki akun gmail berupa alamat email aktif yang memang telah terverifikasi oleh google. Silakan klik tautan ini RPP 2 Pendidikan Agama Katolik Kelas X Semester 1

Semoga RPP yang ada bisa membantu bapak ibu guru dalam melengkapi administrasi di tengah kesibukan pribadi masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan (RPP 2 Agama Katolik Kelas X Semester 1)"

Posting Komentar