Manusia Pribadi yang Unik (Silabus PAK X Semester 1) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Manusia Pribadi yang Unik (Silabus PAK X Semester 1)


Pada sesi ini sebagai guru agama Katolik yang aktif mengajar, saya akan membagikan bentuk Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi pekerti kelas X (sepuluh) semester satu. Silabus ini sudah disesuaikan dengan Kurikulum 13 yang sedang berlaku saat ini.

Ada pun penjabaran materi yang di dalamnya sudah selaras dengan buku yang berlaku atau yang dipakai guru Pendidikan Agama Katolik di seluruh Indonesia. Dengan demikian, tidak akan bertentangan dengan ajaran kekristenan dalam hal ini  ajaran Gereja Katolik.

Saya sengaja menyusun silabus ini berdasarkan materi untuk setiap kali pertemuan dalam kegiatan pembelajaran. Silabus kali ini berkaitan dengan materi tentang "Manusia Pribadi yang Unik".


Tangan Persatuan

Hal ini bertujuan untuk memudahkan para guru atau pendidik untuk membuat laporan kegiatan pembelajarannya. Adapun silabus yang
 selengkapnya bisa dilihat pada bagan berikut ini: 

SATUAN PENDIDIKAN : ......................................
KELAS/SEMESTER       : ......................................
TAHUN PELAJARAN    : ......................................
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 Mengembangkan   perilaku  (  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli,   santun,  ramah  lingkungan,Gotong  royong,  kerjasama, cinta  damai,  responsif  dan  pro-aktif)  dan menunjukan  sikap  sebagai bagian dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  bangsa  dalam  berinteraksi secara  efektif  dengan lingkungan   sosial  dan  alam    serta  dalam  menempatkan  diri  sebagai  cerminan  bangsa   dalam pergaulan dunia

KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural  dalam  ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 Mengolah,  menalar,  dan   menyaji    dalam   ranah   konkret   dan   ranah   abstrak   terkait   dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Ruang Lingkup
Nilai Karakter
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Bersyukur kepada Allah atas  keberadaan dirinya  dengan segala kemampuan dan  keterbatasannya.

2.1.Bertanggungjawab dalam menerima  diri  dengan segala kemampuan dan keterbatasannya.

3.1. Memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan

4.1. Melakukan aktivitas  (misalnya menuliskan refleksi/ menuliskan doa/menuliskan puisi)  yang berkaitan dengan  kemampuan dan  keterbatasannya.

Manusia, Pribadi yang Unik
Pribadi
1. Religius
2. Nasionalis
3. Integritas
4. Mandiri
5. Gotong
    Royong
* Menuliskan ciri-ciri yang ada pada dirinya baik   menyangkut ciri-ciri fisik, sifat/ kebiasan baik dan buruk
· Meminta bantuan teman untuk menyebutkan/ menuliskan ciri-ciri yang ada pada dirinya agar makin lengkap
·  Mengamati ciri-ciri yang ada pada dirinya, kemudian membandingkanya dengan ciri-ciri yang dimiliki temannya
* Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan ciri-ciriyang dimiliki tiap pribadi, misalnya:
-  Mengapa setiap orang berbeda secara fisik maupun psikologis
- Mengapa Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda
· Mengumpulkan informasi berkaitan dengan sikap yang sering muncul menghadapi keunikan diri, misalnya dengan menyimak dan menyimpulkan dari artikel “Gadis Muda Bunuh Diri Karena Hasil Operasi Plastik Jelek “.
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber hal-hal yang berkaitan dengan keunikan diri.
·   Merumuskan pesan dari kutipan Kitab Suci (Kej 1:26-31) tentang keluhuran manusia sebagai pribadi yang unik.
· Membandingkan pemahaman dirinya tentang keunikan selama ini dengan pemahaman yang terdapat dalam pesan Kitab Suci.
·    Memperdalam pemahaman tentang keunikan diri dengan menyimak  puisi dari Douglas Mallock yang berjudul “Be The Best, Jadilah Diri Sendiri yang Terbaik”
·  Merumuskan kesimpulan dalam bentuk refleksi tertulis yang memuat gagasan-gagasan penting yang ditemukan dalam pembelajaran, dan niat yang akan dilakukan dalam mengembangkan keunikan diri.
·      Merumuskan kesimpulan dalam bentuk gambar/ symbol diri
·     Mensharingkan hasil refleksi dalam kelompok.
·     Memajang gambar/ simbol diri di tempat yang disediakan.
1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)
2. Penilaian    Pengetahuan
    (Tes tertulis, Tes lisan dan    penugasan)
3. Penilaian    Keterampilan
    (Unjuk Kerja/
    Produk/proyek/
    portofolio )  



8 x45 Menit
(6 x 45 menit JP + 2 x 45 menit UH)
1. Kej 1:26-31; Mzm 139
2. Kementerian Pendidikan dan
    Kebudayaan. 2017. Pendidikan
   Agama Katolik dan Budi Pekerti
   Buku Guru Kelas X. Jakarta:
   
3. Kementerian Pendidikan dan
    Kebudayaan. 2017. Pendidikan
    Agama Katolik dan Budi Pekerti
    Buku Siswa Kelas X. Jakarta:
 
4. Pengalaman Iman Guru dan
    Siswa





Mengetahui,                                                                                                                                                                       ...................................
Kepala Sekolah,                                                          Pengawas Pendidikan Agama Katolik                                          Guru Mata Pelajaran,
                                                                                                                                                                               
                     
...................................                                                  ..........................................                                                            ...................................
NIP                                                                                NIP                                                                                                NIP

Demikianlah bentuk silabus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk kelas X (sepuluh) semester satu sesuai materi ajar tentang "Manusia Pribadi yang Unik". Semoga bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.

Tentu silabus yang ada tidak luput dari kekurangan dan butuh penyempurnaan. Karena itu segala kritik dan saran masih sangat diharapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manusia Pribadi yang Unik (Silabus PAK X Semester 1)"

Posting Komentar