Pandangan Agama Katolik Terhadap Agama Hindu - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Pandangan Agama Katolik Terhadap Agama Hindu

Di Indonesia ada enam agama resmi yang diakui negara. Keenam agama tersebut antara lain Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Selain itu ada juga agama Asli dan aliran kepercayaan.

Fakta menunjukkan bahwa kadang terjadi gesekan antara pemeluk agama yang sudah diakui di atas. Ini terjadi karena perbedaan cara pandang terhadap agama lain. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana pandangan agama Katolik terhadap agama Hindu. Pandangan agama Katolik terhadap agama lain juga akan dibahas pada bagian lain di blog ini.

Pandangan agama Katolik terhadap agama Hindu tertulis jelas dalam dokumen Konsili Vatikan II, yakni dekrit tentang Nostra Aetate art 2 sebagai berikut:

Sudah sejak dahulu kala hingga sekarang ini di antara berbagai bangsa terdapat suatu kesadaran tentang daya kekuatan yang gaib, yang hadir pada perjalanan sejarah dan peristiwa-peristiwa hidup manusia; bahkan kadang-kadang ada pengakuan terhadap Kuasa ilahi yang tertinggi atau pun Bapa. Kesadaran dan pengakuan tadi meresapi kehidupan bangsa-bangsa itu dengan semangat religius yang mendalam. Adapun agama-agama, yang terikat pada perkembangan kebudayaan, berusaha menanggapi masalah-masalah tadi dengan faham-faham yang lebih rumit dan bahasa yang lebih terkembangkan. Demikianlah dalam Hinduisme manusia menyelidiki misteri ilahi dan mengungkapkannya dengan kesuburan mitos-mitos yang melimpah serta dengan usaha-usaha filsafat yang mendalam. Hinduisme mencari pembebasan dari kesesakan keadaan kita entah melalui bentuk-bentuk hidup berulah-tapa atau melalui permenungan yang mendalam, atau dengan mengungsi kepada Allah penuh kasih dan kepercayaan. Gereja Katolik tidak menolak apa pun, yang dalam agama-agama itu serba benar dan suci. Dengan sikap hormat yang tulus, Gereja merenungkan cara-cara bertindak dan hidup, kaidah-kaidah serta ajaran-ajaran, yang memang dalam banyak hal berbeda dari apa yang diyakini dan diajarkannya sendiri, tetapi tidak jarang toh memantulkan sinar Kebenaran, yang menerangi semua orang. Namun, Gereja tiada hentinya mewartakan dan wajib mewartakan Kristus, yakni “jalan, kebenaran, dan hidup” (lih. Yoh 14: 6); dalam Dia manusia menemukan kepenuhan hidup keagamaan, “dalam Dia pula Allah mendamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya.  Maka Gereja mendorong para putranya, supaya dengan bijaksana dan penuh kasih, melalui dialog dan kerja sama dengan para penganut agama-agama lain, sambil memberi kesaksian tentang iman serta perihidup Kristiani, mengakui, memelihara, dan mengembangkan harta kekayaan rohani dan moral serta nilai-nilai sosio-budaya yang terdapat pada mereka

Berdasarkan dokumen di atas terlihat jelas bagaimana pandangan agama Katolik terhadap agama Hindu. Hal-hal penting yang perlu ditegaskan berkaitan dengan dekrit Nostra Aetate di atas antara lain:

  • Dalam Hinduisme manusia menyelidiki misteri ilahi dan mengungkapknnya dengan mitos-mitos yang melimpah serta dengan usaha-usaha filsafat yang mendalam. Hinduisme mencari pembebasan dari kesesakan keadaan manusia, entahb melalui bentuk-bentuk hidup berulah-tapa atau melalui permenaungan mendalam atau dengan mengungsi kepada Allah penuh kasih dan kepercayaan.
  • Sikap Gereja Katolik adalah tidak menolak apa pun yang dalam agama itu benar dan suci. dengan sikap hormat yang tulus, Gereja merenungkan cara-cara bertindak dan hidup, kaidah-kaidah, serta ajaran-ajaran yang memang dalam banyak hal berbeda dari apa yang diyakini dan dajarkannya sendiri tetapi tidak jarang memantulkan sinar kebenaran yang menerangi semua orang.
  • Sikap kita sebagai orang Katolik terhadap sesama warga yang beragama Hindu adalah saling menghargai, saling menghormati,saling bekerja sama membangun bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita kemerdekaan Indonesia ayakni masyarakat adil dan sejahtera berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Demikian pembahasan singkat tentang pandangan agama Katolik terhadap agama Hindu. Kiranya pembahasan singkat ini menambah wawasan tentang agama Hindu sekaligus meneguhkan iman Katolik yang sudah tertanam dalam hati segenap umat Katolik.

Pembahasan yang terdapat dalam artikel singkat ini bersumber dari buku pegangan guru pendidikan agama Katolik dan budi pekerti, serta buku-buku rohani Katolik lainnya yang relevan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pandangan Agama Katolik Terhadap Agama Hindu"

Posting Komentar